Kemunculan organisasi rahasia angkatan laut, SWORD, tentunya membuat banyak fans terkejut akan hal itu. Tidak ada yang menyangka jika sebenarnya angkatan laut juga memiliki sebuah organisasi rahasia. Hal ini baru diketahui di arc Wanokuni, ketika dalam ceritanya terungkap bahwa X Drake merupakan pemimpin dari organisasi ini, dan Koby (atau Coby) adalah salah satu anggotanya.

Sebenarnya, sampai saat ini kita masih belum mengetahui apa sebenarnya maksud dan tujuan dari SWORD. Berdasarkan apa yang sudah diperlihatkan di ceritanya, SWORD sepertinya memiliki “jalan” yang berbeda dengan angkatan laut kebanyakan. Mereka sepertinya justru bergerak dibalik bayang-bayang angkatan laut dan Pemerintah Dunia, dengan memiliki visi dan misinya sendiri.

Mungkin, tujuan dari SWORD sebenarnya adalah menjadi “pedang” bagi organisasi angkatan laut dan Pemerintah Dunia yang akan memotong korupsi dan kesewenang-wenangan yang terjadi selama ini. SWORD juga bisa jadi berperan sebagai pembantu pergerakan Pasukan Revolusi dalam menuntaskan misi mereka untuk mengalahkan para kaum naga langit.

Will Sword have a part in Akainu's defeat?! (Read Description) | One Piece AminoSeperti yang kita ketahui, bahwa Pasukan Revolusi bukan hanya harus menghadapi kaum naga langit, tapi mereka juga menghadapi angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Sampai saat ini, kita masih belum mengetahui siapa saja yang tergabung dalam organisasi tersebut, selain mereka berdua. Ada kemungkinan di SWORD ini bukan hanya berasal dari angkatan laut saja, melainkan juga dari organisasi lainnya.

Setelah kemudian para kaum naga langit ini berhasil dikalahkan atau ditumbangkan oleh para anggota dari SWORD, bisa jadi nantinya posisi tertinggi atau berbagai posisi perwira di angkatan laut akan diambil alih oleh anggota SWORD. Inilah yang mungkin menjadi jalan bagi Koby untuk mewujudkan mimpinya sebagai seorang admiral angkatan laut, sebelum dia kemudian mewujudkan mimpinya yang lain yaitu bertarung melawan Luffy.

How strong is the Revolutionary army in One Piece? - QuoraSecara taktik, ide ini juga dirasa masuk akal. Pasukan Revolusi tentunya membutuhkan banyak bantuan untuk bisa menumbangkan semua organisasi musuh mereka. Dan dengan adanya SWORD tersebut, maka “tugas” dari Pasukan Revolusi bisa menjadi lebih mudah. Mereka tentunya membutuhkan seseorang yang paham betul tentang tata letak markas besar angkatan laut dan juga Mary Geoise, termasuk dimana titik serang yang baik, dan dengan adanya SWORD mereka bisa terus mendapatkan informasi mengenai pergerakan angkatan laut.

Mungkin ada peran SWORD juga ketika Pasukan Revolusi menyusup ke Mary Geoise tanpa diketahui oleh siapapun. Pada intinya, SWORD tentu akan memiliki peran penting dalam cerita ini. Namun, masih harus kita tunggu apa pergerakan besar yang akan dilakukan SWORD selanjutnya. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan ceritanya di chapter selanjutnya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.