Monkey D. Luffy adalah karakter utama dalam series karya Eiichiro Oda, One Piece. Mimpi Luffy adalah menjadi seorang raja bajak laut dan menemukan keberadaan One Piece. Sedari awal, kita sudah melihat bagaimana perjuangan Luffy untuk mewujudkan mimpinya tersebut. Dia harus melawan angkatan laut, melawan pasukan zombie, bahkan harus menghadapi kakeknya sendiri.

Memang tidak mudah bagi Luffy untuk kemudian berada di posisi saat ini, menjadi sosok bajak laut yang banyak diperbincangkan orang-orang. Dengan terlibat dalam berbagai peristiwa, seperti dalam arc Ennies Lobby dan juga menyusup ke Impel Down, Luffy perlahan mulai mendapatkan tanggapan serius dari angkatan laut. Namun, pihak Pemerintah Dunia sendiri masih belum menanggapi serius.

Luffy dan kru Topi Jerami kemudian sempat mengalami time-skip selama dua tahun, dimana Luffy dan yang lain berlatih di tempat yang berbeda. Selama dua tahun tersebut, mereka mencoba meningkatkan kekuatan dan kemampuan mereka setelah mereka sadar bahkan ada musuh yang lebih kuat di New World dan di masa depan nanti.

Luffy memang berubah menjadi sosok yang lebih kuat, begitu juga para kru yang lain. Tapi, disadari atau tidak, dalam beberapa arc, Oda Sensei justru memperlihatkan sosok Luffy seperti sosok yang lemah jika dibandingkan dengan musuh-musuhnya pasca time-skip tersebut. Misalnya dalam arc Dressrosa, Luffy sempat kalah oleh Doflamingo sebelum kemudian dia berhasil menang setelah bekerja sama dengan Trafalgar Law.

Kemudian, dia juga sempat kalah dalam pertarungan melawan Charlotte Cracker dan Katakuri, sebelum kemudian pada akhirnya bisa menang. Dan yang terakhir adalah Luffy berhasil dikalahkan oleh salah satu Yonko yaitu Kaido.

Kaido sendiri menyebutkan bahwa dia memiliki ambisi untuk juga bisa menemukan keberadaan One Piece, yang artinya dia juga memiliki ambisi untuk menjadi seorang raja bajak laut. Karena itulah, Luffy tentu harus bisa mengalahkannya dalam pertarungan final nanti, demi mengalahkan satu lagi pesaing untuk menjadi raja bajak laut. Lalu, apakah pasca pertarungan melawan Kaido nanti “peran” Luffy akan berubah? Apakah Luffy akan menjadi ancaman seluruh dunia?

Big Mom sendiri tertawa dan bahkan meremehkan kemampuan Luffy. Saat arc Whole Cake Island, Luffy bahkan kabur saat pertarungan melawan Big Mom. Kizaru pun sama, meskipun dia sekarang tahu potensi yang dimiliki Luffy tapi rasanya dia menganggap dirinya masih lebih unggul dibanding Luffy. Sama halnya dengan Sakazuki, yang bahkan jauh lebih kuat dibanding Kizaru.

Inilah yang menjadi salah satu pertanyaan dari banyak fans. Apakah Luffy kemudian mampu mengalahkan sosok kuat tersebut? Ataukah semuanya akan tetap sama? Pertarungan melawan Kaido kali ini, rasanya akan menjadi ajang pembuktian bagaimana tangguhnya sosok Luffy dengan mengalahkan makhluk paling kuat di dunia. Dimana, semua orang bertaruh Luffy tidak akan pernah bisa mengalahkan Kaido. Bahkan sejauh ini pun masih belum ada orang yang bisa mengalahkannya, selain Oden.

Dengan mengalahkan Kaido, semua orang akan tersadar betapa berbahayanya sosok Luffy. Big Mom, Kizaru, Akainu, Teach, dan bahkan Im Sama akan tersadar bahwa Luffy kini sudah mengalami peningkatan kekuatan yang dahsyat, bahkan kekuatannya sekarang setara dengan mereka, sehingga ia dirasa mampu untuk mengalahkan Kaido. Dan mereka yang awalnya meremehkan Luffy, seperti Big Mom, mungkin kemudian akan mulai serius dalam menghadapi Luffy dan yang lain.

Pasca kekalahan Kaido oleh Luffy, mungkin Pemerintah Dunia dan angkatan laut tidak akan lagi berleha-leha atau membiarkan Luffy bertindak seenaknya. Akan ada sebuah gebrakan yang menjadi penghalang Luffy untuk terus bergerak menuju Laugh Tale. Mungkin di arc selanjutnya, kita sudah tidak akan lagi melihat sosok yang “lemah” melainkan sosok karakter yang kuat, yang kembali akan menguji kekuatan dari Luffy.

Satu hal yang pasti, setelah Luffy berhasil mengalahkan Kaido, Luffy akan dianggap sebagai ancaman besar dunia. Baik angkatan laut maupun Pemerintah Dunia akan semakin waspada dengan sosok Luffy. Luffy, yang selama ini “diremehkan” karena kekuatannya yang belum terlalu meningkat, rasanya akan menjadi orang terakhir yang tertawa. Atau, seperti yang biasa diperlihatkan dalam cerita Shonen, dialah yang akan menjadi sosok paling kuat diantara yang lain, pada akhirnya. Kita nantikan saja ya Geeks momen dimana Luffy menjadi ancaman besar dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.