Menjadi bagian dari kru Topi Jerami adalah salah satu hal yang mungkin sangat diinginkan oleh banyak orang dalam cerita One Piece. Bukan tanpa alasan memang, hal ini dikarenakan Luffy dan kelompok Topi Jerami dikenal sebagai “pembuat onar” di berbagai wilayah. Mereka menerobos penjara Impel Down, mengobrak-abrik Ennies Lobby, ikut terlibat dalam perang Marineford, dan sebagainya.

Maka, mungkin bisa dibilang menjadi sebuah keberuntungan bagi Luffy untuk bisa bertemu para Nakamanya. Dan hal ini juga yang dirasakan oleh Nico Robin. Robin beruntung bisa bertemu dengan Luffy karena sejak bertemu Luffy, dia kembali memiliki semangat hidup dan semangat juang. Dan hanya Luffy yang menganggapnya sebagai sosok yang berharga.

Berbicara mengenai Nico Robin, sebenarnya ada hal menarik dari sosoknya. Bukan mengenai kekuatan atau karakternya, melainkan nilai buruan yang dia miliki. Nilai buruan Robin sendiri saat ini hanya 130 juta Belly. Sebuah angka yang cukup kecil sebenarnya jika melihat siapa sebenarnya sosok Robin. Setidaknya, Robin harus memiliki nilai buruan sebesar 1 milliar Belly.

Mengapa nilai Robin bisa mencapai 1 milliar Belly? Pertama, Robin memiliki kekuatan buah iblis yang luar biasa hebat. Kedua, dia adalah kru dari “Yonko kelima” yang mana para krunya pasti memiliki nilai setidaknya di atas 500 juta Belly. Ketiga, Nico Robin pernah terlibat atau memiliki koneksi dengan Pasukan Revolusi selama dua tahun, saat time-skip terjadi.

Keempat, dia adalah orang yang melarikan diri dari Ennies Lobby. Terakhir, dia adalah sosok yang bisa membaca Poneglyph, yang artinya dia bisa mengetahui segala informasi tentang abad yang hilang yang mana hal tersebut adalah sesuatu yang selama 800 tahun selalu ditutupi Pemerintah Dunia. Selain itu, Robin juga bisa menemukan dimana lokasi pulau terakhir, yang mana hal ini tidak diinginkan oleh pihak angkatan laut.

Untuk saat ini, sepertinya membuat nilai buruan Nico Robin lebih rendah dari yang lain adalah sebuah langkah yang memang sengaja dilakukan oleh Pemerintah Dunia. Perlu diingat bahwa public tidak mengetahui apapun tentang sosok Nico Robin. Alasan utama mengapa dia mendapatkan nilai buruan sebesar 79 juta Belly, di usianya yang masih sangat kecil, adalah dikarenakan dia menjadi satu-satunya orang yang selamat dari peristiwa Ohara.

Namun, tentunya pihak Pemerintah Dunia menggunakan alasan bahwa Robin sudah menghancurkan 7 kapal perang untuk menutupi maksud sebenarnya. Meskipun tujuannya adalah membuat orang-orang menyadari bahwa Robin sangat berbahaya, namun hal ini tentu membuat orang-orang mengerutkan dahi. Dan setelah nilai buruan pertamanya dirilis, Robin kemudian menghilang.

Setelah 20 tahun kemudian dia kembali muncul di Alabasta, setelah Smoker mengkonfirmasi keberadaanya. Aokiji kemudian memverifikasi hal tersebut dan akhirnya peristiwa Enies Lobby pun terjadi. Sekarang, pihak Pemerintah Dunia mengetahui dimana keberadaanya. Kemanapun kru Topi Jerami berada, maka disanalah Robin ada. Meningkatkan nilai buruan dari Robin, akan membuatnya menjadi target bagi banyak orang.

Pemerintah Dunia tidak ingin mengubah fakta bahwa orang-orang tidak mengetahui bahwa Robin adalah sosok yang luar biasa dimana dia mampu membangkitkan senjata kuno atau mampu membaca Poneglyph. Jadi, membuat nilai buruannya lebih kecil dibandingkan kru lainnya membantu Pemerintah Dunia menyembunyikan fakta sebenarnya tentang siapa Nico Robin.

Mengapa harus mengejar Robin ketika Usopp, Sanji, Zoro, Jinbe, dan Luffy memiliki nilai buruan yang lebih besar dari Robin? Dengan cara ini, Pemerintah Dunia juga ikut menjaga kerahasiaan yang selama ini mereka jaga. Karena, jika kemudian Robin tertangkap maka semua rahasia tentang Ohara akan ikut terungkap.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.