Permainan Genshin Impact dari pengembang MiHoYo saat ini sedang naik daun, menjadi game adventure yang paling populer. Dalam permainan Genshin Impact kita tentu mengenal Resin. Resin sendiri adalah semacam stamina yang digunakan dalam permainan. Ketika karakter kita sudah mencapai level tinggi, maka Resin menjadi sumber daya yang paling dibutuhkan dan penting.

Bukan tanpa sebab, Resin adalah sumber daya yang terbatas. Artinya mereka yang kehabisan Resin tidak akan bisa bermain atau berpetualang, sampai Resin mereka kembali terisin penuh. Dan bagi sebagian pemain, sangat sedikitnya jumlah Resin menjadi salah satu hal yang membuat frustasi dari game ini. Berikut adalah panduan tentang Resin dan bagaimana kita bisa mendapatkan tambahan Resin.

Bagaimana Sistem Kerja dari Resin

Dalam permainan Genshin Impact ada sebuah sistem yang akan membatasi kita dalam hal seberapa cepat kita berkembang. Dan hal ini disebut sebagai Resin. Lalu, bagaimana sistem Resin ini bekerja?

  • Resin merupakan sebuah sumber daya (resource) yang bisa mengisi secara otomatis dan digunakan untuk mengakses hadiah dari berbagai aktifitas.
  • Satu orang pemain hanya bisa memiliki maksimal 120 Resin dalam satu waktu
  • 1 Resin sendiri bisa muncul setiap 8 menit sekali.
  • Butuh sekitar 16 jam untuk bisa memenuhi batas maksimal Resin secara manual.
  • Tapi, ada cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan batas waktu pemulihan dari Resin.

Cara Terbaik Menggunakan Original Resin Genshin Impact | Kabar Berita Sepak Bola Terkini TerupdateKetika kita berhasil mengalahkan boss mingguan seperti Dvalin atau Andrius, misalnya, kita tidak bisa langsung mengakses hadiah yang diberikan dalam pertandingan tersebut. Sebelumnya kita harus menggunakan 60 Resin untuk bisa membuka hadiah tersebut. Sistem ini mirip dengan “stamina” yang biasanya ada dalam permainan mmorpg lainnya.

Permasalahannya bagi sebagian pemain adalah mereka akan bisa menghabiskan Resin dalam waktu yang singkat – bahkan dalam hitungan menit. Dan setelah kita menghabiskan jatah Resin tersebut, tidak ada yang bisa kita lakukan selain menunggu sampai kembali terisi penuh apalagi jika kita sudah menyelesaikan ceritanya dan mengeksplor sebagian besar dari petanya. Melakukan farming dungeons atau para boss mungkin satu-satunya cara untuk “membunuh waktu” sampai Resin kembali terisi.

Seberapa Banyak Jumlah Resin Yang Dihabiskan?

Seperti yang disebutkan di atas, sebagian besar aktifitas yang terjadi di game ini membutuhkan Resin dalam jumlah tertentu untuk bisa membuka hadiah yang kita dapatkan. Lalu, berapa banyak Resin yang dibutuhkan untuk setiap hadiah?

  • Ley Line Outcorps membutuhkan 20 Resin
  • Abyssal Domains membutuhkan 20 Resin
  • Elite Boss membutuhkan 40 Resin
  • Boss Mingguan membutuhkan 60 Resin

Гайд Genshin Impact — как использовать первородную смолуBiasanya, hadiah dari Ley Line Outcorps adalah uang dan berbagai material yang dibutuhkan untuk meningkatkan level karakter. Sementara semua hadiah dari Abyssal Domains, Elite Boss, dan Boss Mingguan biasanya berupa materian untuk meningkatkan karakter kita dan juga senjata. Terkadang material yang didapatkan sangat langka. Seberapa langka hadiah atau material yang kita dapatkan tergantung dari seberapa besar biaya Resinnya (meskipun sebenarnya semua hadiah bersifat acak karena mengadaptasi sistem gacha).

Bagaimana Caranya Mendapatkan Resin Lebih?

Selain dari menunggu, yang mana akan memakan waktu sangat lama, ada dua metode utama yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan Resin dalam waktu singkat. Pertama kita bisa menggunakan sebuah item yang disebut ‘Fragile Resin’ untuk secara singkat langsung mendapatkan tambahan 60 Resin. Metode kedua adalah dengan menggunakan sejumlah Primogems, yang mana hal ini dibatasi jumlahnya per harinya.

Fragile Resin sendiri adalah sebuah item yang spesial yang hanya diberikan ketika kita meningkatkan level Adventure Rank. Biasanya, kita akan mendapatkan satu Fragile Resin dalam setiap ranking, tapi mengingat sangat sulit untuk melakukan peningkatan rankingnya maka pilihan ini tidak bisa diandalkan untuk mendapatkan Resin secara cepat. Kita harus menggunakan item Fragile Resin secara bijak.

Primogems bisa digunakan untuk secara langsung menambahkan 60 Resin. Primogems adalah sebuah nilai tukar khusus yang didapatkan di game ini setelah kita melakukan berbagai aktifitas, contohnya adalah membuka peti, menyelesaikan tugas, atau ketika kita sedang menjelajah. Kita bisa menggunakan metode ini enam kali per harinya, tapi setiap kali kita menggunakan Primogems untuk meningkatkan Resin, maka “harganya” akan terus naik.

  • Penggunaan pertama menghabiskan 50 Primogems
  • Penggunaan kedua menghabiskan 100 Primogems
  • Penggunaan ketiga menghabiskan 100 Primogems
  • Penggunaan keempat menghabiskan 150 Primogems
  • Penggunaan kelima menghabiskan 200 Primogems
  • Penggunaan keenam menghabiskan 200 Primogems

Bagaimana Caranya Untuk Mendapatkan Resin Dalam Jumlah Banyak?

Lingering Malady Quest guide - Genshin Impact - poster and billboard locations | GamepurInilah yang kemudian dihadapi oleh para pemain hardcore Genshin Impact saat ini, dan banyak dari para pemain juga meminta MiHoYo untuk merubah sistem bagaimana mereka mendapatkan Resin. Ketika kita sudah bermain sekitar 30 sampai 40 jam, kita akan sampai pada jalan buntu dimana kita akan kebingungan untuk mendapatkan Resin. Inilah yang kemudian membuat sebagian para pemain “hanya bisa” bermain selama kurang lebih 15 menit, sebelum kemudian mereka mulai mencari Primogems untuk mendapatkan tambahan Resin atau berhenti bermain.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.