Pasca time-skip selama dua tahun dalam cerita One Piece, banyak hal terjadi kepada para kru Topi Jerami. Salah satu yang paling mencolok tentunya adalah adanya peningkatan kekuatan serta kemampuan dari masing-masing kru. Time-skip ini sendiri memang bertujuan untuk melatih para kru Topi Jerami agar mereka lebih kuat lagi menghadapi situasi yang penting.

Masing-masing kru belajar hal baru yang memang menjadi keahlian mereka, termasuk Roronoa Zoro. Zoro mungkin dikenal sebagai salah satu anggota Topi Jerami terkuat, tapi level kekuatannya masih jauh dari kata hebat. Hal inilah yang kemudian membuat Zoro rela bertunduk kepada Dracule Mihawk, figur yang dia anggap sebagai patokan untuk dilewati. Setelah sempat menolak, Mihawk akhirnya mau mengajari Zoro bagaimana caranya berpedang.

Dan hasil latihan Zoro sendiri sangat terasa. Peningkatan kekuatannya pun diperlihatkan, ketika dia mampu membelah sebuah kapal besar hanya dalam satu ayunan pedang saja. Tapi, ada hal menarik dari penampilan baru Zoro dimana di bagian mata kirinya terdapat bekas luka sayatan, dan mata tersebut selalu tertutup. Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah ada kekuatan tersembunyi dibalik mata tersebut?

Pin by "希拉" on Roronoa Zoro✨ | Anime, Zoro, Zoro one pieceBeberapa fans meyakini bahwa akibat luka tersebut Zoro harus kehilangan matanya dan tidak akan bisa lagi membuka matanya. Jika memang begitu, mengapa Eiichiro Oda mau mengubah penampilan karakternya tanpa ada “tanda-tanda” terlebih dahulu? Tentunya Oda tidak akan mungkin memberikan perubahan tersebut tanpa alasan.

Zoro sendiri pada saat time-skip sedang berlatih Bersama Mihawk, jadi rasanya mustahil jika dia mendapatkan serangan musuh dan kehilangan matanya. Mihawk juga adalah seorang ahli pedang di dunia, yang artinya tidak mungkin ada sebuah kejadian atau kecelakaan yang membuat salah satu organ dari Zoro hilang untuk selamanya.

Perlu untuk dicatat bahwa Mihawk tidak mau jadi rival lagi bagi Shanks, karena dia tahu Shanks kehilangan salah satu lengannya. Hal ini juga sama terhadap Zoro. Ada juga yang berpendapat bahwa Humandrill (baboon cerdas) yang memberikan luka tersebut pada Zoro. Humandrill sendiri sudah sejak awal berhasil dikalahkan oleh Zoro, dan tidak ada lagi yang tersisa ketika berlatih Bersama Mihawk.

Seperti yang disebutkan di atas, dengan reputasinya sebagai ahli pedang terbaik rasanya tidak mungkin bila hal itu adalah sebuah kecelakaan. Dan Mihawk adalah satu-satunya yang berpeluang melukai Zoro. Lalu, apa artinya? Ada kemungkinan bahwa luka di bagian mata kiri tersebut adalah sebuah “segel” dan juga kunci. Luka tersebut adalah segel bagi kekuatan besar, dan juga teknik baru Zoro.

Zoro's Future Power Up in Wano, Indra and Zoro's Left Eye - One Piece 977+ - YouTubeAda kemungkinan bahwa serangan baru ini sangatlah dahsyat, bahkan ketika Zoro membuka mata bagian kirinya maka tatapannya sendiri akan terasa seperti sebuah sayatan pedang. Energi dalam diri Zoro begitu meluap-luap dan fokus yang terjadi ketika mata kirinya terbuka akan melepaskan sebuah kemampuan dahsyat seperti pedang Haki. Meskipun Zoro tidak memiliki Haki penakluk, mata kirinya ini bisa menjadi “pengganti” dari Haki Penguasa, yang merupakan kombinasi dari Haki Armament dan juga Haki Observasi yang sangat fokus.

Meskipun belum ada konfirmasinya, ada kemungkinan luka di bagian mata kiri Rayleigh pun dulunya memiliki efek yang sama dengan apa yang dimiliki Zoro saat ini. Karena Rayleigh sudah tidak lagi aktif menjadi bajak laut, maka mata kirinya akhirnya terus dibuka dan tidak perlu lagi untuk “disegel”. Dalam pertarungan Zoro melawan Monet kita melihat bagaimana mata Zoro merah menyala.

Monet yang melihatnya langsung ketakutan, padahal dia adalah pengguna buah iblis Logia. Monet juga merasa bahwa dirinya benar-benar sudah mati, padahal dia bisa saja menyatukan kembali tubuhnya. Semua itu karena manipulasi dari mata Zoro yang membuat Monet berpikir bahwa dia sudah berhasil dibelah dan tidak bisa bangkit lagi. Pertanyaannya, satu mata saja sudah sangat kuat, bagaimana jika Zoro membuka kedua matanya? Mungkin dalam pertarungan Kaido ini, kita akan melihat bagaimana Zoro memaksimalkan teknik yang dia miliki dan melepaskan “segel” mata kirinya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.