Sejak hari kemarin, seharusnya ajang tahunan San Diego Comic-Con 2020 digelar secara meriah. Namun, karena adanya pandemi global dari virus COVID-19 akhirnya ajang SDCC menggelar acaranya dengan cara yang lain yaitu dengan streaming di internet. Semuanya sama seperti biasa, hanya saja formatnya berbeda. Berbagai judul film dan TV series juga memberikan presentasi mereka secara daring, termasuk dari panel Star Trek.

Dalam panelnya, Star Trek memberikan berbagai perkembangan dari tiga series andalan mereka yaitu Star Trek: Discovery, Star Trek: Picard, dan Lower Decks. Discovery sendiri saat ini sedang bersiap untuk musim kedua, sedangkan Picard sedang bersiap untuk musim kedua. Untuk Lower Decks, seriesnya baru akan tayang perdana pada Agustus mendatang. Berikut berbagai kabar terbaru dari ketiga series Star Trek ini.

Star Trek: Discovery Season 3

  • Banyak para cast utama seriesnya yang merasa bangga bagaimana acara mereka menghadirkan elemen politik dan sosial di dalam ceritanya. Padahal, menurut William Shatner awalnya series ini tidak akan berfokus pada sisi politikal.
  • Mendukung pernyataan tersebut, panelnya mempertegas bahwa musim ketiga nanti seriesnya akan menitik beratkan ceritanya pada tema politik.
  • Michael Burnham (Sonequa Martin-Green) akan terus melanjutkan petualangannya untuk mencari keseimbangan diantara di musim ketiga nanti.
  • Doug Jones menyebutkan bahwa meninggalkan saudarinya, Saru, dan rumahnya merupakan hal terberat yang harus dialami oleh karakternya, tapi sang aktor juga memberikan petunjuk bahwa ras Kelpian akan memiliki peran penting di musim ketiga.
  • Michelle Yeoh meyakini bahwa Mirror Georgion di musim ketiga nanti akan “sangat marah: kepada Burnham, tapi putri Terran tersebut akan beradaptasi dengan cepat dengan situasi di masa depan seperti yang dia lakukan di universe utamanya.
  • Anthony Rapp mengungkapkan bahwa hubungan antara Stamets dan Cuther akan terus tumbuh di musim ketiga nanti, tapi hubungan tersebut cenderung lebih ke hubungan yang lebih serius yaitu keluarga. apakah pasangan tersebut akan memiliki seorang anak?
  • Meskipun dia pergi ke ribuan tahun di masa depan, Mary Wiseman mengkonfirmasi bahwa petualangan Tilly untuk menjadi kapten Starfleet masih akan terus dilanjutkan.
  • Enthan Peck melihat bahwa pengaruh dari Michael Burnham sangatlah vital dalam usaha Spock membangkitkan kembali sisi manusianya menjelang series terbaru yang sebelumnya sudah diumumkan yaitu Star Trek: Strange New Worlds. Sementara, Captain Pike akan berusaha sendiri dengan apa yang dia lihat di mas adepan dengan kematiannya. Hal ini memberikan petunjuk bahwa dia akan sangat tegas kepada para krunya.

Star Trek: Lower Decks

  • Mike McMahan meyakinkan kembali para fans bahwa seris ini tidak akan menghancurkan seri Star Trek versi canon.
  • Klip dari episode 1 diperlihatkan. Episodenya berkisah tentang para kru dari Cerritos membuat “kontak kedua” dengan para petinggi Galadonian. Dalam adegannya juga diperlihatkan bagaimana hubungan dari Klingon Bar’leth dan Romulan Whisky sangatlah buruk.
  • Tawny Newsome menggambarkan karakternya, Beckett, sebagai seseorang yang senang bercanda, tapi dia memiliki kecerdasan dan daya pikir jauh kedepan dibandingkan dengan orang-orang di sekitarnya.
  • Ensign Tendi mengatakana bahwa dia sangat senang dan bahagia dengan semua yang ada di sekitarnya. Rutherford merupakan sosok pria yang sangat cerdas dengan kemampuan teknologinya. Belum lagi dia memiliki pengetahuan yang sangat luas. Fred Tatasciore mengungkapkan bahwa Letnan Shaxs merupakan seorang satuan pengamanan yang siap untuk menembak apapun yang dianggap berbahaya.
  • Holodeck akan menjadi menu utama dari Star Trek: Lower Decks, tapi CBS masih belum mau memberikan informasi lebih lanjut sampai pada premiere penayangannya pada Agustus.
  • McMahan berharap bahwa animasi dan komedi dari Lower Decks bisa memuaskan hasrat para pecinta fans Star Trek, sambil juga membawa fans baru ke franchise ini.

Star Trek: Picard

  • Paitrick Steward mengatakan bahwa dirinya masih beradaptasi di season 1, yang artinya di season 2 nanti kita akan melihat potensi penuh dari karakternya.
  • Isa Briones (Dahj/Soji) mengungkapkan bahwa saat bergabung dengan series Star Trek: Picard dia tidak tahu bahwa saat dia berperan sebagai Soji dia juga harus berperan sebagai karakter lainnya.
  • Patrick Stewart menjelaskan bahwa keputusan untuk kembali berperan sebagai Picard merupakan sebuah keputusan yang tepat. Aktor legendaris tersebut menegaskan bahwa evolusi dari sosok Jean-Luc Picard dan dunia Star Trek menjadi alasan utamanya.
  • Brent Spiner percaya bahwa kedekatan hubungan antara Data dan Picard sudah diperlihatkan sejak Star Trek: Nemesis, dan menggambarkan akhir ceritanya sebagai “kedekatan yang berbeda.”
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.