Sanji dan Zoro merupakan dua orang terkuat di kru Topi Jerami selain Luffy. Mereka bertiga sering kali disebut sebagai trio monster dari kru Topi Jerami. Untuk masalah kekuatan, kita sudah tahu bagaimana level kekuatan Luffy. Dia memiliki kemampuan Haki dan juga kemampuan buah iblis Gomu Gomu, dimana dia bisa berubah menjadi manusia karet terkuat.

Namun, berbeda dengan Luffy, untuk Sanji dan Zoro mereka berdua tidak memiliki kemampuan buah iblis. Mereka hanya mengandalkan kemampuan Haki Armament dan Haki Observasi. Ditambahkan juga kemampuan bertarung yang sudah dilatih selama bertahun-tahun, baik sebelum maupun saat mereka bergabung di kru Topi Jerami. Tapi, bagaimana jika kemudian mereka berdua juga memiliki kemampuan buah iblis?

Meskipun belum ada konfirmasi, Eiichiro Oda sudah memberikan petunjuk tentang buah iblis yang dimiliki oleh keduanya, bahkan sejak arc Water 7. Zoro diperlihatkan mampu mempraktikan teknik Asura Ichibugin dalam pertarungannya melawan Kaku. Ketika melakukan hal ini, tentunya Zoro tidak benar-benar menjadi sosok Asura karena tubuhnya tidak bisa bertransformasi menjadi sosok Asura.

Kemudian dalam pertarungan Sanji melawan salah satu anggota CP-9, Jabra, dimana Sanji memperlihatkan kemampuan Diable Jambe miliknya. Nama Diable sendiri kemungkinan besar diadaptasi dari sosok “diablo” atau iblis dalam kebudayaan hispanik. Ketika mengakses kemampuan ini, kekuatan Sanji benar-benar meningkat drastis, bahkan kecepatan serangannya juga sangat meningkat.

Oda Sensei dikenal sebagai mangaka yang sering kali memberikan petunjuk mengenai apa yang akan terjadi di dalam cerita, atau apa yang akan terjadi kepada para karakternya, sejak awal cerita tersebut muncul. Karena hal inilah ada kemungkinan bahwa Oda Sensei akan memberikan kemampuan buah iblis kepada mereka berdua, mungkin di akhir atau menjelang akhir pertempuran di Onigashima.

Lalu, apa nama buah iblisnya nanti? Meskipun masih belum diketahui, mungkin buah iblisnya akan sesuai dengan nama serangan mereka. Asura Asura no Mi akan menjadi milik Roronoa Zoro dan Diablo Diablo no Mi akan menjadi milik Sanji. Kedua buah iblis tersebut bisa jadi adalah bertipe Mythical Zoan. Kedua buah tersebut mampu merubah Sanji dan juga Zoro menjadi sosok iblis.

Kemampuan mereka tentunya akan meningkat tajam setelah mengkonsumsi buah iblis ini, dan juga Zoro serta Sanji akan memaksimal kemampuan buah iblis tersebut sampai pada titik puncaknya. Apalagi, di Wano saat ini mereka akan menghadapi banyak musuh kuat, seperti kedua Calamities (Jack sudah tumbang oleh kedua pemimpin suku Minks) dan juga mereka harus menghadapi dua Yonko sekaligus.

Banyak teori yang berkaitan dengan mata Zoro yang berwarna merah menyala ketika dia melakukan sesuatu hal yang mengerikan, seperti mengakses Asura. Ketika mata tersebut diaktifkan, musuh Zoro tidak akan bisa berbuat banyak karena mereka seolah akan terbawa ke neraka, dan di dalam otak para korbannya, mereka sudah tewas. Mirip seperti apa yang terjadi kepada Monet.

Bagaimana dengan Sanji? Sanji juga tentunya akan mendapatkan peningkatan kemampuan, meskipun kemungkinan perubahan fisik tidak akan terjadi. Ketika buah iblisnya diaktifkan, kaki milik Sanji akan sepanas api neraka yang mana nantinya akan mampu melelehkan apapun yang dia injak. Dengan kemampuan ini juga Sanji bisa memasak makanan dengan waktu yang relatif singkat.

Meskipun Zoro dan Sanji sendiri sudah kuat saat ini, mungkin akan lebih baik jika mereka memiliki kemampuan buah iblis demi menghadapi musuh yang jauh lebih berat dan lebih banyak kedepannya. Nasib Luffy sebagai seorang bajak laut, selain karena usahanya juga dukungan dari teman-temannya/krunya. Kru Topi Jerami tentunya akan menjadi kru paling kuat dan hebat di akhir cerita. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Oda Sensei memang akan memberikan buah iblis kepada Sanji dan Zoro.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.