Hugo Strange

Dr. Hugo Strange sebenarnya merupakan karakter yang memiliki usia yang sama dengan Batman. Sayangnya, kepopuleran Hugo Strange harus tertutupi oleh kepopuleran karakter lainnya seperti Joker, Bane, dan lainnya. Bisa dibilang, Dr. Hugo Strange merupakan salah satu villain awal yang dihadapi oleh Batman yang berhasil mengetahui identitas rahasianya.

Berbeda dengan villain lainnya, Strange bukan hanya ingin menghancurkan dan membeberkan rahasia Batman. Hugo Strange juga ingin menjadi seperti Bruce. Dalam Detective Comics #471, ilmuwan ambisius tersebut berhasil menangkap Batman dan membuka topengnya. Dalam Batman: The Animated Series, Hugo Strange mengikat Batman di sebuah kursi operasi dan masuk ke dalam memorinya. Strange kemudian berhasil menemukan memori tentang kematian orang tuanya, dan bagaimana rasa amarahnya disalurkan dalam bentuk Batman. Bruce tidak bisa berbuat apa-apa selain berteriak dan berkeringat.

Deathstroke

Dick Grayson kembali membuktikan sebagai “pintu masuk” untuk membongkar identitas Batman. Dengan melakukan pengamatan pada Nightwing dan berhasil mengungkapkan identitasnya, Slade Wilson juga berhasil mendapatkan nama rekannya yaitu Bruce Wayne. Dalam pesta natal yang diadakan Bruce, Slade pergi menemui Bruce dan mengungkapkan bahwa Nightwing memiliki guru yang hebat.

Untungnya bagi Bruce, Slade bukanlah tipe villain yang senang untuk memeras sesuatu demi keuntungan pribadinya. Deathstroke memang merupakan musuh bebuyutan dari Batman, dari Deathstroke adalah sosok yang berbeda dengan villain lainnya dimana dia menghormati sosok Batman. Dibandingkan mengungkapkan identitas Batman, Slade lebih tertarik kepada sosok Nightwing.

Bane

Bane, yang dikenal lebih kepada kekuatan ototnya dibandingkan kekuatan otaknya, juga berhasil mengungkapkan identitas Batman. Dalam sebuah pesta yang diselenggarakan oleh Bruce, Bane memperhatikan Bruce Wayne dari jauh dengan menggunakan teropong. Tapi, setelah Bane memperhatikan sosok Bruce Wayne, dia melihat adanya kesamaan dengan sosok Batman. Bane kemudian mengatakan bahwa dia sangat tahu dan mengenal Batman, dan dia melihat berbagai kesamaan dalam diri Bruce Wayne dengan sosok Batman.

Joker

Dengan pertarungan yang sudah berlangsung selama puluhan tahun, wajar jika kemudian Joker berhasil mengetahui identitas rahasia dari Bruce Wayne. Tapi, Joker sepertinya lebih memilih untuk mengabaikannya. Seperti yang dikatakan oleh Joker, tidak ada hal menarik jika dunia mengetahui identitas asli Batman dan Gotham akan terasa sepi tanpa kehadiran Batman yang mengacaukan rencananya.

Dalam Death of the Family, Batman benar-benar akan memberi tahu siapa dirinya yang sebenarnya, tapi ketika Bruce baru akan mengatakan sepatah kata, Joker langsung buru-buru pergi ke arah air terjun untuk menghindari fakta tersebut. Karena, bagi Joker, seperti yang disebutkan di atas, tidak ada keseruan jika seluruh dunia tahu Batman adalah Bruce Wayne.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.