Chapter 168 dari seri anime Boruto: Naruto Next Generation masih menjadi perhatian para fans dengan berbagai hal-hal menarik dalam ceritanya. Namun, tentunya yang paling menarik perhatian para fans dari episode tersebut adalah ketika Boruto berhasil menciptakan sebuah teknik Rasengan yang baru yaitu Fuuton Rasengan. Kemampuan Boruto ini benar-benar membuat Kakashi terkejut.

Seperti yang kita ketahui, sebelum Boruto memiliki/menciptakan teknik Fuuton Rasengan dia sebelumnya sudah memiliki kemampuan Rasengan lain yaitu Kieru Rasengan. Yang berbeda dari kedua jenis Rasengan yang diciptakan Boruto ini adalah jika Kieru Rasengan adalah gabungan chakra dengan sedikit elemen petir, maka Fuuton adalah gabungan antara chakra dan elemen angin.

Mengapa Boruto memasukan elemen petir adalah karena dia dilatih oleh Sasuke, yang sekarang menjadi gurunya. Sasuke dikenal sebagai shinobi yang menggunakan elemen petir. Terbukti berbagai teknik ninja yang dia kuasai seperti Chidori atau Kirin, adalah sebuah teknik yang berdasarkan elemen petir. Karena itulah wajar jika kemudian Boruto sedikitnya memiliki/menguasai elemen petir.

Lalu, yang menjadi pertanyaan besar adalah mengapa Fuuton Rasengan Boruto berbeda dengan Rasengan milik Naruto? Ada kemungkinan hal tersebut dikarenakan Boruto tidak memiliki imajinasi tentang bentuk senjata. Ketika Naruto menggunakan teknik Rasengan, dia terkadang memikirkan Rasengan tersebut berbentuk seperti senjata ninja yaitu Shuriken. Karena itulah Rasengan miliknya bisa berevolusi menjadi Rasenshuriken.

Seperti yang Boruto ucapkan kepada Kakashi bahwa dia tidak memiliki banyak pengalaman bertempur, bisa jadi juga faktor yang mempengaruhi hal itu. Mungkin Boruto belum bisa memiliki bayangan tentang bagaimana caranya merubah Rasengan miliknya menjadi bentuk senjata. Inilah mungkin alasan mengapa Fuuton Rasengan milik Boruto berwarna hijau dan milik Naruto berwarna biru.

Apa yang diperlihatkan oleh Boruto dalam episode 168 kemarin kemungkinan adalah bentuk “dasar” dari Fuuton Rasengan, yang artinya tidak ada evolusi atau apapun. Namun, ada hal menarik dari Fuuton Rasengan Boruto ini, dimana warnanya mirip dengan Rasengan yang pernah ditampilkan oleh Minato dalam film Naruto Shippuden The Movie: The Lost Tower.

Saat itu, Minato mencoba menggabungkan Rasengan miliknya dan milik Naruto yang kemudian menghasilkan Ultimate Rasengan. Dengan apa yang sudah dicapai oleh Boruto dengan Fuuton Rasengan miliknya, hal tersebut semakin memperkuat bahwa Boruto mewarisi kecerdasan dari Minato Namikaze.

Terlepas dari belum sempurnanya Rasengan milik Boruto, hal tersebut masih dimaklum karena Kieru Rasengan milik Boruto pun masih belum sempurna. Boruto masih memiliki banyak waktu untuk menyempurnakan dan semakin memperkuat teknik Rasengan miliknya. Dan mungkin kedepannya kita akan melihat bagaimana bentuk “evolusi” dari Fuuton dan Kieru Rasengan milik Boruto tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.