Klan Otsutsuki merupakan klan paling kuat dalam series Boruto. Asal usul klan ini memang masih misterius, namun satu hal yang pasti adalah mereka memiliki berbagai kemampuan hebat yang sangat mematikan. Salah satu kemampuan hebat yang mereka miliki adalah segel Karma. Dengan Karma, anggota Otsutsuki dapat menggunakan tubuh orang lain sebagai wadah. Hal tersebut dilakukan agar Otsutsuki dapat hidup selamanya dengan cara bereinkarnasi dari tubuh sang korban.

Tubuh yang terkena segel Karma dan menjadi wadah nantinya akan diambil alih oleh Otsutsuki. Boruto adalah salah satu contoh, di mana tubuh Boruto tertanam segel Karma milik Momoshiki Otsutsuki. Jika prosesnya sudah mencapai 100%, maka tubuh Boruto akan benar-benar diambil alih oleh Momoshiki Otsutsuki. Menurut Amado, cara untuk mencegah Momoshiki bangkit dari tubuh Boruto adalah dengan cara membunuh Boruto itu sendiri. Namun tentunya hal tersebut tidak akan terjadi, karena Boruto adalah karakter utama dalam serial ini.

Disaat Boruto menjadi wadah bagi Momoshiki, Boruto dapat mengakses seluruh kekuatan yang dimiliki Momoshiki. Dengan begitu Boruto dapat memiliki kecepatan diatas rata-rata. Boruto juga akan dapat terbang, seperti saat tubuhnya dikendalikan Momoshiki, saat melawan Boro. Saat tubuh Boruto dikendalikan Momoshiki, Boruto juga dapat memukul Boro, dan dampak kerusakan yang dihasilkan luar biasa besar. Kekuatan Boruto tentunya akan semakin meningkat jika ia menguasai kekuatan Otsutsuki secara sadar (tidak dikendalikan).

Segel Karma juga dapat menetralisir ninjutsu elemen apapun dari musuh. Walau saat ini Boruto masih belum bisa menguasai kekuatan penuh Momoshiki, tetapi Boruto sudah dapat menetralisir ninjutsu dari musuhnya. Bisa dibayangkan jika Boruto dapat menguasai seluruh kekuatan Momoshiki, maka tidak akan ada Shinobi jahat yang bisa menyerang Boruto dengan ninjutsu. Boruto juga dapat membuka portal ke dimensi lain. Jika Boruto menguasai penuh kekuatan Momoshiki, maka Boruto dapat membuka portal jauh lebih cepat, dan tak terbatas jumlahnya.

Boruto juga akan dapat menggunakan Jougan. Seperti yang kita ketahui beberapa waktu lalu, saat Momoshiki mengendalikan Boruto, mata Jougan dapat aktif dengan sendirinya. Jika Boruto berhasil mengendalikan kekuatan Momoshiki dalam tubuhnya, maka Boruto akan dapat menggunakan Jougan lebih lama. Dengan begitu, nantinya kita akan melihat seperti apa kekuatan mata Jougan sesungguhnya.

Segel Karma memang memberikan kekuatan dan kemampuan yang sangat dahsyat kepada Boruto. Tapi pada akhirnya, perlahan namun pasti, jika segel Karma tersebut terlalu lama menyatu dengan wadahnya (Boruto), maka tubuh dari sang wadah akan diambil alih Otsutsuki yang mendiami wadah tersebut, dalam hal ini adalah Momoshiki. Setelah peroses pengambil alihan selesai, maka Boruto yang menjadi wadahnya akan mati. Tubuh Boruto akan berubah menjadi Momoshiki, dan semua ingatan atau pikiran Boruto akan hilang.

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/