Isshiki Otsutsuki membuktikan dirinya yang sebenarnya. Dia membuktikan betapa kuatnya seorang Otsutsuki. Saat pertarungan melawan Kashin Koji pun Isshiki mampu menang dengan mudah, tanpa terluka sedikit pun – terlepas dari kekalahannya saat dia menggunakan sosok Jigen. Dan akhirnya Isshiki pun pergi ke Konoha untuk mencari keberadaan Kawaki, wadah yang dianggap sempurna untuk menampung kekuatannya.

Tapi, tentunya para shinobi Konoha tidak tinggal diam. Atas arahan dari Amado, Naruto memerintahkan Shikamaru untuk mengevakuasi seluruh penduduk Konoha dan juga menyembunyikan sosok Kawaki bersama Amado. Sementara itu, Naruto dan Sasuke mencoba untuk menahan dan mengalahkan Isshiki, seperti yang diucapkan oleh Amado.

Namun, ada kejutan di chapter 49 kemarin. Sasuke ternyata berbicara hal penting dan besar kepada Boruto. Sasuke mengakui bahwa dirinya dan Naruto tidak akan sanggung menghadapi Isshiki. Sasuke sendiri mengaku bahwa saat menghadapi Jigen pun mereka sangat kesulitan. Karena itulah mau tidak mau Sasuke terpaksa harus memanfaat kekuatan dari Boruto, terutama kemampuan Karma yang ada dalam tubuhnya.

Setelah mendengar penjelasan dari Amado – dan juga pengetahuannya tentang Karma – Sasuke paham bahwa Boruto bisa menjadi senjata untuk mengalahkan Isshiki. Seperti yang kita tahu, Boruto merupakan wadah bagi Momoshiki Otsutsuki. Dan pada saat Boruto bersama yang lain berusaha untuk menyalamatkan Naruto, segel Karmanya mulai beraksi.

Momoshiki ternyata bisa mengambil alih tubuh Boruto, meskipun kemudian Momoshiki mengembalikan kesadaran Boruto. Tapi, hasil dari momen tersebut sangat luar biasa dimana Boruto (Momoshiki) sanggup mengalahkan musuh kuat sekalipun. Hal inilah yang coba dimanfaatkan oleh Sasuke. Dengan kekuatan Otsutsuki dalam diri Boruto, setidaknya Boruto bisa mengimbangi kekuatan dari Isshiki.

Dan hal ini terbukti di chapter 49 kemarin, dimana Boruto mampu menghajar Isshiki dan membawanya pergi menjauh dari Konoha dengan menggunakan portal teleportasi. Meskipun belum diperlihatkan bagaimana peran Boruto dala pertarungan melawan Isshiki, tapi bisa dipastikan bahwa dirinya memiliki kemampuan untuk bisa mengalahkan Isshiki.

Sasuke sendiri mengatakan, dia sendiri yang akan menghentikan Boruto – bahkan dia siap membunuhnya – jika kemudian Boruto diluar kendali pada saat Momoshiki mengambil alih tubuhnya. Dari sinilah kita tahu bahwa Sasuke sudah mengetahui jawabannya. Dia sadar bahwa dirinya dan Naruto tidak akan sanggup mengalahkan Isshiki seperti yang diungkapkan Amado.

Borutolah yang sanggup mengalahkan Isshiki, setidaknya Boruto memberikan banyak bantuan sebelum Naruto dan Sasuke menghabisi Isshiki. Naruto mungkin tidak akan pernah setuju akan keputusan ini, tapi pada akhirnya dia pasti akan paham karena tidak ada jalan lain.

Secara kekuatan, memang Isshiki lebih unggul dibandingkan Momoshiki, tapi bukan berarti Momoshiki tidak bisa menang. Apalagi, bisa dibilang kali ini Isshiki melawan tiga orang sekaligus. Pada intinya, pertarungan melawan Isshiki kali ini adalah pertarungan antara Otsutsuki melawan Otsutsuki (ditambah dua shinobi Konoha). Kita akan melihat bagaimana Momoshiki mengambil alih tubuh Boruto untuk kemudian bertarung melawan Isshiki.

Pertarungan antara Momoshiki dan Isshiki ini kemudian memunculkan pertanyaan, apakah hal ini akan kembali terjadi di masa depan? Mungkin, dalam pertarungan kali ini bisa jadi Isshiki kalah. Dan mau tidak mau dia pun mundur, dan mencari waktu yang tepat untuk membujuk Kawaki menjadi wadahnya. Seperti yang dibahas dalam artikel sebelumnya, Kawaki memang saat ini sudah berubah menjadi baik, tapi bisa jadi dia kembali terpengaruh oleh Isshiki dan kembali menjadi jahat.

Mungkin hal ini akan menjadi jembatan bagi pertarungan epik dan mematikan, seperti yang kita lihat di awal seri Boruto: Naruto Next Generation. Kita nantikan saja ya Geeks kelanjutan pertarungan melawan Isshiki di chapter selanjutnya!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.