Klan Uchiha merupakan salah satu klan terkuat dalam cerita Naruto. Klan Uchiha juga termasuk klan yang terpandang di Konoha. Mereka memiliki sejarah yang panjang sama halnya dengan klan besar lain. Klan Uchiha banyak menghasilkan shinobi-shinobi kuat Konoha, yang berasal dari klan ini. Meskipun begitu, klan Uchiha sendiri memiliki masa lalu yang kelam.

Klan mereka dibantai habis oleh Itachi Uchiha. Akibat peristiwa mengerikan tersebut, Sasuke menjadi satu-satunya yang tersisa dari klan tersebut. Namun, semenjak Sasuke menikah dengan Sakura dan memiliki seorang anak, regenerasi klan Uchiha pun dimulai. Dan berikut adalah daftar anggota dari klan Uchiha terkuat.

Sarada Uchiha

Sarada Uchiha merupakan putri semata wayang dari Sasuke dan Sakura. Dia merupakan salah satu karakter utama dalam series Boruto: Naruto Next Generation. Sama seperti ayahnya, Sarada merupakan sosok shinobi yang bertalenta besar dan dia juga lebih kuat dibandingkan genin-genin lain di usianya. Sarada berhasil membangkitkan Sharingan di usianya yang masih muda, sama seperti ayahnya.

Sarada juga memiliki kemampuan untuk mengendalikan chakra yang membuatnya mampu meningkatkan kemampuan chakra yang dia miliki. Kemampuan ini tentunya merupakan kemampuan tertinggi dari pengendalian chakra. Sarada memiliki mimpi suatu saat nanti dia akan menjadi Hokage atau pemimpin di desa Konoha, sama seperti rival ayahnya, Naruto Uzumaki.

Sakura Uchiha

Sebelum mengubah nama belakangnya menjadi Uchiha, Sakura memiliki nama lengkap Haruno Sakura. Setelah dia menikah dengan Sasuke, dia pun kemudian mengganti namanya dengan nama Uchiha. Sakura sudah tumbuh menjadi seorang kunoichi yang sangat kuat dan mampu diandalkan, padahal pada saat dia seumuran Naruto, Sakura hanyalah seorang shinobi yang menyebalkan dan cenderung lemah.

Sakura sendiri dulunya merupakan salah satu anggota dari Team 7 lama. Sakura juga ahli dalam menggunakan jutsu Strength of a Hundred Seal, sebuah jutsu yang mampu memberikan Sakura kemampuan untuk mengendalikan chakra yang membuat serangannya semakin kuat dan mengerikan. Berkat Tsunade, Sakura kini menjadi sosok ninja medis yang sangat hebat.

Uchiha Madara

Madara merupakan Uchiha pertama di klannya dan menjadi pemimpin pertama klan Uchiha, bersama dengan Izuna. Meskipun dia adalah rival dari Hashirama Senju, bersama dengan Hashirama dia membangun desa Konoha. Madara merupakan orang pertama yang mempraktikan Mangekyou Sharingan. Dia menggunakan kemampuan tersebut untuk mengalahkan Hashirama.

Sayangnya, Madara masih kalah dari Hashirama. Madara kemudian mencari kekuatan lainnya. Setelah menyaksikan saudaranya tewas, dia pun mengambil matanya untuk membangkitkan Eternal Mangekyou Sharingan. Dengan menggunakan kemampuannya ini, Madara mampu membangkitkan kemampuan untuk mengendalikan Susano’o secara penuh.

Menariknya, meskipun dia merupakan orang pertama yang mendapatkan Mangekyou Sharingan, tetapi tidak diketahui apa kemampuannya. Madara juga berhasil mencuri sel dari Hashirama dan kemudian membangkitkan Rinnegan. Sebelum dia tewas, Madara memberikan Rinnegan miliknya kepada Nagato.

Sasuke Uchiha

Sasuke Uchiha merupakan satu-satunya yang terisa dari pembantaian klan Uchiha oleh Itachi. Sasuke tumbuh dengan rasa benci yang mendalam kepada kakaknya tersebut. Pada saat itu, Sasuke masih mengira bahwa Itachi membunuh seluruh klan Uchiha dengan sengaja, tanpa ada alasan tertentu. Namun, ketika akhirnya Sasuke mencoba membalas dendam, dia akhirnya tahu fakta yang sebenarnya.

Sasuke juga merupakan satu-satunya shinobi yang mampu menandingi kekuatan Naruto dalam sebuah pertarungan. Sasuke sudah berkembang menjadi seorang shinobi yang sangat luar biasa saat ini, bahkan kecerdasannya melebihi Naruto. Dibandingkan keluarga Uchiha lainnya, Sasuke bisa dibilang merupakan pengguna Mangekyou Sharingan terkuat di series Naruto.

Indra Otsutsuki

Anak pertama dari Hagoromo Otsutsuki, Indra Otsusuki, merupakan seorang shinobi jenius yang mampu melampaui apapun. Indra juga merupakan nenek moyang dari klan Uchiha. Indra Otsusuki mewarisi chakra kuat milik ayahnya, dan juga kemampuan Sharingannya. Terkadang, Indra juga mampu membangkitkan kemampuan Mangeyou Sharingan miliknya, meskipun tidak diketahui kemampuan sebenarnya.

Di animenya, diperlihatkan bahwa Indra mampu menggunakan Amaterasu, tapi di manganya dia tidak memiliki kemampuan ini. Namun, Indra memiliki kemampuan untuk mengendalikan seluruh tubuh Susano’o tanpa harus membuka Eternal Mangekyou Sharingan, yang mana merupakan sesuatu hal yang luar biasa. Dia bahkan cukup kuat untuk bisa bertarung melawan Ashura dalam pertempuran (meskipun pada akhirnya dia kalah).

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.