Perbincangan mengenai Yamato semakin menjadi-jadi di kalangan pecinta One Piece, apalagi setelah diketahui bahwa Yamato sebenarnya adalah wanita seperti yang diperlihatkan di chapter 948. Yamato mengatakan bahwa dia merupakan sosok yang sangat mengidolakan Kozuki Oden. Dia bahkan memiliki mimpi untuk meneruskan cita-cita Oden untuk membuka Wano.

Salah satu bukti kekaguman Yamato terhadap Oden adalah bagaimana selama ini dia menyimpan jurnal atau catatan harian dari Kozuki Oden tentang apa yang terjadi dan pernah dia alami. Yamato merahasaian keberadaan catatan tersebut, padahal Kaido sangat menginginkan buku tersebut untuk mengarahkannya ke pulau Laugh Tale.

Pernyataan dari Yamato tersebut menarik, karena dia pasti akan bertarung dengan seluruh jiwanya ketika mengetahui banyak hal yang berkaitan dengan Oden ada di pulau tersebut. Contohnya adalah pedang Enma, pedang yang digunakan Oden untuk melukai Kaido, ada di tangan Zoro dan Zoro sendiri ada di Onigashima. Dia juga mungkin akan senang untuk menggunakan Ame no Habakiri dan membantu Luffy dan yang lain mengalahkan ayahnya.

Yamato juga akan senang ketika mengetahui jika para Red Scabbards masih hidup, dan yang paling penting adalah dia pasti akan sangat senang jika mengetahui bahwa Momonosuke dan Hiyori masih hidup. Kemampuan Yamato juga mungkin akan diperlihatkan, ketika dia mengetahui bahwa Momonosuke akan dieksekusi oleh sang ayah dan Orochi.

Dengan adanya berbagai elemen dalam kehidupan Oden ada di pulau Onigashima, hal itu akan membuat Yamato bahagia dan semakin bersemangat untuk mewujudkan impian Oden. Dia juga mungkin tidak akan ragu untuk menyerang ayahnya dan membantu Luffy mengalahkannya. Semua akan Yamato lakukan demi memenuhi impian dari Kozuki Oden.

Menarik juga untuk menantikan siapa yang akan dihadapi oleh Yamato dalam pertempuran besar ini. Banyak para fans memprediksi bahwa Yamato akan berhadapan dengan Smoothie. Yamato juga bisa berhadapan dengan Black Maria atau karakter perempuan lainnya, seperti Ulti. Yang pasti, Eiichiro Oda akan selalu memperlihatkan pertarungan antar wanita yang akan memperlihatkan ketangguhan dan kemampuan para karakter wanita yang tidak kalah dari para pria. Bagaimana menurut kalian Geeks, siapa yang akan dihadapi oleh Yamato?