Akhirnya waktu bagi Naruto untuk “kembali” telah tiba. Demi mampu mengalahkan Isshiki Otsutsuki dan menyelamatkan Konoha dari bahaya yang datang, sang Hokage ketujuh Konoha, Uzumaki Naruto, rela mengorbankan nyawanya. Hal ini sebagai langkah terakhir yang dilakukan oleh Naruto, karena dia tidak mampu untuk mengalahkan, bahkan sekedar melukai Isshiki Otsutsuki.

Sebelumnya, Isshiki Otsutsuki datang ke Konoha untuk mencari keberadaan Kawaki setelah dia berhasil mengalahkan Kashin Koji. Namun, Naruto yang sudah mengetahui hal ini, meminta Kawaki dan Amado untuk diamankan di sebuah tempat rahasia. Naruto, Sasuke, dan Boruto pun akhirnya muncul untuk menghadapi Isshiki Otsutsuki. Dan dengan kekuatan Karma, Boruto membawa mereka semua menjauh dari Konoha dengan jutsu teleportasi.

Meskipun secara jumlah seharusnya Naruto lebih unggul, nyatanya mereka tidak mampu untuk sekedar memberikan serangan kepada Isshiki. Mereka tidak berdaya di depan Isshiki. Padahal, Naruto dan Sasuke adalah Shinobi terkuat sedunia. Melihat tidak ada jalan lain, Naruto pun akhirnya berdiskusi dengan Kurama dan menemukan sebuah cara. Hanya saja teknik ini beresiko tinggi untuk kehilangan nyawa Boruto.

Meskipun belum ada konfirmasi 100% banyak yang kemudian beranggapan bahwa, Naruto memang sudah akan tewas dalam pertarungan ini. Jika memang benar, tentunya hal tersebut akan menjadi pukulan bagi para fans dan juga bagi Sasuke dan Boruto. Namun, ada sebuah pertanyaan yang kemudian muncul. Jika Naruto tewas, lalu, siapa yang akan menjadi Jinchuuriki dari Kurama?

Naruto and Kurama Reunite in Boruto's New ChapterAda beberapa nama yang mungkin bisa masuk kandidat sebagai penerus Jinchuuriki Kurama, Boruto Uzumaki adalah salah satunya. Boruto dianggap sebagai salah satu sosok yang pas untuk bisa menjadi wadah bagi Kurama. Memang, permasalahannya kemudian bukankah Boruto sudah memiliki Momoshiki di dalam tubuh Boruto? Apakah hal itu mungkin terjadi?

Menjadi Jinchuuriki seseorang dan menjadi Jinchuuriki bijuu, rasanya bisa diartikan sebagai dua hal yang berbeda meskipun pada dasarnya mereka sama-sama menggunakan tubuh orang lain sebagai wadahnya. Lagipula, baik dalam series Naruto ataupun Boruto, sejauh ini belum diketahui ada aturan bahwa seseorang tidak boleh/tidak bisa menjadi jinchuuriki bagi dua “makhluk” berbeda.

Artinya, kemungkinan itu ada, Boruto bisa saja menjadi jinchuuriki baru bagi Kurama. Jika hal ini terjadi bisa dipastikan Boruto akan menjadi sosok yang sangat dahsyat, terutama dari segi kekuatan. Kita sudah melihat bagaimana kekuatan dari Naruto ketika dia mengaktifkan mode Kyuubi. Hal ini juga bisa menjadi “pembeda” dengan mode Otsutsuki yang pernah dia gunakan.

Memang, pada awalnya Boruto mungkin akan mengalami kesulitan untuk mengendalikan Kurama dalam tubuhnya. Sama seperti Naruto. Tapi, perlahan Boruto akan mampu mengendalikan kekuatan tersebut. Jika Boruto sudah mampu mengendalikannya, dia bisa saja menggunakan atau mengakses kekuatan Kurama tersebut kapanpun dan dimanapun dia mau atau kapanpun situasi genting muncul.

Boruto Chapter 51 "Sacrifice" Could Signal the Disappearance or Death of Naruto - The Fanboy SEOHal inilah yang membedakan dengan mode Otsutsuki, dimana Boruto tidak sadar bahwa dirinya dikendalikan. Boruto juga tidak bisa serta merta menggunakan kekuatan tersebut secara maksimal. Meskipun kekuatan bijuu tidak sekuat kekuatan dewa, setidaknya nyawa dari sang jinchuuriki lebih “aman” dibandingkan dengan mereka yang menjadi wadah Otsutsuki.

Tidak ada ancaman bahwa nyawa seorang jinchuuriki bijuu akan tewas oleh monsternya sendiri. Biarpun mereka hidup selama puluhan tahun, mereka terbukti masih baik-baik saja. Sedangkan bagi mereka yang menjadi wadah Otsutsuki, lama kelamaan tubuh mereka akan diambil alih dan secara tidak langsung mereka akan tewas dalam prosesnya.

Perlu digaris bawahi dan diingat bahwa ini masih sekedar teori, yang artinya tidak mutlak benar dan tidak 100% benar. Bukan tidak mungkin ada perubahan yang terjadi di tengah cerita atau ada hal lainnya yang membuat prediksi atau spekulasinya menjadi meleset. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Boruto kemudian akan menjadi sosok jinchuuriki baru bagi Kurama.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.