Series Avatar: The Last Airbender merupakan salah satu franchise Avatar yang tersukses, yang memperkenalkan kita pada dunia pengendalian elemen. Selain dari segi cerita, karakter yang diperkenalkan, Aang, juga menjadi salah satu elemen yang menarik dalam seriesnya. Setelah The Last Airbender selesai, seriesnya dilanjutnya adalah The Legend of Korra dengan karakter protagonis baru, Korra.

Serupa tapi tak sama, Aang dan Korra memang sama-sama Avatar tapi keduanya memiliki sifat yang berbeda. Korra merupakan sosok Avatar muda yang keras kepala, tangguh, dan kuat dalam bertarung. Lain halnya dengan Aang yang sangat mengindari pertikaian dan permusuhan. Tapi bagaimana jika Korra bertarung melawan salah satu pahlawan super DC, Supergirl? Siapa yang menang? Berikut ulasannya.

Seimbang: Latihan Tempur

Toph Beifong merupakan salah  satu pengendali elemen non-Avatar terhebat dalam seriesnya. Dia memiliki indera yang sensitif layaknya Daredevil. Dengan kekuatan pengendalian besi dan bumi yang dahsyat, Toph kemudian menjadi guru bagi yang lain, termasuk Aang dan Korra. Di satu sisi, Wonder Woman juga merupakan sosok wanita yang tangguh di universe DC. Bahkan, tidak jarang dia mengambil alih kendali dan menjadi sosok yang “menanggung” semuanya.

Korra dan Kara Danvers sama-sama merupakan sosok yang mengerikan dalam hal kemampuan bertarung, dan kemampuan tersebut bisa diraih berkat latihan yang mereka lakukan. Toph Beifong dan Wonder Woman merupakan orang yang bertanggung jawab melatih masing-masing dari mereka. Jadi, untuk latihan yang dijalani, keduanya sama-sama menjalani latihan yang berat.

Supergirl: Terbang

Seperti yang diperlihatkan di akhir musim ketiga The Legend of Korra dalam pertarungannya melawan Zaheer, musuh Korra yang memiliki kemampuan untuk terbang terbukti menjadi hambatan terbesar baginya. Dengan mengesampingkan seluruh kemampuan yang dimiliki oleh Supergirl, terbang merupakan kemampuan alami dari Supergirl.

Dengan kemampuan terbang ini, tentunya akan menjadi satu kelebihan bagi Kara dan menjadi masalah besar bagi Korra. Korra memang memiliki kemampuan untuk terbang, tapi hanya untuk waktu yang singkat dan tidak memiliki kemampuan terbang yang konstan seperti Aang atau bahkan Kara.

Korra: Kekuatan Elemental

Menghadapi musuh yang bisa mengendalikan keempat elemen adalah sebuah hal yang jarang terjadi kepada Supergirl, dalam kata lain Supergirl tidak memiliki pengalaman menghadapi musuh seperti Korra. Dan hal ini menjadi keuntungan besar tentunya bagi Korra, karena kemampuan yang dia miliki berbeda dengan berbagai musuh yang pernah dihadapi oleh Supergirl selama karirnya.

Supergirl mungkin memiliki kemampuan dahsyat seperti heat vision, freezing breath, dan super breath tapi kemampuan tersebut rasanya tetap tidak akan mampu untuk bisa menghadapi berbagai pengendalian elemen yang dilakukan oleh Korra.

Supergirl: Indera Perasa Yang Sangat Peka

Sama seperti Toph, Supergirl memiliki kemampuan manusia super sendiri yang berhubungan dengan senses atau indera. Mulai dari super hearing atau pendengaran super yang bisa membuat Supergirl mendengar dari jarak yang sangat jauh dan terpencil sekalipun, sampai x-ray vision dan kemampuan untuk melihat dalam mode infra merah.

Dengan semua kemampuan ini, rasanya hampir mustahil bagi Korra untuk melakukan serangan mendadak. Karena Supergirl bisa melihat dimana Korra bersembunyi, bisa mendengar gerakannya, dan sebagainya. Satu-satunya cara adalah dengan menghadapinya atau mendatangi Supergirl secara langsung.

Korra: Pengendalian Besi

Seperti yang disebutkan sebelumnya, menghadapi seseorang yang memiliki kemampuan pengendalian elemen merupakan pengalaman yang belum pernah dihadapi oleh Supergirl sebelumnya. Selain pengendalian elemen, Supergirl juga tentunya belum pernah menghadapi musuh yang memiliki kemampuan untuk mengendalikan benda, dalam hal ini besi.

Karena Korra merupakan murid dari Toph, tidak jarang dalam pertarungan dia menggunakan pengendalian besi untuk mengalahkan ancaman yang datang. Sama seperti Batman saat menghadapi Superman, pengendalian besi ini akan menjadi keuntungan bagi Korra ketika akan menghajar Supergirl.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.