Tidak diragukan lagi, Boruto Uzumaki adalah salah satu shinobi terhebat di generasinya. Kemampuan Boruto bahkan dianggap melebihi kemampuan sang ayah, Naruto Uzumaki, dimana di usianya yang masih muda seperti Boruto, Naruto bahkan belum menguasai teknik ninja apapun. Namun, sebaliknya, Boruto justru sudah banyak menguasai teknik ninja dan kemampuan lainnya yang bisa dibilang sangat dahsyat.

Meskipun Boruto dianggap sangat hebat, namun dia sendiri menganggap dirinya masih lemah. Hal ini bisa dilihat dari seri anime Boruto episode 168 kemarin, dimana Boruto kalah dari salah satu anggota Kara, Deepa. Dalam episode tersebut diperlihatkan bagaimana Boruto begitu frustasi menerima kekalahannya, dan menganggap dia perlu meningkatkan latihannya, terutama penggunaan Rasengan.

Perlu menjadi catatan bahwa Rasengan yang dimaksud Boruto bukanlah Rasengan biasa, melainkan Oodama Rasengan. Sempat meminta Sasuke untuk mengajarinya, namun Sasuke menolak dengan alasan dia bukanlah pengguna Rasengan. Dia pun menyarankan Boruto untuk berlatih bersama Hatake Kakashi. Sayangnya, permintaan Boruto ini juga ditolak Kakashi.

Kakashi beranggapan mengajarkan Boruto Oodama Rasengan adalah hal yang mustahil, karena chakra yang dimiliki Boruto tidak sebanyak milik Naruto (yang dibantu Kurama). Meskipun begitu, Boruto tetap bersikukuh untuk minta diajari, sampai akhirnya Kakashi pun luluh dan setuju. Akhirnya sesi latihan pun dimulai, dan sempat mengalami kesulitan untuk menciptakan Oodama Rasengan yang dia inginkan.

Teringat pesan dari adiknya, Himawari, akhirnya Boruto kemudian kembali semangat danyang luar biasanya adalah Boruto memang tidak menciptakan Oodama Rasengan. Tapi, Boruto justru menciptakan satu teknik Rasengan baru bernama Fuuton Rasengan. Berbeda dengan Rasengan pada umumnya, Fuuton Rasengan memiliki warna hijau dan daya hancurnya sendiri jauh lebih besar.

Kemampuan Boruto menciptakan teknik baru, yang dilakukan hanya dalam waktu satu hari sempat membuat Kakashi merasa terkejut. Tapi, di akhir latihan kemudian Kakashi mengakui bahwa kejeniusan dan kecerdasan Boruto dalam menciptakan sebuah jutsu dalam waktu yang sangat singkat, sangat mirip dengan sosok Hokage keempat yaitu Minato Namikaze yang merupakan ayah dari Naruto dan kakeknya.

Meskipun Boruto belum pernah bertemu dengan kakek dan neneknya, tapi Boruto sepertinya mewarisi hal luar biasa tersebut. Kemampuan Boruto tentunya belum sekuat Naruto atau bahkan Minato, dan masih ada banyak waktu bagi Boruto untuk terus berlatih dan mengembangkan kekuatannya agar kelak dia bisa menjadi sosok shinobi dahsyat yang bahkan melampaui ayahnya.

Namun, yang menjadi pertanyaan  kemudian setelah mewarisi kejeniusan dari Minato, apakah Boruto juga akan mewarisi teknik ninja lainnya dari Minato? Meskipun kecil kemungkinan Boruto memiliki kemampuan Hiraishin, tapi bukan tidak mungkin Boruto akan memiliki kemampuan yang mirip seperti Hiraishin, atau bahkan jauh lebih dahsyat dari ini. Lagipula, Boruto berhasil “memodifikasi” Rasengan yang merupakan hasil ciptaan Minato.

Selain Hiraishin, bukan tidak mungkin juga Boruto akan menicptakan modifikasi Rasengan lainnya dengan menggabungkan dari elemen lain. Kita nantikan saja ya Geeks bagaimana perkembangan kemampuan dan kekuatan Boruto selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.