Genre open world adalah salah satu genre dari permainan video. Genre open-world sendiri dalam beberapa tahun belakangan cukup mendapatkan perhatian lebih dari para pecinta game. Berbeda dengan genre lainnya, dalam sebuah game open-world para pemain bisa bebas mengeksplor apapun yang kita inginkan. Kita bisa pergi kemanapun yang kita sukai. Dan masih banyak lainnya.

Dalam satu dekade terakhir ini, ada banyak judul-judul game yang dirilis dengan genre open-world. Dan dari sebagian besar judul-judul tersebut, tentunya ada beberapa judul yang dianggap sebagai game open-world terbaik. Apa saja game open-world terbaik dalam beberapa dekade terakhir ini? Berikut adalah pembahasannya.

Infamous 2

Ketika PlayStation 3 dirilis pada 2006, butuh sekitar tiga tahun bagi Sucker Punch untuk merilis game Infamous. Dan tidak disangka, game ini nyatanya mendapatkan respon yang positif dari para fans. Game sekuelnya, Infamous 2, kemudian dirilis pada 2011 lalu. Game sekuel ini benar-benar menghadirkan semua perubahan besar dari game sebelumnya.

10 Best Open-World Games Of The 2010s (That AREN'T GTA) – Page 2Infamous 2 memiliki peta yang lebih lebar, lebih luas, kemampuan sang karakter juga mengalami peningkatan, dan bahkan menghadirkan kota baru yang lebih menarik dari Empire City yaitu New Marais, yang merupakan representasi dari kota New Orleans. Bisa dibilang game Infamous 2 ini adalah game yang paling diingat dan paling populer dari seluruh seri Infamous.

Spider-Man

Game Spider-Man memang sudah tidak asing dengan konsep open-world. Bahkan sejak game Spider-Man dirilis di PlayStation 1 pun game Spider-Man sudah mengadaptasi konsep open-world. Baru ketika mereka merilis game Spider-Man di PS4 semuanya terasa mewah dan modern. Dan rasanya Geeks semua pasti sudah tahu bagaimana kualitas dari game ini.

10 Best Open-World Games Of The 2010s (That AREN'T GTA) – Page 3Meskipun banyak menghadirkan fitur-fitur baru, Spider-Man PS4 ini memberikan perhatian lebih pada kota dimana ceritanya berada. Dengan segala detail yang menarik, rasanya kota tersebut diadaptasi langsung dari cerita komik. Memang, lanskap kota New York tidak akan pernah habis dimakan zaman dan akan selalu menarik untuk diadaptasi.

Minecraft

Minecraft merupakan salah satu permainan video paling populer di dunia dan menjadi game yang paling banyak terjual. Kepopuleran Minecraft sendiri berkembang secara pesat sejak dirilis pada 2009 silam. Bahkan, kepopuleran game ini masih bertahan sampai sekarang. Kepopuleran game ini kemudian menginspirasi game dengan tema serupa untuk muncul.

Banyak yang menganggap bahwa Minecraft adalah game “Counter Strike 2.0” dimana gamenya bisa meledak dengan cepat dan bertahan lama. Bahkan, banyak influencer dan Youtuber bermain juga game ini. Untuk masalah map, bisa dikatakan game ini hampir tidak memiliki batasan. Semuanya bebas untuk dibangun dan dieksplor oleh para pemain. Untuk bermain serius? oke. Untuk bermain santai? juga bisa.

Skyrim: The Elder Scrolls V

Sama seperti Minecraft, rasanya game ini sudah tidak perlu lagi pembahasan mendalam karena semua Geeks pastinya udah mengetahui tentang game ini. Besthesda pada 2011 lalu sempat mengejutkan para fans, dengan game mereka yaitu Skyrim. Selain dari segi gameplay, Bethesda juga memanjakan para fansnya dengan map yang sangat luas dan misi yang melimpah.

10 Best Open-World Games Of The 2010s (That AREN'T GTA) – Page 5Namun, yang paling fenomenal diantara semua chapter adalah chapter V. Bahkan, chapter ini bisa dibilang sudah bukan lagi menjadi bagian dari komunitas game saja, melainkan sudah menjadi bagian dari hal populer di internet. Selain peta yang sangat luas dan misi yang melimpah, game ini “ramah” terhadap mod, yang semakin meningkatkan popularitas gamenya.

The Legend of Zelda: Breath of the Wild

Salah satu game open-world “tua” dalam game adalah seri game Zelda, terutama seri Breath of the Wild. Ketika Calamity Ganon memutuskan untuk kembali menyebarkan ketakutan dan kejahatannya, Link pun kembali untuk menghentikan rencana tersebut. Setelah scene perkenalan di awal gamenya, maka wilayah Hyrule akan terbuka untuk dijelajahi oleh para pemain.

10 Best Open-World Games Of The 2010s (That AREN'T GTA) – Page 6Bahkan, jika Geeks mau, setelah mengikuti tutorialnya kalian bisa langsung pergi ke Hyrule Castle dan mengalahkan Ganon. Sedari dulu, game Zelda memang selalu mengedepankan konsep open-world ini, dan juga tentu cerita yang menarik. Game ini banyak mendapatkan pujian dari para pecinta genre open-world, dimana game ini disetarakan dengan Minecraft.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2