Karma adalah sebuah kekuatan yang bisa digunakan oleh anggota klan Otsutsuki. Kemampuan Karma akan membuat anggota Otsutsuki menyegel tubuh milik seseorang dan kemudian menggunakannya sebagai wadah dari Otsutsuki. Saat ini Karma menjadi salah satu pusat cerita di series Boruto. Diketahui ada beberapa karakter yang memiliki tanda ini, salah satunya adalah sang protagonis utama, Boruto.

Baru-baru ini, sebagian besar misteri dari karma diungkapkan kepada para fans. Semuanya berkat penjelasan yang dilakukan oleh mantan ilmuwan Kara, Amado. Dan sejauh ini, Boruto sudah menunjukan beberapa kemampuan dahsyat yang bisa dia lakukan dengan kemampuan Karma yang dia miliki. Apa saja? berikut adalah pembahasannya.

Penyerapan Ninjutsu

Meskipun Karma adalah kemampuan yang sangat berbahaya bagi penggunanya, kekuatan ini juga mampu memberikan sesuatu yang dahsyat yang bisa digunakan ketika diperlukan. Salah satu kemampuan paling dasar dari Karma adalah penyerapan teknik ninjutsu berbasis kekuatan chakra. Namun, ada beberapa pengecualian yang tidak bisa diserap oleh Karma, misalnya kemampuan lain yang berasal dari elemen yang asli.

Saat pertarungan melawan Isshiki, Kashin Koji sempat mengeluarkan kemampuan api miliknya, namun kemampuan tersebut terbukti ampuh menghadapi Isshiki karena api yang dikeluarkan berasal dari api asli dan bukan jutsu. Kemampuan ini sendiri bisa digunakan oleh Kawaki dan Boruto, karena mereka memiliki Karma Otsutsuki.

Saling Terhubung

Dalam beberapa kejadian, terdapat sebuah momen yang tidak diduga seperti terbukanya portal menuju dimensi lain. Hal ini sendiri kemungkinan diakibatkan oleh adanya koneksi dari segel Karma antara milik Boruto dan Kawaki. Seluruh kekuatan dari anggota klan Otsutsuki memang diketahui saling terhubung.

Sejauh ini, memang yang lebih menguasai kemampuan dan teknik Karma adalah Kawaki. Boruto memang belum terlalu paham tentang apa yang terjadi di tubuhnya. Semuanya dikendalikan oleh sang Otsutsuki sendiri, Momoshiki. Mungkin kedepannya Boruto akan mampu untuk mengendalikan kekuatan tersebut, seperti halnya Kurama dalam diri Naruto.

Ninjutsu Ruang dan Waktu

Kekuatan dahsyat lainnya dari Karma adalah membuat penggunanya untuk bisa melakukan semacam ninjutsu ruang dan waktu, dan mampu melewati apapun. Jigen sendiri memiliki akses untuk bisa pergi ke berbagai dimensi ketika dia menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Boruto sendiri dalam chapter terbaru kemarin, berhasil mempraktikan hal ini dengan membuka sebuah portal yang membawa Isshiki menjauh dari Konoha.

Banyak yang menduga bahwa kekuatan Boruto saat ini masih sangat lemah, dan apa yang dia praktikan kemarin sebenarnya ada kaitannya dengan “gesekan” atau adanya resonansi antara kekuatan milik Momoshiki dan kekuatan milik Isshiki. Namun, meskipun begitu, Isshiki sendiri terkejut bagaimana Boruto mampu melakukan teknik ini.

Menyerap Chakra

Kemampuan ini sebenarnya sama dengan kemampuan Rinnegan, dimana Karma akan membuat penggunanya mampu mencuri/mengambil chakra secara langsung dari tubuh orang lain. Kekuatan ini baru diperlihatkan sekali sejauh ini di seriesnya dan pada saat itu digunakan oleh Boruto untuk meminjam chakra milik Naruto demi mengalahkan Boro.

Kekuatan ini juga sangat berguna sebagai pengganti chakra yang hilang dari si penggunanya, dan selain itu di sisi lain kemampuan ini bisa menguras chakra musuh. Inilah salah satu kemampuan dari Karma yang membuat kekuatan ini menjadi sangat ditakuti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.