Tema bajak laut menjadi tema besar dari seri karya Eiichiro Oda, One Piece. Dalam ceritanya, hampir sebagian besar karakter bercita-cita menjadi seorang bajak laut hebat, menjadi rajak bajak laut dengan cara menemukan pulau terakhir dan menemukan One Piece yang misterius. Tidak jarang mereka harus saling bertempur satu sama lainnya demi menjadi yang terbaik.

Meskipun bajak laut menjadi tema utama dalam serinya, namun tentunya kita tahu bahwa ada tema atau hal lainnya yang juga dibahas di serinya. Diantaranya adalah tentang persahabatan dan juga mewarisi tekad. Mewarisi tekad sudah sering digaungkan baik di dalam ceritanya, maupun di kalangan para fans. Contoh nyata dari hal ini adalah Luffy diyakini merupakan perwakilan dari tekad Roger.

Selain Roger, Luffy juga diyakini sebagai sosok penerus dari Roger dan juga akan menjadi orang yang menepati janji Joy Boy. Berbicara mewakili tekad, seperti disebutkan sebelumnya, sering kali dikaitkan dengan adanya hubungan antara masa lalu dan masa depan. Contoh konkret dari hal ini adalah diyakini bahwa Luffy merupakan pewaris tekad dari Roger, dan sama halnya seperti kru yang lain.

Mengenal Scopper Gaban, Salah Satu Anak Buah Terkuat Gol D. Roger!Selain teori Luffy adalah penerus Roger, ada juga teori lainnya yaitu tentang Zoro dan Sanji yang memiliki hubungan dengan kru Roger lainnya. Untuk Roronoa Zoro sendiri dia sering kali dikaitkan dengan orang nomor dua Roger, Silvers Rayleigh. Rayleigh dan Zoro memang memiliki banyak kemiripan, salah satunya adalah bagaimana keduanya adalah ahli menggunakan pedang.

Rayleigh juga sering menjadi orang yang mencegah berbagai hal bodoh yang dilakukan sang kapten. Meskipun Rayleigh sudah tua, kekuatannya masih belum menurun dan masih tetap menjadi karakter yang ditakuti banyak orang. Zoro sendiri memang belum sampai pada tahap yang sama seperti Rayleigh, namun perlahan Zoro mulai bisa “mengejar” apa yang dimiliki oleh Rayleigh, misalnya dalam hal kekuatan.

Berkaca pada hal ini, para fans pun kemudian banyak yang berteori bahwa Sanji juga memiliki koneksi dengan salah satu kru Roger lainnya. Lalu, siapa kru tersebut? Tidak lain adalah Scopper Gaban. Ada beberapa hal yang membuat Sanji memiliki kemiripan dengan sosok gaban. Pertama adalah dia adalah bagian dari trio monster kru Topi Jerami. Scopper Gaban juga merupakan salah satu dari tiga kru terkuat, selain Roger dan Rayleigh.

Lima Fakta Scopper Gaban di One Piece, Salah Satu Kru Roger yang Legendaris! | Dunia GamesScopper Gaban adalah nomor tiga terkuat, sama halnya dengan sosok Sanji. Namun, yang masih menjadi misteri sampai saat ini adalah seberapa kuat sebenarnya sosok Scopper Gaban. Karena, sampai saat ini kita masih belum melihat dia bertarung melawan musuh. Namun, jika melihat bagaimana sosok Rayleigh yang sudah tua mampu menahan serangan Kizaru – bahkan melukainya – maka artinya kekuatan Scopper Gaban setara atau di atas level admiral. Hal inilah yang kemudian membuat para fans berpikir bahwa Sanji, di akhir cerita nanti, akan bertarung melawan admiral Greenbull.

Selain dari segi kekuatan, jika dilihat dari peran Scopper Gaban di kru Roger sangat mirip dengan apa yang dilakukan oleh Sanji. Scopper diketahui memiliki kewenangan tertinggi diantara para kru mengingat bagaimana dia pernah memberikan perintah kepada Buggy, sama halnya seperti Rayleigh. Sanji juga sama, dimana dia sering memberikan perintah kepada kru lain tapi dalam hal konteks strategi dan kerja sama, bukan antara atasan dan bawahan di kru Luffy.

Hal ini kemudian diperkuat dengan apa yang tertulis di Vivre Card Databooks dimana ditulis bahwa Sanji adalah seorang penasihat/pengatur strategi militer atau serangan. Melihat hal tersebut, maka besar kemungkinan bahwa dulu Scopper Gaban adalah penasihat strategi bagi Roger. Scopper Gaban sendiri adalah karakter yang sangat dinantikan untuk muncul saat ini, jadi kita nantikan saja kemunculan Gabam di cerita One Piece ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.