Pertarungan melawan Isshiki masih menjadi highlight utama dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Dalam chapter 50 kemarin, kita melihat bagaimana Naruto, Sasuke, dan Boruto pergi ke dimensi lain berkat kekuatan Karma yang ada di dalam tubuh Boruto. Isshiki sendiri terkejut melihat apa yang bisa diperbuat oleh Boruto, dan juga dia terkejut bahwa Boruto adalah wadah dari Momoshiki Otsutsuki.

Seperti yang kita ketahui, di chapter sebelumnya diperlihatkan bahwa Jigen sendiri sudah tewas dalam pertarungan melawan Kashin Koji. Namun, sebagai seorang Otsutsuki meskipun mereka sudah tewas mereka masih bisa kembali hidup, dengan adanya reinkarnasi. Dan untuk melakukan sebuah reinkarnasi, seorang Otsutsuki membutuhkan segel Karma yang sudah mereka simpan di tubuh seseorang.

Menurut Amado, Karma adalah “data cadangan” dari seorang Otsutsuki yang suatu hari bisa digunakan/diambil untuk proses reinkarnasi tersebut. Dalam kasus Isshiki, proses reinkarnasi ini menggunakan segel Karma di tubuh Kawaki. Setelah proses reinkarnasi tersebut selesai, Karma di tubuh Kawaki pun menghilang dan Kawaki kini bisa bebas.

Namun, dari apa yang diperlihatkan dari ekspresinya di chapter 50 kemarin, Kawaki sepertinya merasa tidak puas dengan apa yang terjadi dengan dirinya. Di satu sisi dia senang bahwa segel Karmanya hilang, namun di sisi lain, dia merasa tidak bisa berbuat apa-apa untuk membantu Boruto dan yang lain, ketika dia mengetahui bahwa Isshiki sedang bertarung melawan ketiganya.

Seperti yang kita ketahui, Kawaki memang pada awalnya adalah seorang villain yang kemudian memutuskan untuk berubah menjadi lebih baik. Itulah mengapa Kawaki sekarang berada di Konoha di bawah pengawasan Naruto. Bahkan, dia seolah sudah menjadi anak angkat dari Naruto. Melihat situasi genting ini sepertinya Kawaki tidak akan tinggal diam.

Salah satu cara ekstrem yang mungkin akan terjadi adalah Kawaki akan mengorbankan dirinya, untuk kembali mendapatkan segel Karma. Seperti yang disebutkan di atas, Kawaki merasa tidak berguna ketika mengetahui Boruto bahkan ikut bertarung melawan Isshiki. Kawaki mungkin memang salah satu ninja terkuat di generasinya, namun tanpa ada bantuan Karma rasanya kekuatan Kawaki tidak akan berarti apa-apa bagi Isshiki.

Sehingga Kawaki memerlukan strategi lain untuk bisa ikut membantu mengalahkan Isshiki. Dan salah satu jalannya adalah dengan mengorbankan dirinya menjadi wadah bagi Isshiki. Dengan sudah tewasnya Jigen, kini Isshiki tidak memiliki wadah siapapun. Sedari lama, Isshiki selalu mengincar Kawaki, dan Kawaki sendiri sadar akan hal ini. Sehingga Kawaki pun mencoba untuk “memanfaatkan” hal tersebut.

Bisa dipastikan bahwa Kawaki paham dengan resiko yang akan dia alami, ketika dia menjadi wadah bagi Isshiki. Namun, bisa jadi, Kawaki beranggapan bahwa dengan mengorbankan dirinya bisa jadi salah satu cara untuk “berterima kasih” atas semua kebaikan yang dia terima dari Boruto ataupun Sasuke dan Naruto. Karena tidak ada lagi yang bisa dia lakukan untuk membantu mereka memenangkan pertarungan.

Mengenal Kawaki, Ninja yang Disebut-sebut Bakal Membunuh Naruto - Semua Halaman - HaiAmado memang menyebutkan bahwa Boruto akan menjadi kunci dalam pertarungan tersebut, tapi tidak juga menyebutkan bahwa dia yang akan mengalahkan Isshiki. Sehingga ada peluang lain yang terjadi. Jika kemudian hal ini benar terjadi, maka hal ini bisa menjelaskan apa yang terjadi dalam peristiwa dahsyat di awal series saat Kawaki dan Boruto bertarung di atas reruntuhan Konoha.

Memang, masih belum diketahui apakah peristiwa tersebut benar-benar nyata atau hanya sebuah khayalan saja. Namun, banyak yang berasumsi bahwa semua itu nyata dan akan terjadi di masa depan. Dalam pertarungan tersebut, terlihat bagaimana Boruto dan Kawaki sama-sama memiliki segel Karma. Darimana segel Karma Kawaki tersebut berasal, jika di chapter sebelumnya segel Karmanya hilang?

Skenario Kawaki yang mengorankan diri menjadi wadah Isshiki, bisa menjadi jembatan bagi peristiwa itu. Dan scenario ini juga bisa menjelaskan mengapa kemudian Boruto dan Kawaki saling bertarung, dimana bisa jadi sebenarnya bukan mereka yang bertarung melainkan Momoshiki dan Isshiki yang sudah mengambil alih tubuh mereka. Kita nantikan saja perkembangan cerita dari Kawaki di series ini ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.