Siapa yang menyangka jika seri manga karya Eiichiro Oda, One Piece, akan bertahan sampai dua dekade lamanya. Sebelumnya, Oda Sensei sempat menyampaikan bahwa rencana awal untuk seri ini dia akan menamatkannya dalam lima tahun. Namun, ternyata dengan cerita yang terus berkembang dan semakin kompleks, menuntut Oda Sensei untuk terus berkarya sampai detik ini.

Sejak manganya terbit pertama pada 1997 silam, sampai saat ini, total sudah ada 994 chapter yang diterbitkan. Dan sejak bulan kemarin, baik Weekly Shonen Jump maupun Oda Sensei sendiri, dengan senang hati akan bersiap untuk merayakan 1000 chapter dari One Piece. Oda Sensei sendiri mengatakan bahwa dia akan berusaha untuk bisa mencapai 1000 chapter sebelum tahun 2020 selesai.

Seperti biasa, dalam setiap chapter-chapter yang menjadi momentum keberhasilan – chapter 50,100,1000, dan sebagainya – pasti akan menjadi chapter yang spesial. Para fans mencoba berspekulasi cerita apa yang kemungkinan akan disampaikan oleh Oda Sensei di chapter 1000 nanti. Ada yang menyebutkan di chapter tersebut kita akan melihat Red Scabbards tewas, dan ada juga yang menyebutkan bahwa di chapter tersebut kita akan melihat pertarungan Kaido vs Luffy akan dimulai.

PAYPAY Boy Theories on Twitter: "I see a lot of people saying Kawamatsu is the person Crocus met in #onepiece chapter 631. But if you actually look at him its clear enoughTapi, ada kemungkinan lainnya yang mungkin bisa terjadi, jika melihat sejarah yang ada. Di chapter pertama kita diperkenalkan dengan sosok raja bajak laut dan juga sosok yang memulai semua petualangan bajak laut, Gol D. Roger. Di chapter 50, kita diperkenalkan dengan sosok ahli pedang terbaik di dunia, yang sekaligus guru dari Zoro yaitu Dracule Mihawk.

Di chapter 100, kita diperkenalkan dengan sosok fenomenal lainnya untuk pertama kali yaitu ayah dari Luffy sekaligus pemimpin pasukan revolusi, Monkey D. Dragon. Di chapter 500, setelah di chapter 1 diperkenalkan dengan sang kapten, kita diperkenalkan oleh wakil sang kapten yaitu Silvers Rayleigh. Jika melihat pola ini, maka bisa kita asumsikan bahwa di chapter 1000 nanti kita akan diperkenalkan dengan sosok karakter baru – atau yang berkaitan dengan sosok Roger.

Mungkin inilah alasan mengapa Oda sensei sering tidak menghadirkan banyak hal. Dan ada kemungkinan bahwa di chapter 1000 nanti, kita akan diperkenalkan sosok Scopper Gaban di dalam ceritanya. Tapi, bisa jadi kita sebenarnya sudah diberikan petunjuk bahwa Scopper Gaban sudah ada dalam cerita dan tinggal menunggu waktu untuk muncul. Hal ini bisa kita lihat di halaman sampul chapter 631.

Dalam gambar tersebut, kita melihat Crocus sedang duduk berdua dengan satu sosok misterius ditemani sang paus raksasa, Laboon. Banyak yang menyebutkan bahwa sosok tersebut adalah Shiki the Golden Lion. Namun, jika dilihat secara seksama kita bisa melihat bahwa rambutnya tidak sama dengan sosok Shiki. Dan juga Shiki tidak memiliki relasi apapun dengan sosok Crocus. Jadi, mengapa Crocus harus bahagia bertemu dengan Shiki jika dia tidak memilik koneksi?

Lalu, bagaimana jika sebenarnya sosok tersebut adalah Scopper Gaban? Dilihat dari rambutnya sendiri, terlihat sama. Jika itu Scopper Gaban, lalu mengapa rambutnya putih? Sama seperti Rayleigh, saat dia muda rambutnya masih terlihat hitam/berwarna. Tapi, mereka kini sudah menua, artinya wajar jika rambut mereka kini berubah menjadi putih. Scopper Gaban adalah anggota Roger lain, yang digadang-gadang akan muncul dalam cerita. Jadi, apakah di chapter 1000 nanti Scopper akan muncul? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.