Selain Devil Fruit, Haki adalah salah satu unsur kekuatan di cerita One Piece. Di dunia One Piece, ada tiga jenis Haki yaitu Armament Haki, Observation Haki, dan Conqueror Haki. Kemampuan Haki bisa dibilang lebih penting dari sekedar Devil Fruit. Bahkan, jika seorang karakter memiliki kekuatan Haki, bisa dibilang jika dirinya telah memiliki level kekuatan diatas orang biasa. Namun, ada pula karakter yang bisa menguasai dan menggunakan ketiga jenis Haki tersebut sekaligus. Siapa saja?

Donquixote Doflamingo

Karakter pertama yang mampu menguasai 3 haki sekaligus adalah Doflamingo. Ia mampu menggunakan Haoshoku Haki untuk mengalahkan para pasuka angkatan laut di G-5 Punk Hazard. Kemampuan Haoshoku Hakinya pertama kali bangkit ketika dia berusia sekitar sepuluh tahun, ketika dia sedang dikejar oleh para masyarakat North Blue yang mencoba untuk menyiksa keluarganya sebagai bentuk balas dendam. Mengalahkan mereka semua dan dia pun selamat.

Selain mampu menggunakan Haoshoku Haki, kemampuan Busoshoku Haki miliknya pun sangat luar biasa. Bahkan, kemampuan Hakinya tersebut mampu untuk melawan jurus Room yang menjadi andalan Law. Tapi, dia tetap masih tidak menahan ketajaman dari pedang milik Law dan tangannya pun tersayat ketika menangkap pedang tersebut. Doflamingo juga memiliki kemampuan Kebunshoku Haki.

Charlotte Katakuri

Katakuri adalah karakter yang sudah menguasai kemampuan Haki Kebunshoku dengan membawanya ke level yang lebih tinggi. Hal itu membuat Katakuri bisa melihat ke masa depan. Wajar jika dia kemudian mampu menerka gerakan musuhnya, sehingga dia pun tidak pernah kalah dalam setiap pertarungan. Haki Bushoshoku yang dimiliki oleh Katakuri juga tidak kalah kuat.

Dia mengeraskan kaki mochinya dengan Haki tersebut demi melukai Luffy. Ketika Hakinya difokuskan kepada satu titik saat dia melakukan serangan Zan Giri Mochi, Haki Katakuri akan berubah menjadi mirip seperti api atau ketika Luffy mengaktifkan Gear 4. Haoshoku Haki miliknya juga pernah ditunjukan ketika Charlotte Flampe dan anak buahnya mencoba untuk menganggu pertarungannya melawan Luffy.

Shanks

Sama seperti Charlotte Linlin alias Big Mom, Shanks juga sudah meningkatkan kemampuan ketiga jenis Haki yang dia kuasai. Bahkan, ketika dia mengunjungi kapal Whitebeard sang kapten kapal tersebut memuji kekuatan Haki Shanks. Kemampuan terbesar Shanks ada di Haoshoku Hakinya. Bukti kedahsyatan dari kekuatan Haoshoku Haki shanks adalah sebagian kapal Moby Dick yang bergertar dan retak.

Kemampuan Busoshoku Haki Shanks pun tidak kalah dahsyatnya dan dibuktikan ketika dia bisa dengan mudah menahan serangan pukulan Magma milik Sakazuki, yang dapat dengan mudah melukai orang-orang seperti Jinbe, Ace, bahkan Whitebeard. Sebenarnya, Shanks juga memiliki kemampuan Kebunshoku Haki meskipun sampai saat ini rasanya masih belum dia gunakan.

Silvers Rayleigh

Rayleigh diketahui merupakan sosok yang sudah menguasai seluruh jenis Haki, dan bahkan melatih Luffy untuk menggunakan kekuatan Haki yang dia miliki. Conqueror Haki miliknya mampu membuat lawan jatuh pingsan dan tidak sadarkan diri, tapi dia bisa mengarahkan targetnya secara spesifik. Dia mampu melakukan hal tersebut tanpa mempengaruhi orang-orang di sekitarnya.

Kemampuan Busoshoku/Armament Hakinya pun sangat dahsyat dimana dia mampu menyentuhi wujud asli dari para pengguna buah iblis juga mampu menyentuh apapun perlindungan mereka. Dia pernah menggunakan kekuatan tersebut untuk menendang Kizaru di Sabaody. Kebunshoku/Observation Haki miliknya juga tidak kalah dahsyat. Dengan kekuatannya ini dia mampu merasakan emosi dan juga lingkungan sekitarnya. Dia juga mampu merasakan aura kekuatan seseorang dari jarak jauh bahkan dia bisa menghitung jumlah penghuni seluruhnya.

Whitebeard

Edward Newgate alias Whitebeard merupakan orang yang dikenal sebagai manusia paling kuat di dunia dan orang yang paling dekat dengan One Piece, setelah Gol D. Roger tewas. Kemampuan Haoshoku Hakinya dia tunjukan ketika bertarung melawan rivalnya yaitu Gol D. Roger. Haoshoku Haki mereka berdua yang beradu sampai-sampai membuat langit terbelah dan memunculkan badai serta ombak yang besar.

Kemampuan Busoshoku Haki yang dimiliki Whitebeard sendiri dilapisi pada senjata andalannya yaitu Murakumogiri, yang mampu menahan serangan Enma dan Ame no Habakiri. Level Busoshoku Haki Whitebeard sudah sampai pada munculnya aura api hitam di ujung Murakumogiri dan mampu memunculkan Haki dari jarak dekat, yang memunculkan gelombang besar. Di masa keemasannya, kemampuan Kebunshoku Haki Whitebeard tidak diragukan lagi, contohnya dia tidak bergerak ketika Crocodile hendak menyerangnya karena tahu Luffy akan melindunginya. Tapi, dengan kesehatannya yang terus memburuk dia tidak bisa memprediksi serangan Squard.

 

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
3