Di seri manga Naruto dan Boruto, banyak sekali karakter-karakter kuat. Mereka yang kuat tentunya sangat sulit dikalahkan. Tetapi karakter yang kuat belum tentu dapat hidup selamanya, dan mereka akan mengalami apa yang disebut kematian. Nah dalam manga Naruto dan Boruto, sebenarnya ada beberapa karakter yang dapat hidup abadi. Beberapa diantara mereka bahkan tidak terlalu kuat dan cenderung lemah. Nah berikut ini, kita akan membahas tentang para karakter yang dapat hidup abadi. Siapa saja?

Hidan

Karakter pertama yang dapat hidup abadi adalah Hidan. Seperti yang kita ketahui, walau badannya terpotong-potong sekalipun, Hidan tidak akan bisa mati. Untuk menjadi sosok yang abadi, Hidan membutuhkan nutrisi. Namun nutrisi tersebut dapat digantikan dengan melakukan sebuah ritual. Berarti jika Hidan tidak melakukan ritual, ia membutuhkan nutrisi, dan jika Hidan tidak melakukan ritual dan tidak mendapatkan nutrisi, maka Hidan dapat mati. Di cerita Naruto Shippuden, Hidan sebenarnya sudah dikalahkan oleh Shikamaru. Tetapi Hidan tidaklah mati, karena ia hanya dikubur hidup-hidup. Bisa jadi walau tanpa nutrisi atau ritual, Hidan masih hidup sampai sekarang.

Isshiki & Momoshiki

Klan Otsutsuki memang terkenal dengan segel Karma yang mereka miliki. Dengan segel Karma, mereka dapat bereinkarnasi melalui tubuh korbannya. Isshiki menjadi contoh bagaimana ia menjadi sosok abadi berkat segel Karma. Sebelumnya, Isshiki hampir mati saat melawan Kaguya. Tetapi karena Isshiki menggunakan segel Karma pada Jigen, maka Isshiki kembali hidup dengan sempurna. Tetapi yang harus dicatat bahwa tidak semua anggota klan Otsutsuki dapat menggunakan segel Karma. Selain Isshiki, karakter lain yang diketahui mampu menggunakan segel Karma adalah Momoshiki. Momoshiki sendiri sebelumnya berhasil dibunuh oleh Naruto dan Boruto, tetapi sebelum kematiannya, Momoshiki berhasil menanamkan segel Karma di tubuh Boruto. Maka suatu saat nanti, Momoshiki akan kembali dilahirkan dari tubuh Boruto.

Orochimaru

Orochimaru adalah karakter berikutnya yang dapat hidup abadi. Orochimaru mampu hidup abadi karena ia memiliki segel kutukan. Segel kutukan tersebut membuatnya dapat hidup selama ia mendapatkan wadah baru. Dahulu ketika jahat, Orochimaru akan memberikan segel kutukan pada korbannya yang telah ia incar. Setelah sang korban terkena segel kutukan, maka Orochimaru dapat hidup lagi dan keluar dari segel kutukan tersebut. Orochimaru tidak dapat mati, kecuali semua pengguna segel kutukan mati sehingga ia tidak memiliki cadangan dari tubuh lainnya.

Kakuzu

Anggota Akatsuki lainnya yang dapat hidup abadi adalah Kakuzu. Karena hidup abadi, Kakuzu menjadi anggota tertua di Akatsuki. Ia bahkan telah hidup sejak zaman Hashirama dan Madara. Kakuzu sendiri memiliki 5 jantung. Jika salah satu jantungnya mati, maka Kakuzu dapat mengambil jantung orang lain yang masih hidup. Awalnya, Kakuzu tidak hidup abadi, tetapi setelah membuat kesepakatan dengan iblis, iblis itulah yang memberikan Kakuzu 5 jantung. Kakuzu sangat kuat bahkan Kakashi dan Matatabi tidak bisa melukainya dalam pertarungan biasa.

ZetsuĀ 

Selain menjadi sosok yang super cerdas, Zetsu hitam juga merupakan sosok yang abadi. Zetsu hidup jauh lebih lama sebelum Kakuzu dan Orochimaru. Zetsu bahkan telah hidup sejak Kaguya disegel oleh anak-anaknnya. Zetsu menjadi salah satu “anak” dari Kaguya, dan Zetsu sudah merencanakan menghidupkan kembali Kaguya selama ribuan tahun. Zetsu pun dapat hidup tanpa makan dan minum, karena ia dapat menghasilkan makanan dengan sendirinya. Hal ini dikarenakan Zetsu diciptakan dari Mazou, sehingga tubuhnya seperti pohon yang dapat menyimpan dan membuat makanan dengan sendirinya. Zetsu sebenarnya adalah karakter yang tidak dapat bertarung dengan baik, tetapi karena cerdas, Zetsu dapat menjadi penyusun rencana yang baik.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/