Uzumaki Naruto, Uchiha Sasuke, dan Uzumaki Boruto saat ini sedang menghadapi sebuah ancaman serius yang tidak mudah untuk dikalahkan dalam cerita manga Boruto: Naruto Next Generation, yaitu Isshiki Otsutsuki. Sebelum memperlihatkan wujud aslinya, Isshiki berada di dalam wadah seorang biksu muda bernama Jigen. Meskipun begitu, kekuatan dari Jigen sendiri tidak kalah mengerikan.

Tujuan Isshiki sendiri adalah mencari wadah sempurna yaitu dalam tubuh Kawaki. Namun, tentunya Kawaki yang sekarang berada di bawah pengawasan Naruto dan Konoha tidak akan memberikan begitu saja tanpa perlawanan. Segel Karma yang dimiliki Kawaki sebelumnya kini sudah menghilang, sejak Isshiki melakukan reinkarnasi setelah kalah dalam pertarungan melawan Kashin Koji.

Isshiki kemudian dengan mudah mengalahkan Kashin koji dan pergi ke Konoha untuk mencari Kawaki. Tapi, Isshiki disambut oleh Naruto dan Sasuke serta Boruto. Boruto sendiri berhasil membawa Isshiki menjauh dari Konoha dan pergi ke dimensi lain. Meskipun begitu, seperti yang diperlihatkan di chapter 50 kemarin, Isshiki nampaknya masih terlalu tangguh bagi Naruto dan Sasuke.

Satu-satunya harapan ada di tangan Boruto, dan baik Isshiki maupun Amado sendiri mengakui kehebatan Boruto. Tapi, bagaimana Boruto bisa mengalahkan Isshiki? Ada beberapa kemungkinan yang terjadi dalam pertarungan ini. Pertama, tubuh Boruto akan kembali diambil alih oleh Momoshiki seperti yang terjadi ketika Team 7 bertarung melawan Boro dari Kara.

Seperti yang kita ketahui, pada saat itu, Team 7 merasa kesulitan untuk menghadapi Boro. Namun tiba-tiba, Boruto bertransformasi ke dalam wujud yang dahsyat yang ternyata adalah proses pengambil alihan kendali tubuhnya oleh Momoshiki. Dan hasilnya adalah Boro berhasil dikalahkan dengan mudah dalam waktu yang relative singkat.

Dengan menggunakan kemampuan ini, setidaknya Boruto bisa memberikan perlawanan terhadap Isshiki. Tapi, bukankah ada aturan untuk tidak boleh membunuh sesama klan Otsutsuki kecuali jika mereka berkhianat? Sebenarnya, meskipun aturan tersebut ada, tapi pada kenyataanya tetap saja ada pelanggaran yang terjadi. Salah satu contoh nyatanya adalah perselisihan antara kedua anak Hagoromo, Indra dan Asura.

Mereka sepertinya tidak peduli dengan aturan itu, karena bagi Indra, yang paling penting dia bisa membalaskan dendamnya sejak lama yang cemburu terhadap sosok Asura. Kebencian ini terus berkembang sampai reinkarnasi selanjutnya. Memang, sampai saat ini, tidak pernah ada yang tewas dalam pertarungan tersebut. Tapi, hal ini membuktikan bahwa perselisihan diantara Otsutsuki bukan hal yang mustahil terjadi.

Kemungkinan cara yang kedua adalah dengan menyegel Isshiki. Geeks tentunya masih ingat momen epik ketika Naruto, Sasuke, dan Sakura bekerja keras untuk bisa mengalahkan Kaguya Otsutsuki. Meskipun pada awalnya terdengar mustahil, namun berkat chakra Six Path yang diberikan kepada Naruto dan Sasuke, akhirnya Kaguya berhasil dikalahkan.

Naruto & Minato Ultimate Supreme Rasengan Awesome Ever !!! Naruto Shippuden - YouTubeKaguya sendiri sebelumnya pernah juga disegel dengan cara yang sama ribuan tahun yang lalu. Pada saat itu, yang melakukannya adalah kedua anaknya, Hamura dan Hagoromo. Hamura dan Hagoromo menyegelnya dengan teknik Chibaku Tensei, dimana Kaguya disegel di dalam bulan yang dibuat oleh Hagoromo. Sampai kemudian Kaguya kembali dibangkitkan oleh Akatsuki.

Naruto dan Sasuke sendiri masih memiliki tanda bulan dan matahari, yang mana menjadi persyaratan untuk melakukan Chibaku Tensei. Dan dibandingkan dengan membiarkan Momoshiki mengambil alih tubuh Boruto, cara ini dianggap lebih masuk akal. Yang menjadi permasalahannya kemudian bagaimana mereka menyusun strategi agar Isshiki kemudian bisa diperangkap dalam segel tersebut. Meskipun Isshiki adalah sosok yang kuat, level kekuatannya sendiri berada di bawah Kaguya, yang mana artinya hal ini bisa dilakukan.

Cara terakhir yang mungkin bisa digunakan adalah menggunakan teknik Oyako Rasengan atau Rasengan antara orang tua (ayah) dan anak. Teknik ini sudah terbukti efektif untuk bisa mengalahkan dua anggota Otsutsuki lainnya, yaitu Momoshiki dan Urashiki. Teknik Rasengan ini dilakukan oleh Naruto dan Boruto sebelumnya.

Artinya, dengan sudah terbukti efektifnya teknik Oyako Rasengan ini, ada kemungkinan bahwa mereka bisa kembali menggunakan teknik ini. Teknik Oyako Rasengan sendiri bukan hanya pernah dilakukan oleh Naruto dan Boruto, tetapi juga pernah dilakukan oleh Naruto dan Minato saat mereka terjebak dan menghadapi sebuah lawan yang berat. Mungkin ini bisa menjadi cara efektif lainnya selain menyegel Isshiki.  Lalu, kira-kira teknik atau cara yang mana yang akan mereka gunakan? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.