Pertarungan melawan Isshiki Otsutsuki adalah salah satu pertarungan yang paling berat yang pernah dihadapi oleh Naruto dan Sasuke. Bahkan, ini adalah pertarungan besar pertama untuk Boruto. Meskipun Sasuke dan Naruto adalah dua shinobi terhebat, nyatanya mereka tidak mampu untuk melayangkan satu pukulan pun terhadap Isshiki. Keduanya dibuat tidak berdaya oleh Isshiki Otsutsuki.

Saking kuatnya Isshiki, mereka bertiga hampir putus asa untuk sekedar bisa menyerangnya. Hal tersebut kemudian membuat Naruto akhirnya mau tidak mau mengaktifkan mode terakhir yang dia miliki. Mode terakhir ini membuat Naruto dialiri chakra Kurama dalam jumlah yang luar biasa besar, lebih banyak dari mode Kyuubi yang sebelumnya digunakan Naruto.

Sayangnya resiko dari menggunakan teknik ini adalah nyawa Naruto yang menjadi taruhannya. Inilah yang kemudian memunculkan spekulasi bahwa Naruto kemungkinan akan mati. Berdasarkan hal tersebut terdapat sebuah pertanyaan yang kemudian muncul, apakah tidak akan ada orang/shinobi lainnya yang akan datang membantu mereka bertiga?

Kakashi Mangekyou Sharingan | Daily Anime ArtHatake Kakashi dianggap bisa membantu Naruto dan Sasuke untuk bisa menghadapi Isshiki Otsutsuki. Kakashi dianggap memiliki pengalaman bertarung yang sangat banyak, salah satunya adalah melawan Kaguya Otsutsuki. Dalam perang besar ninja keempat, Kakashi besama Team 7 pernah bertarung bersama menghadapi Kaguya Otsutsuki, yang merupakan partner dari Isshiki dulu.

Meskipun memang pada akhirnya Team 7 yang berhasil mengalahkan Kaguya, namun setidaknya Kakashi pun memberikan kontribusinya dalam pertarungan tersebut. Hal inilah yang kemudian menjadi pertimbangan bahwa Kakashi juga mungkin bisa kembali memberikan kontribusinya dalam pertarungan melawan Isshiki saat ini. Tapi, apakah Kakashi memang benar-benar bisa membantu Naruto dan Sasuke dalam pertarungan ini?

Amado sendiri mengatakan sebelumnya bahwa hanya Naruto dan Sasuke yang mampu mengalahkannya. Hal tersebut seolah menjadi petunjuk bahwa kemampuan Isshiki memang benar-benar diatas kemampuan para shinobi Konoha lainnya, dan hanya Naruto dan Sasuke, yang memiliki chakra dan kemampuan di atas yang lainnya, yang mampu menandingi kekuatan Isshiki – meskipun pada kenyataanya justru sebaliknya.

Kakashi adalah seorang shinobi yang hebat dan penuh pengalaman, namun harus diakui bahwa kekuatan Kakashi tidak lebih kuat dari dua mantan muridnya tersebut. Jadi, rasanya tidak mungkin Kakashi akan muncul dan membantu Naruto mengalahkan Isshiki. Lagipula ada alasan lainnya yang membuat Kakashi tidak mungkin membantu Naruto, yaitu Kakashi tidak tahu dimana keberadaan mereka sekarang.

Seperti yang kita ketahui, Boruto sempat membuka portal menuju dimensi lainnya berkat adanya “gesekan” Karma antara milik Momoshiki dalam diri Boruto dan milik Isshiki. Mengingat Kakashi tidak bisa menggunakan teknik ruang dan waktu dan menembus dimensi, artinya Kakashi tidak akan bisa pergi ke tempat dimana pertarungan Naruto melawan Isshiki berada.

Alasan ketiga adalah Kakashi sekarang sudah tidak berada dalam kondisi sempurnanya. Kakashi memang memiliki kemampuan ninjutsu yang hebat dan dahsyat. Tapi, yang menjadi kekuatan Kakashi sebenarnya adalah kemampuan Sharingan yang dia dapatkan dari Obito dulu. Namun, dengan Sharingan milik Kakashi yang sekarang sudah tidak ada lagi ada di dirinya membuat Kakashi tidak berbeda jauh dengan shinobi Konoha biasa lainnya. Jadi, akan sangat sulit Kakashi untuk bisa mengimbangi kekuatan Isshiki tanpa kemampuan tersebut. Dan kesimpulannya adalah Kakashi tidak akan bisa membantu Naruto dalam pertarungan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.