Siapa yang tidak kenal dengan sosok Monkey D. Dragon. Dragon adalah anak dari pahlawan angkatan laut, Monkey D. Garp, ayah dari calon raja bajak laut masa depan, Monkey D. Luffy, pemimpin Pasukan Revolusi, musuh bagi kaum naga langit, ancaman terbesar bagi Pemerintah Dunia, dan manusia paling dicari di seluruh dunia.

Dengan reputasinya tersebut, wajar tidak akan ada orang yang tidak merinding ketika mendengar nama Dragon. Kebencian Dragon terhadap Pemerintah belum benar-benar dijelaskan secara detail dan gamblang. Namun, para fans sendiri percaya bahwa kebencian Dragon terhadap Pemerintah Dunia diakibatkan oleh berbagai hal dan aturan yang mereka buat, yang justru merugikan dan membuat sengsara banyak orang.

Jika memang itu alasannya, bagaimana dengan para bajak laut? Banyak bajak laut yang sangat jahat dan mereka melakukan hal yang buruk di seluruh dunia One Piece. Contohnya Arlong menghancurkan desa Nami, Crocodile mencoba menguasai Alabasta, Blackbeard menyerang Drum Islands, Doflamingo berusaha untuk menghancurkan seluruh dunia ini.

Jika memang hal-hal buruk atau kejahatan yang menjadi alasan sebenarnya dibalik kebencian Dragon terhadap Pemerintah Dunia, lalu mengapa dia juga tidak membenci para bajak laut? Bukankah mereka juga melakukan hal yang sangat buruk? Ataukah justru kebencian Dragon terhadap Pemerintah Dunia justru memiliki permasalahan yang jauh lebih mendalam?

Kemungkinan tato yang ada di wajahnya bisa jadi petunjuk untuk hal ini. Pertanyaan yang masih belum terjawab sampai saat ini adalah mengapa Dragon memutuskan untuk mentato wajahnya? Apakah ada makna khusus dari tato yang ada di wajahnya? Padahal di awal kemunculannya kita melihat Dragon sama sekali tidak memiliki tato. Bisa jadi itu bukanlah tato biasa, melainkan tato para penduduk suku Shandia.

Selain Dragon, ada dua karakter lain yang memiliki tato serupa dalam cerita One Piece yaitu Calgara dan Wiper. Patut untuk diingat bahwa tato dari Calgara dan Wiper sedikit berbeda, meskipun mereka berasal dari suku yang sama. Ada kemungkinan bahwa tato milik Dragon ada kaitannya dengan nenek moyangnya. Dragon kemungkinan berasal dari wilayah Shandia.

Bisa jadi, Dragon sebenarnya sudah mempelajari dan mengetahui apa yang terjadi ketika abad yang hilang dan dia juga mungkin sudah mengetahui tentang origin dari klan D. Meskipun Dragon kemungkinan hanya mempelajarinya sedikit saja, Dragon kemudian sangat membenci seluruh kerajaan yang kemudian menghancurkan nenek moyangnya. Dan Dragon kemudian memutuskan untuk menandai wajahnya secara permanen untuk menghormati nenek moyangnya dan sebagai perwujudan perjuangannya untuk membalas dendam.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.