Sempat tidak diketahui kabarnya, akhirnya Jinbe bergabung bersama Luffy dan yang lainnya sesaat sebelum aliansi Luffy tiba di Onigashima. Terakhir kali Jinbe diperlihatkan ketika dia mengorbankan dirinya untuk menahan serangan dari Big Mom. Pada saat itu, Luffy mencoba untuk kabur dari Totto Land namun Big Mom mengejar mereka.

Melihat hal tersebut Jinbe akhirnya memutuskan untuk kembali dan menahan selama mungkin serangan Big Mom agar Luffy bisa segera kabur, dan Jinbe pun berjanji akan menemui Luffy di Wano. Sempat dinyatakan sudah tewas, Luffy sendiri meyakini kalau Jinbe masih hidup dan ternyata Jinbe memenuhi janjinya untuk kembali dan bertemu dengan Luffy di Wano.

Yang menjadi pertanyaan besar dari hal ini adalah apa yang sebenarnya terjadi dengan Jinbe dan yang lainnya di Totto Land pada saat itu? Apakah Big Mom sengaja tidak membunuh Jinbe? Apakah mereka membuat kesepakatan? Atau ada skenario lain? Kita bisa melihat Jinbe dalam keadaan utuh. Tidak ada bekas luka atau apapun. Inilah yang kemudian menjadi pertanyaan besar para fans.
Ada beberapa kemungkinan yang bisa menjelaskan hal ini. Pertama, Jinbe tidak akan kabur dari serangan Big Mom ketika Luffy dan yang lain juga kabur. Jika, memang Jinbe lebih memilih untuk kabur dan menghindari serangan Big Mom, rasanya dia tidak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk datang ke Wano. Jika memang itu skenarionya, maka Jinbe yang kemungkinan akan ke Wano dan bukan Big Mom.
Kemungkinan terbesar yang terjadi pada saat itu adalah Jinbe dan pasukan Germa 66 (yang juga ikut membantu Luffy dan Sanji kabur) bertarung habis-habisan melawan Big Mom, tapi mereka kalah. Mereka kemudian dimasukan dikurung di penjara. Big Mom kemudian membawa beberapa anggota yang penting saja untuk pergi ke Wano.
Satu-satunya orang yang mampu memimpin pasukan Big Mom, atau bisa diberi kepercayaan untuk memimpin, adalah Charlotte Katakuri. Dan seperti yang kita tahu, Katakuri sekarang lebih condong untuk berada di pihak Luffy. Berdasarkan hal tersebut, dugaan yang paling memungkinkan adalah Katakuri sengaja membebaskan Jinbe dan Germa 66.
Itulah mengapa Jinbe muncul terlambat di Wano, dan dia muncul saat serangan menuju Onigashima dimulai. Kalau memang ini benar, artinya ada kemungkinan Luffy akan mendapatkan tambahan tenaga lainnya untuk menghadapi Kaido contohnya dari Germa 66 atau bahkan mungkin dari Katakuri dan sebagian pasukan lainnya. Oda Sensei rasanya perlu menjelaskan secara detail apa yang terjadi pada saat itu. Jadi, kita tunggu saja ya Geeks “klarifikasi” dari Oda Sensei terkait hal ini.
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.