Luffy dan kru bajak laut topi jerami saat ini bisa dibilang sedang berada dalam “puncak karir” mereka sebagai bajak laut dimana mereka terlibat dalam pertarungan dahsyat melawan dua Yonko sekaligus, Big Mom dan Kaido. Arc Wanokuni memang banyak memberikan kejutan menarik, salah satunya adalah dengan pertempuran melawan kedua Yonko tersebut.

Tentunya tidak mudah untuk melawan satu Yonko, apalagi harus melawan dua sekaligus. Hal ini dibuktikan bagaimana Luffy harus kembali berlatih bersama Hyougoro di penjara Udon, setelah gagal untuk melayangkan satu pukulan terhadap Kaido. Dengan pertempuran, yang menurut Eiichiro Oda adalah pertempuran terbesar untuk saat ini, tentunya akan ada peningkatan kekuatan di akhir ceritanya. Dan berikut adalah peningkatan kekuatan terhadap empat orang terkuat di kru Topi Jerami.

Luffy

Sejauh ini, Luffy adalah karakter yang paling banyak mendapatkan peningkatan dibandingkan kru lainnya. Tapi, sepertinya peningkatan tersebut tidak akan berhenti sampai saat ini saja. Masih akan ada banyak hal yang akan dilakukan oleh Luffy untuk meningkatkan kekuatannya. Contohnya adalah dengan peningkatan kemampuan untuk melihat masa depan.

Di akhir Wano nanti, kekuatan Gomu Gomu milik Luffy akan pastinya semakin meningkat, dengan membangkitkan Gomu Gomu Awakening. Kemudian, bukan hanya Armament Haki saja yang berada di level selanjutnya, kekuatan Haki Penguasa Luffy pun akan semakin kuat, mirip seperti yang dimiliki oleh Shanks. Tentunya yang masih sampai saat ini dinantikan oleh para fans adalah form selanjutnya dari Gear 4 Luffy, yang mana banyak diprediksi formnya adalah Tigerman.

Zoro

Zoro selama ini mungkin hanya dikenal sebagai ahli pedang saja. Tapi, dengan tantangan semakin berat tentunya perlu banyak peningkatan yang dilakukan. Pasca pertempuran puncak di Onigashima, Zoro akan memiliki kemampuan menggunakan level tertinggi dari Armament Haki. Haki tersebut akan dialirkan ke pedangnya, sehingga serangan yang dihasilkan pun akan semakin kuat. Inilah yang kemudian menjadikan pedang miliknya menjadi pedang hitam (black blade).

Zoro baru saja mendapatkan salah satu pedang yang luar biasa yaitu Enma, yang merupakan pedang peninggalan Oden. Meskipun Enma adalah salah satu pedang kuat, level kekuatannya masih dibawah Black Blade. Tapi, untuk mencapai level yang sama dengan Ryuma dan Mihawk, Zoro harus bisa menyatukan dirinya dengan pedang tersebut. Zoro juga akan belajar untuk bisa memotong api, seperti yang dilakukan oleh Kinemon. Dan tentunya yang paling dahsyat adalah kemampuan mata iblis yang mampu membuat musuh ketakutan setengah mati.

Sanji

Berbeda dengan Zoro, Sanji bisa dibilang sedikit lambat dalam hal mengembangkan kekuatan. Tapi, bisa dipastikan kekuatan Sanji akan terus meningkat di akhir cerita Wano nanti. Sanji bisa jadi akan memiliki kemampuan level tertinggi dari Observation Haki, sehingga dia akan memiliki kemampuan yang sama dengan Luffy yaitu melihat ke masa depan. Sanji juga akan meningkatkan Haki Armament miliknya.

Diable Jambe adalah salah satu andalan Sanji ketika bertarung melawan musuh, dan mungkin Sanji akan mengaktifkan level tertinggi dari jurusnya yaitu “Blue Flames Version of Diable Jambe” dimana panas yang dihasilkan dari tendangannya sangat luar biasa. Tidak lupa juga kemampuan Raid Suit yang dia miliki akan semakin meningkat selain mampu membuat Sanji menghilang. Contohnya adalah alat peningkat kecepatan dan kekuatan saat melakukan tendangan, kaki tambahan, alat yang membantunya untuk terbang atau melayang, dan jubah tahan peluru.

Jinbei

Karena masih relatif baru bergabung Bersama Luffy, cukup sulit untuk memprediksi apa peningkatan kemampuan yang dimiliki oleh Jinbei setelah peperangan besar di Onigashima ini. Namun, ada kemungkinana jika Jinbe akan menggunakan sebuah senjata baru, yang diberikan oleh Usopp atau Franky, dimana senjata ini dilapisi oleh batu laut sehingga Jinbe bisa menghadapi pengguna Logia sekalipun.

One Piece: Menebak Misteri Keberadaan Jinbe di Arc Wano? | GreensceneJinbei sendiri memang sering diperlihatkan menggunakan karate manusia ikan yang menjadi ciri khas mereka yang berasal dari pulau tersebut, namun Jinbei sendiri pernah menggunakan senjata berupa trisula ketika dia masih menjadi pasukan kerajaan Neptunus. Dengan kekuatan karate manusia ikan ditambah senjata berlapis batu laut, tentunya akan membuat Jinbei semakin dahsyat.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.