Sudah bukan rahasia lagi jika Saitama dari serio One-Punch Man adalah karakter pahlawan terkuat di seluruh seri anime dan manga. Dia adalah satu-satunya karakter yang bisa menghancurkan musuhnya hanya dengan satu pukulan. Tidak peduli seberapa kuat lawannya, semuanya bisa dikalahkan dengan hanya satu pukulan saja. Itulah mengapa Saitama menjadi karakter terkuat.

Masih belum diketahui sebenarnya apa yang membuat Saitama begitu kuat. Banyak teori-teori bermunculan yang mencoba menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi kepada Saitama. Namun, meskipun belum ada jawaban pasti dari hal tersebut ada beberapa hal keanehan dalam diri Saitama yang sudah jelas terlihat/diketahu. Apa saja?

5Kehilangan Rambut Membuatnya Bermasalah

Ada banyak hal yang membuat Saitama menjadi tokoh yang ikonik, selain kemampuannya menghancurkan lawan hanya dengan satu pukulan. Beberapa diantaranya adalah kostum yang dia gunakan dan juga penampilannya. Saitama terkenal karena rambutnya yang botak mengkilap. Namun, sebenarnya sebelum seperti sekarang Saitama masih memiliki rambut.

Sebenarnya, masih belum diketahui juga apa penyebab botaknya Saitama. Ada yang mengatakan akibat latihan yang dia jalani, ada juga yang mengatakan bahwa itu adalah akibat kekuatan yang dia miliki. Selain sering membuatnya diremehkan musuh, kepala plontosnya tersebut pernah membawa masalah. Dia disangka menjadi bagian dari kelompok penjahat yang memang semuanya berkepala botak.

4Kekuatannya Hanya Bisa Digunakan Ketika Bertarung

Memiliki kekuatan paling hebat di dunia dengan bisa menghancurkan lawan hanya dalam satu pukulan adalah sebuah hal yang sangat luar biasa. Dengan kekuatan dan kecepatan yang dahsyat tersebut, banyak yang membayangkan bagaimana Saitama menjalankan kehidupannya sehari-hari. Meskipun dia memiliki semua kekuatan, nampaknya semua kekuatan itu tidak memberikan pengaruh sama sekali ketika harus menghadapi situasi sehari-hari.

Salah satu contoh nyatanya adalah ketika Saitama tidak mampu untuk membunuh satu ekor nyamuk. Bagi seseorang seperti Saitama, yang bisa menghancurkan Lord Boros hanya dengan dua kali pukulan, serangga seperti nyamuk masih menjadi hal yang sangat menganggu. Dan dalam hal ini, terlepas dari refleksnya yang baik atau kekuatannya yang dahsyat, Saitama tidak mampu membunuh nyamuk tersebut.

3Tidak Berlaku Juga Untuk Bermain Game

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, kekuatan yang dimiliki Saitama tidak selalu membantunya dalam mengerjakan pekerjaan sehari-hari. Contohnya adalah ketika harus membunuh seekor nyamuk. Tapi, apakah ada hal lain dalam kehidupan sehari-hari yang bisa memanfaatkan kekuatan dari Saitama? Nampaknya tidak ada.

Refleks dan kecepatan dari Saitama sangatlah dahsyat, bahkan dia mampu mengalahkan kekuatan Speed O’Sonic dan juga Flashy Flash. Sayangnya, ketika berbicara mengenai permainan video, semua kemampuan tersebut tidak ada artinya. Sejauh ini, Saitama tidak pernah menang sekalipun melawan King dalam sebuah game fighting.

2Kostumnya Tahan Lama

Saitama bisa mengalahkan musuh dengan mudah, hanya satu pukulan. Jumlah kekuatan Saitama hampir tidak bisa dihitung, dan tidak peduli sekuat apapun musuhnya Saitama akan tetap mampu membuatnya hancur dalam satu pukulan. Saitama memang sangat jarang ikut bergabung dalam sebuah pertarungan, tapi setiap kali bertarung lawannya adalah lawan yang tangguh.

Yang menjadi pertanyaan kemudian material apa yang membuat kostum Saitama bisa tetap bertahan. Selama ini, kostum Saitama diperlihatkan selalu dalam kondisi utuh. Tidak ada sedikit pun kerusakan yang terlihat di kostumnya. Hal inilah yang kemudian membuat para fans penasaran. Namun, beberapa chapter yang lalu kita melihat bagaimana bagian jubah di kostum Saitama robek setelah terjepit batu. Cukup aneh, bukan?

1Memiliki Paru-paru yang Kuat

Pertarungan melawan Lord Boros, akhirnya mewujudkan mimpinya selama ini yaitu dia tidak tewas setelah satu pukulan dari Saitama. Itulah yang kemudian membangkitkan semangatnya bertarung. Saitama pun merasa senang untuk bisa bertarung melawan Boros. Bahkan, Boros adalah satu-satunya musuh yang berhasil membuat Saitama terbang ke bulan, sampai meninggalkan bekas disana.

Satu hal yang mungkin tidak disadari, meskipun dia berada di bulan dia seperti berada di bumi. Saitama tidak membutuhkan bantuan oksigen layaknya manusia normal. Kekuatan yang dimiliki oleh Saitama sepertinya tidak memiliki Batasan, membuatnya bisa bernafas tanpa perlu mengkhawatirkan dia akan mati atau tidak.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.