Dalam cerita di franchise Naruto, terdapat tiga jurus mata (Doujutsu) terhebat. Mereka adalah Byakugan, Sharingan, dan Rinnegan. Masing-masing Doujutsu memiliki kemampuan yang berbeda dan kekuatan yang berbeda. Dan jika berhasil dikembangan dan digunakan secara baik, maka ada banyak kemungkinan yang tidak terbatas. Tidak mudah bagi seorang shinobi memiliki Doujutsu.

Sama halnya seperti Kekkei Genkai, Doujutsu sendiri biasanya dimiliki oleh klan tertentu. Meskipun begitu, bukan berarti shinobi biasa tidak bisa memilikinya. Biasanya untuk shinobi biasa yang ingin memiliki sebuah Doujutsu salah satu caranya adalah melakukan transplantasi mata. Lalu, diantara ketiga Doujutsu terhebat tersebut mana yang paling hebat? Berikut adalah penjelasannya.

Byakugan

Byakugan biasanya hanya dimiliki oleh klan Hyuga saja, karena Byakugan adalah sebuah kekkei Genkai, yang berbeda dengan Sharingan dan Rinnegan, yang sudah bisa digunakan oleh si penggunanya sejak dia lahir. Sebagai keturunan langsung dari klan Otsutsuki, klan Hyuga Doujutsu ini sudah menjadi kemampuan dan hal yang unik dari klan mereka.

Pengguna dari Byakugan mampu memiliki penglihatan hampir 360 derajat. Satu-satuya area yang tidak bisa terlihat oleh Byakugan adalah pada bagian belakang leher. Byakugan juga mampu melihat ke dalam hampir semua objek dan juga mampu melihat semuanya dari jarak yang sangat jauh. Selain itu, Byakugan juga mampu memeriksa seluruh bagian dari tubuh manusia, serta memfokuskan diri pada sebuah benda kecil di sebuah tempat yang luas.

Byakugan juga mampu melihat aliran chakra sari saluran chakra dalam tubuh, yang mana hal inilah yang kemudian membuat klan Hyuga terkenal akan serangan Gentle Fist Style – kemampuan untuk menyerang titik-titik aliran chakra di tubuh seseorang. Byakugan juga mampu melihat sebuah genjutsu, namun berbeda dengan Sharingan, Byakugan tidak memiliki kemampuan untuk menahan serangannya.

Sebenarnya, meskipun sudah dimiliki sejak lahir, pengguna Byakugan juga masih perlu melatih matanya tersebut atau membiarkan instingnya yang menuntunnya, seperti Himawari. Sebuah teknik tingkat tinggi, Jukenkotai, hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah ahli dalam menggunakan Byakugan, dan hanya sebagian kecil saja yang bisa melakukannya.

Sharingan

Doujutsu ini menjadi Kekkei Genkai bagi klan Uchiha. Kemampuan Sharingan sendiri awalnya bermula dari Rinne Sharingan milik Kaguya Otsutsuki. Tapi, bentuk Sharingan yang berbeda pertama kali ditunjukan oleh Indra Otsutsuki. Berbeda dengan Byakugan – yang hampir semua keturunannya memiliki mata ini – Sharingan hanya dimiliki oleh sebagian dari anggota klan saja.

Untuk membangkitkan Sharingan, seorang Uchiha harus mengalami trauma atas kejadian tragis yang terkait dengan orang yang dia sayangi. Otak mereka kemudian akan melepaskan sebuah bentuk chakra special yang mempengaruhi bagian penglihatannya, dan kemudian mengubah mata tersebut menjadi Sharingan.

Ada tiga kemampuan utama yang dimiliki oleh Sharingan, yaitu meningkatkan kemampuan penglihatan gerak (kinetic vision), kemampuan untuk menganalisa dan menirukan berbagai gerakan atau justu juga genjutsu. Ketika seorang pengguna Sharingan mengalami sebuah kejadian yang lebih emosional dan traumatis, Sharingannya akan kemudian berkembang menjadi Mangekyou Sharingan.

Mangekyou Sharingan sendiri adalah sebuah bentuk sempurna dari Sharingan, meskipun kemampuan dari Mangekyou Sharingan sendiri sangat berbeda-beda setiap orangnya. Beberapa diantaranya adalah membangkitkan api hitam Amaterasu, membangkitkan Susanoo, atau memiliki kemampuan multi-dimensi seperti Kamui dan genjutsu hebat seperti Kotoamatsukami.

Rinnegan

Doujutsu Sharingan, selain bisa berkembang menjadi Mangekyo Sharingan, bisa juga berkembang menjadi Rinnegan. Untuk melakukan hal tersebut penggunanya harus mendapatkan chakra Hagoromo Otsutsuki. Rinnegan sendiri memiliki semua serangan dasar dari Sharingan, juga seluruh lima transformasi elemen alam serta kemampuan untuk membuka portal menuju dimensi lain.

Dalam beberapa kasus pengguna Rinnegan, seperti milik Momoshiki, Rinnegan bahkan bisa menyerap ninjutsu apapun dan kemudian dikembalikan secara lebih kuat. Atau contoh lainnya adalah Urashiki, dimana Rinnegan miliknya bisa membuatnya kembali ke beberapa detik yang lalu. Pengguna Rinnegan juga akan bisa menggunakan berbagai teknik Six Paths; kemampuan memanipulasi kekuatan, menyatukan tubuhnya dengan benda atau hal lain, membaca pikiran orang lain sambil mencuri jiwanya, atau bahkan membangkitkan raja neraka.

Dengan kemampuan yang dimiliki dan kehebatan dari kekuatannya, tidak diragukan lagi bahwa Rinnegan adalah Doujutsu yang lebih unggul dibandingkan Byakugan dan Sharingan. Dan hal ini memang sesuai dengan usaha seorang shinobi untuk mendapatkannya. Apakah kalian setuju Geeks? Menurut kalian, mana Doujutsu yang terhebat?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.