Meskipun Billy Butcher adalah sosok sentral dalam pertarungan melawan para superhero Vought dalam cerita The Boys, namun Hughie adalah sosok yang menjadi penengah bagi semuanya. Hughie sendiri bergabung dengan Billy setelah kekasihnya, Robin, tewas karena ditabrak A-Train yang sedang berlari dalam kecepatan tinggi. Billy dan Hughie beserta Frenchie, Kimiko, dan Mother’s Milk kemudian bekerja sama untuk menghancurkan Vought dan The Seven.

Meskipun kita mengetahui, latar belakang dari Billy Butcher dan yang lain, namun kita tidak pernah mengetahui bagaimana masa lalu dari Hughie. Sejauh ini, Hughie diperlihatkan tinggal bersama ayahnya. Dan ibunya sendiri tidak diketahui keberadaanya, sampai kemudian fakta terkuak di musim kedua kemarin. Lalu, kemana ibunya pergi? Apakah sudah meninggal dunia?

Masa Lalu Hughie

Di sepanjang musim pertama dan kedua, banyak yang meyakini bahwa absennya ibu dari Hughie diakibatkan oleh karakter sang ibu yang sudah meninggal. Dan itulah yang kemudian menjadi penyebab ayah Hughie selalu diliputi kesedihan. Namun, di episode 8 musim kedua, kita akhirnya tahu apa yang terjadi kepada ibu Hughie saat dia mengungkapkan fakta sebenarnya kepada Annie.

Menurut pengakuan dari Hughie, ibunya pergi meninggalkan keluarganya sejak usia Hughie enam tahun. Apa yang terjadi dalam hidup Hugie nyatanya mempengaruhi sosoknya yang sangat pemalu dan tertutup. Hughie sendiri tidak mengetahui alasan pasti mengapa ibunya tiba-tiba pergi. Hughie sendiri mengatakan bahwa semuanya terasa seperti ada sebuah peringatan yang membuat ibunya harus pergi.

A Hughie detail you never noticed in The Boys season 1Meskipun terdengar seperti sebuah kiasan, ada kemungkinan bahwa panggilan atau peringatan tersebut memang terjadi secara harfiah karena ibu dari Hughie kemungkinan adalah seorang pahlawan super. Bisa jadi peringatan tersebut berasal dari Vought atau The Seven. Meskipun Annie mencoba untuk menenangkan Hughie, tapi apa yang dia ucapkan tidak dipungkiri membuat para fans berteori.

Saat ini masa lalu Hughie masih sangat misterius, dan sepertinya masih belum ada rencana untuk mengungkapkan hal tersebut. Sebagai salah satu seri paling populer dan menarik, rasanya akan sangat kurang jika Amazon memang tidak membuat atau menghadirkan masa lalu dari Hughie secara lengkap. Dan sejauh ini sebenarnya kita sudah tahu semua rahasia tentang anggota The Boys, kecuali Hughie.

Alasan dari pertanyaan besar anggota The Boys berbeda dengan versi komik. Contohnya mengapa MM membenci Vought. Dan hal ini juga terjadi pada Hughie, dimana dalam cerita komiknya kedua orang tua Hughie hidup seperti orang kebanyakan dalam kehidupan normal. Ibunya masih hidup dan tidak pergi meninggalkan Hughie, seperti yang dia ceritakan di seriesnya. Dengan adanya perbedaan jauh ini membuka banyak kesempatan penulis untuk mengembangkan cerita.

Mengapa Ibu Hughie Adalah Pahlawan Super Dirasa Masuk Akal

Sebuah hal yang sering terjadi di adaptasi komik, baik film ataupun televisi, adalah twist dari fakta bahwa keluarga dari sang protagonist memiliki peran dalam salah satu petualangannya. Selama ini, Hughie diperlihatkan sebagai sosok yang pemalu dan selalu rendah diri. Meskipun begitu dia selalu menunjukan semangat dan determinasi yang tinggi.

Dengan adanya twist bahwa ibu dari Hughie adalah seorang pahlawan Vought, tentunya hal ini akan menjadi kejutan besar bagi para fans. Dan seperti yang disebutkan di atas, karena seriesnya sudah sering memberikan perubahan cerita dari apa yang ditampilkan di komik, maka bisa saja mereka membuat cerita dimana ibu dari Hughie adalah bagian dari Vought. Melihat kesuksesan yang diraih selama dua musim ini terkait dengan adanya perbedaan cerita dengan versi komik, maka rasanya ide menghadirkan cerita ibu Hughie sebagai pahlawan super juga bisa berjalan dengan baik.

