Kemunculan klan Otsutsuki menjelang akhir series Naruto, membuat banyak kemungkinan baru yang bisa terjadi dimana series sekuelnya, Boruto: Naruto Next Generation, sejauh ini sudah cukup berhasil mengeksplor hal tersebut. Salah satu kekuatan dalam ceritanya yang cukup banyak menarik perhatian adalah sebuah tanda yang disebut sebagai Karma.

Karma sendiri saat ini sudah menjadi pusat cerita di series Boruto, dengan adanya beberapa karakter yang memiliki tanda ini, salah satunya adalah sang protagonis utama, Boruto. Karma memang memberikan kekuatan kepada mereka yang memilikinya, tapi itu sebenarnya adalah sebuah parasite yang mana tubuh mereka bisa diambil alih kapan saja. Dan sepertinya Orochimaru bisa menjadi kunci untuk menghilangkan segel Karma tersebut.

Penjelasan Singkat Karma

Karma adalah sebuah kekuatan yang biasa digunakan oleh anggota klan Otsutsuki. Kemampuan Karma akan membuat anggota Otsutsuki menyegel tubuh milik seseorang dan kemudian menggunakannya sebagai wadah dari sosok Otsutsuki tersebut. Segel Karma mengandung data biologis dari sosok Otsutsuki, dan bertindak sebagai “data cadangan” jika suatu saat mereka terluka parah atau tewas dalam pertempuran.

Biasanya, seorang Otsutsuki sudah menentukan pilihannya untuk siapapun yang kemudian akan menjadi wadahnya atau akan diberikan kemampuan Karma. Namun, dalam kasus tertentu seperti Isshiki Otsutsuki, seperti yang dijelaskan Amado, Isshiki melakukannya dengan sangat terpaksa kepada Jigen karena dialah satu-satunya orang saat itu yang melintas di depannya. Kondisi Isshiki sendiri dalam keadaan sekarat pada saat itu.

Bagaimana Cara Kerja Karma

Untuk bisa memberikan seseorang sebuah segel Karma, kontak fisik tentunya sangat diperlukan. Boruto Uzumaki mendapatkan kekuatan Karma setelah Momoshiki menangkapnya dan kemudian data biologis miliknya “ditulis” di telapak tangan Boruto sebelum kemudian Momoshiki tewas. Sementara, untuk Isshiki pada saat itu dia sedang berada dalam kondisi sekarat setelah dia diserang oleh Kaguya.

Seorang biksu bernama Jigen kemudian tidak sengaja melewati area pertarungan, dan di waktu yang sama Isshiki kemudian menggunakan jurus mengecil yang mejadi andalannya. Isshiki kemudian masuk melalui telinga Jigen dan masuk ke bagian otaknya. Untuk waktu yang lama Isshiki kemudian tinggal di dalam tubuh Jigen, sampai kemudian Isshiki benar-benar mengambil alih tubuhnya.

Orochimaru Bisa Menghilangkan Segelnya?

Apakah segel Karma bisa dihilangkan? Pertanyaan tersebut memang masih belum diketahui jawabannya, karena sampai sejauh ini baru Kawaki yang berhasil menghilangkan segelnya, itupun karena Karma dalam tubuh Kawaki digunakan untuk reinkarnasi Isshiki. Tapi, ada kemungkinan bahwa segel Karma bisa dihilangkan dan butuh orang lain untuk bisa melakukannya.

Dan dalam hal ini tidak ada sosok yang lebih mengenal berbagai segel selain Orochimaru. Orochimaru memang dulu adalah villain dari Konoha. Bahkan, dia hampir berhasil menghancurkan Konoha dan membunuh Sarutobi. Namun, Orochimaru kemudian berubah dimana dia menjadi sosok yang baik. Naruto memang belum mempercayai Orochimaru menjadi baik 100% tapi, dia menyambut perubahan sikap tersebut dengan mengizinkan Orochimaru tinggal di sekitar Konoha dan membiarkan Mitsuki masuk akademi Konoha.

Kabuto Yakushi on Twitter: "Sasuke with orochimaru curse mark… "Orochimaru merupakan sosok yang memberikan segel kutukan kepada Sasuke dulu. Dan berdasarkan informasi yang ada, segel kutukan memiliki konsep yang sama dengan segel Karma milik Otsutsuki. Dengan teknologi yang dia miliki dan pengetahuan, Orochimaru rasanya bisa berusaha untuk menghilangkan segel Karma dari tubuh Boruto sebelum terlambat.

Mungkin Orochimaru tidak akan bekerja sendiri. Bisa jadi, mantan ilmuwan Kara, Amado, juga akan membantu Orochimaru untuk menjalankan misi tersebut. Lagipula, peran penting dari Orochimaru terhadap serangan Otsutsuki sudah pernah disebutkan oleh Shikamaru dalam anime Boruto episode 72, dimana menurut Shikamaru, Orochimaru melakukan penelitian terhadap klan Otsutsuki.

Tsunade menganggap keputusan Naruto untuk membiarkan Orochimaru hidup dan tinggal di Konoha adalah sebuah kesalahan yang fatal. Shikamaru kemudian membela Naruto dengan mengatakan bahwa penelitian yang dilakukan oleh Orochimaru akan sangat berguna bagi dunia Shinobi dalam mempersiapkan pertarungan melawan Otsutsuki.

Kesimpulannya, Orochimaru memang sudah sejak lama melakukan riset tentang Otsutsuki, dan ada kemungkinan tentang Karma juga. Kita memang tidak pernah tahu sudah sejauh mana penelitian Orochimaru tersebut, namun jika ada peluang meskipun kecil tentunya harus kita manfaatkan. Orochimaru mungkin dulu adalah musuh Konoha, tapi sekarang dia adalah harapan bagi Konoha (dan dunia shinobi).

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.