Banyak fans yang menyebutkan bahwa kru bajak laut Topi Jerami adalah salah satu kru bajak laut terkuat dalam cerita One Piece. Namun, sebenarnya jika dilihat dari apa yang terjadi selama ini – khususnya sebelum time-skip – yang lebih banyak berkontribusi bagi tim hanyalah Luffy, Zoro, dan Sanji. Anggota lain memang memberikan juga kontribusi, tapi jika dibandingkan dengan trio monster tersebut tentu rasanya jauh.

Nami, Usopp, dan Chopper hanya sesekali saja terlibat dalam pertarungan dan sisanya mereka lebih banyak menunggu di kapal atau berlari kesana kemari. Tapi, tentunya itu dulu. Lain dengan saat ini, khususnya pasca time-skip. Selama dua tahun, kru Topi Jerami terpisah di berbagai tempat. Sempat disangka menghilang dan sudah mati, padahal mereka semua berlatih demi meningkatkan kekuatan mereka.

Meskipun kita melihat bagaimana perkembangan kekuatan kru Topi Jerami pasca time-skip, tetap saja yang paling signifikan perubahannya adalah tiga kru Topi Jerami yaitu Luffy, Sanji, dan Zoro. Tapi, seiring petualangan dan pengalaman yang mereka hadapi sepertinya perlahan kekuatan mereka mulai meningkat tajam. Hasil latihan selama dua tahun mulai membuatkan hasil.

Dan di chapter 989 kemarin menjadi bukti bagaimana pada akhirnya kita diperlihatkan kualitas dari kru Topi Jerami yang bisa dibilang sudah setara dengan kru seorang Yonko. Mereka tidak lagi takut atau menghindari pertarungan secara langsung seorang Yonko atau para komandannya. Mereka justru mendatangi mereka dan menantang mereka untuk bertarung.

Franky, Brook, Jinbe, Robin, Zoro, dan Sanji melakukan serangan terhadap Big Mom atau terhadap para Calamities dari Yonko Kaido. Mereka tidak lagi takut atau merasa kemampuan mereka dibawah para komandan Yonko tersebut. Para kru Topi Jerami bertarung di level yang sama dengan para villain di Wano tersebut. seperti yang disebutkan oleh Franky, mereka sadar bahwa kemampuan mereka tidak lagi seperti dahulu. Mereka sekarang bisa mengimbangi kekuatan para Yonko.

Masing-masing anggota kru, membuktikan bahwa sebagai sebuah tim mereka bisa berada di level yang sama dengan para kru Yonko dan mereka tidak lagi mengandalkan kemampuan Luffy. Dan dunia saat ini melihat kru Topi Jerami seperti itu. Para samurai Wano menjadi saksi bagaimana mereka membuktikan kehebatannya.

Salah satu contoh nyata dari pembahasan ini adalah bagaimana Franky tidak ragu, untuk menyerang Big Mom dengan motornya. Sebelumnya, Usopp dan Chopper juga sempat menembak wajah Big Mom dengan tank buatan Franky.  Kemudian Sanji, yang dibantu Raid Suit, mampu setidaknya menahan serangan dari King.

Saat ini, kru Topi Jerami sedang berkumpul bersama dan baik King ataupun Queen menganggap mereka sebagai ancaman. Mereka tidak lagi melihat Luffy sebagai seorang penjahat biasa, yang beruntung bisa mencapai Onigashima. Pembuktian yang sesungguhnya baru akan kita lihat di chapter 990 mendatang, jadi kita nantikan saja ya Geeks bagaimana kelanjutan kisah dari para kru Topi Jerami.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.