Di musim perdana The Boys, Hughie akhirnya berhasil mengungkapkan perasaanya selama ini kepada sang ayah dimana Hughie mengaku sangat menderita dan merasa seperti orang yang mati. Bertemu kembali dengan sang ibu akan memberikan Hughie sebuah kesempatan untuk menghadapi trauma masa lalunya, dan mulai membangun kembali kedekatan dengan sang ibu.

Mungkin akan terasa lebih epik, jika ceritanya mengadaptasi set up cerita klasik superhero dimana sang ibu selama ini bersembunyi di suatu tempat. Sehingga, The Boys bukan hanya akan tetap menjaga tone yang sudah terbangun sejak awal, tapi juga menggali lebih dalam dari tema yang sudah ada.

Selain menjadi superhero, bisa saja ibu Hughie menjadi bagian dari Vought. Mungkin dia adalah jajaran direksi tertinggi dari Vought, dibawah Mr. Edgar. Hughie pernah menjelaskan bahwa ibunya sangat ahli dalam membuat replika dari figure The Seven. Hal ini membuka kemungkinan bahwa ibunya mungkin bekerja di bagian kostum. Dan adanya keterkaitan The Boys dengan Vought, sebelumnya diperlihatkan oleh Becca.

Apa Artinya Ibu Hughie Sebagai Pahlawan Super di Musim Ketiga

Kehadiran ibu Hughie akan menjadi twist yang menarik di musim ketiga nanti. Di akhir musim kedua, kita diperlihatkan Hughie yang memutuskan untuk “berjalan sendiri” tanpa bantuan dari The Boys. Hughie masih terus bertarung melawan Vought, namun kali ini dia bekerja sama dengan Victoria Neuman. Namun, yang Hughie tidak ketahui, Victoria adalah seorang pahlawan super yang sudah membunuh banyak nyawa.

Hughie pada akhirnya akan mengetahui tentang sosok Victoria dan kemudian meminta bantuan kepada The Boys untuk menginvestigasi apa yang terjadi, dan menghentikan usaha dari Victoria. Tapi, dengan adanya keterlibatan sang ibu di musim ketiga nanti, membuat Hughie akan memiliki alasan pribadi mengapa dia memutuskan untuk kembali ke garis depan menghadapi Vought.

Kemunculan sang ibu dari Hughie tentu akan menghadirkan sisi emosional dari seriesnya, dan tidak diragukan lagi akan banyak para penonton yang tersentuh. Di sisi lain, kehadiran pegawai Vought yang sekaligus ibu dari Hughie akan memunculkan sebuah konfik yang menarik antara Hughie dan Butcher. Ide menarik lainnya adalah dengan sosok ibu dari Hughie adalah seorang pahlawan super, membuka kesempatan bahwa Hughie adalah seorang pahlawan super juga.

Hal ini terjadi kepada Ryan, dimana meskipun dia tidak merasa – dan mengetahui – bahwa dia memiliki kekuatan super, pada kenyataanya dia merasa ada hal berbeda dalam tubuhnya. Mungkin itu juga yang dirasakan oleh Hughie, dimana sebenarnya di dalam tubuhnya terdapat kekuatan super yang berasal dari sang ibu. Mungkin bisa dijelaskan bahwa ibu Hughie baru mendapatkan kekuatan super pasca melahirkan Hughie.

Kita sudah melihat contohnya dari Kimiko dan Kenji, dimana jika ada seorang yang berhasil bertahan dari compound V, maka garis keturunannya pun akan sama. Hal ini kemudian bisa menjadi alasan mengapa Hughie bisa mendapatkan kekuatan super dari DNA sang ibu. Dalam komiknya sendiri, The Boys sering menggunakan compound V untuk bisa mengimbangi kekuatan para Supes.

Tentunya akan sangat menarik ketika para The Boys terkejut dengan kekuatan besar yang dia miliki. Mungkin, bukan Butcher yang akan bertarung melawan Homelander dan menghancurkan Vought melainkan Hughie dengan semua kekuatan yang dia miliki berkat compound V milik ibunya. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan seriesnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.