Sejak pertama kali diperkenalkan oleh Marvel, Wolverine sudah menjadi salah satu karakter superhero yang sangat populer baik di industri buku komik ataupun di kalangan para fans. Wolverine memang bukanlah bagian dari karakter yang mendirikan tim X-Men, tapi setelah dia bergabung tidak butuh waktu lama bagi Wolverine untuk menjadi sosok penting di tim tersebut.

Wolverine memiliki kemampuan dahsyat, yaitu mampu mengeluarkan cakar adamantium dalam dirinya. Dia juga menjadi mutan yang paling sulit dikalahkan dan mati, berkat healing factor dalam dirinya. Tapi, sulit dikalahkan bukan berarti Wolverine tidak bisa dikalahkan dan mati. Ada berbagai momen ketika Wolverine berhasil dikalahkan oleh karakter lainnya.

Professor X

Ketika Professor X meminta Wolverine untuk bergabung dengan tim X-Men, banyak pembaca yang menyangka jika itu merupakan pertama kalinya Xavier bertemu dengan X-Men. Tapi, sebenarnya Xavier dan Wolverine sudah pernah bertemu bertemu sebelumnya. Wolverine merupakan senjata yang dicuci otaknya untuk membunuh Charles Xavier.

Tapi, nyatanya Wolverine gagal dengan tugasnya. Professor X sendiri tidak membunuh Wolverine, namun dia menanamkan sebuah pikiran ke dalam pikiran Wolverine yang membuatnya kemudian berubah dan akhirnya mau bergabung dengan X-Men. Selain membunuh Wolverine, sebenarnya Professor X juga memiliki rencana untuk membunuh semua X-Men jika mereka berubah menjadi jahat.

Matsuo Tsurayaba

Mariko Yoshida merupakan sosok yang sangat mencintai Wolverine, tidak peduli seberapa jahat dan mengerikannya Wolverine. Dia bisa memahami sosok Logan, dan hanya dia yang bisa menenangkan Logan. Tapi, kisah cintanya harus kandas ketika sang ayah, Shingen, ingin sang putri menikah ipria lain. Sayangnya, suaminya tersebut justru sering kali menyiksa Mariko. Mengetahui hal ini, Wolverine kemudian membunuh suaminya dan membunuh Shingen.

Mariko akhirnya bisa menikah dengan Wolverine, tapi saat dia sedang mempersiapkan pernikahannya dia dipaksa berurusan dengan kelompok kriminal lainnya, The Hand. Pemimpin mereka, Matsuo Tsurayaba, ingin menguasai klan Yashida dan seluruh asetnya oleh karena itu dia kemudian meracuni Mariko. Efek racun tersebut sangat menyiksa Mariko, sampai-sampai Mariko meminta Logan untuk membunuhnya.

Hal itu membuat Logan hancur. Dia pun bersumpah untuk membunuh Tsurayaba sedikit demi sedikit, dan Logan serius dengan perkataanya. Dia pun memotong satu persatu anggota tubuh Tsurayaba setiap tahunnya sampai kemudian dia benar-benar tewas. Logan melakukan hal itu di setiap tanggal kematian Mariko.

The Incredible Hulk

Hulk dan Wolverine memang bukanlah “pasangan” yang cocok. Masing-masing mereka saling membenci satu sama lainnya dan hal ini sudah berlangsung sejak bertahun-tahun yang lalu. Salah satu tugas pertama yang diberikan oleh Departement H kepada Logan adalah menghabisi nyawa Incredible Hulk. Selama bertahun-tahun, sudah tidak terhitung berapa banyak Hulk dan Logan bertarung.

Dalam setiap pertarungan tersebut terkadang Wolverine yang menang, tapi terkadang Hulk yang menjadi pemenang. Salah satu pertarungan gila yang pernah terjadi adalah ketika Wolverine diperintahkan oleh Nick Fury untuk memburu Hulk di pegunungan Himalaya yang ada di Ultimate Universe. Yang membuat Bruce semakin marah adalah ancaman Wolverine yang akan menculik Betty Ross. Dengan kekuatannya, Hulk benar-benar menghancurkan Wolverine.

Magneto

Setelah Magneto membuat bumi terselimuti oleh gelombang elektromagnetik, hal itu membuat seluruh teknologi yang ada di bumi menjadi hancur. Dirasa sudah melampaui batas, akhirnya X-Men pergi ke markasnya di luar angkasa, Avalon. Ketika Wolverine meluncurkan dirinya sendiri menuju Avalon, Magneto kemudian menggunakan kekuatan magnetnya untuk mengeluarkan semua adamantium dari tubuh Wolverine.

Karena healing factor yang dia miliki, Wolverine selamat dari serangan itu. Tapi, ada hal yang harus “dibayar” dimana Wolverine kemudian berubah menjadi sosok yang tidak terkendali. Skenario ini sebenarnya sudah diprediksikan oleh Wolverine, yang kemudian memaksa Logan untuk keluar dari tim X-Men dan menyendiri di gunung. Namun, pada akhirnya dia kembali mendapatkan semua kekuatannya.

Sabretooth

Selain Hulk, Sabretooth juga merupakan musuh bebuyutan dari Wolverine. Pertarungan sudah menjadi sesuatu yang bakal terjadi, jika keduanya saling bertemu. Padahal, dulu Victor Creed dan Logan pernah bekerja sama sebagai tentara bayaran. Ketika Logan bertemu dengan seorang wanita bernama Silver Fox, akhirnya dia memutuskan untuk berhenti dan memulai hidup normal di Kanada.

Merasa dikhianati, bos Wolverine kemudian memerintahkan Sabretooth untuk menemukannya. Dia berhasil menemukan Logan, menyiksanya, dan melukai Silver Fox sebelum kemudian membunuhnya. Wolverine pun harus merasakan kehancuran yang sangat luar biasa akibat kehilangan Silver Fox. Tidak hanya Silver Fox, Sabretooth juga kemudian berjanji untuk membunuh semua orang yang ada disampingnya setiap hari ulang tahun Logan.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.