Merubah Jason Todd Menjadi Dick Grayson

Meskipun apa yang dilakukan oleh Bruce dalam cerita Batman and Robin #5 bukanlah sesuatu hal yang jahat dalam makna sebenarnya, namun tetap saja apa yang dia lakukan termasuk dalam tindakan manipulasi dan abusive. Jason Todd pra-Crisis diperkenalkan sebagai sebuah kloning dari Dick Grayson. Dia adalah seorang yang jago akrobatik dan keluarganya tewas dalam sebuah kecelakaan. Dia juga bahkan menggunakan kostum yang sama dengan Dick Grayson.

Dalam versi yang lebih baru, DC kembali merubah penampilan Jason Todd dan dalam cerita yang ditulis oleh Grant Morrison, Todd digambarkan memiliki rambut berwarna merah. Tapi, Batman kemudian memaksanya merubah warna rambut Jason Todd menjadi hitam agar bisa sesuai dengan Dick Grayson.

Menjadi Sosok Mengerikan dan Liar

Jason Todd merupakan sosok yang paling violent atau paling sering menggunakan kekerasan dalam menghadapi berbagai kejahatan dibandingkan dengan Bat-Family lainnya. Hal ini dia buktikan ketika dia menggunakan titel Batman, saat Bruce Wayne sedang absen sebagai Batman. Jika biasanya Dick Grayson atau Tim Drake menggunakan akal sehat dan masih bisa dikendalikan emosinya, lain halnya dengan Jason.

Saat dia menjadi Batman, dia berubah menjadi sosok yang mengerikan melawan para kriminal kota Gotham. Jason benar-benar tidak ragu untuk full power dengan memanfaatkan persenjataan yang dia miliki untuk menghabisi nyawa kriminal. Akibat hal itu, Tim Drake dan Damian Wayne menjadi korbannya dimana keduanya terpaksa harus dirawat akibat kebrutalan Jason.

Meneror Warga Kota dan Para Kriminal

Tidak hanya Jason Todd saja yang menebarkan teror bagi seluruh penduduk Gotham, baik warga biasa maupun para penjahat. Jean Paul Valley, sosok pengganti Bruce Wayne untuk menjadi Batman saat dia absen dari kota Gotham, juga memberikan teror yang sama dengan Jason Todd dengan aksi dan tindakan kekerasan yang dia lakukan kepada para kriminal

Sama seperti Jason, dia juga tidak ragu untuk membunuh penjahat tersebut. Hal itu berawal ketika Jean membunuh seorang pembunuh berantai. Tindakan itu kemudian diteruskan oleh Jean dengan berbagai aksi dan pembunuhan kriminal lainnya. Dia juga gak segan untuk melukai warga sipil. Model Batsuit yang dia gunakan pun mirip seperti armor, dengan kuku tajam dan batarang yang juga tajam, penyembur api, dan banyak lagi senjata mematikan yang dia miliki.

Merubah Gotham Menjadi Neraka

Titel Batman memang pernah digunakan oleh beberapa orang selain Batman, seperti Dick Grayson, Jason Todd, dan juga Jean Paul Valley. Mereka menggunakan mantel tersebut ketika Bruce tidak ada di kota Gotham. Damian Wayne, anak dari Bruce Wayne, juga pernah menggunakan titel sang ayah ketika dia sudah beranjak dewasa seperti yang diperlihatkan dalam komik Batman #666.

Memadukan kecerdasan dan kemampuan yang dimiliki oleh Damian, serta abilities baru yang dia miliki, Batman versi Damian Wayne benar-benar memberikan mimpi buruk terhadap seluruh kriminal kota Gotham. Damian tidak segan membunuh musuhnya dengan tangan kosong. Dia bahkan hampir membunuh Bruce Wayne, untuk yang kesekian kalinya.

Merubah Jalan Cerita

Seperti yang kita tahu, tim Justice League selalu berpaku pada keadilan dan kebaikan. Mereka akan melakukan apapun untuk menghentikan setiap ancaman yang datang. Sebaliknya, Legion of Doom, adalah kelompok yang selalu berbuat jahat dan selalu memberikan ancaman kepada seluruh dunia. Perbedaan ideologi inilah yang membuat mereka saling bertarung.

Dalam cerita puncak pertempuran Justice League dan Legion of Doom, Batman dan seluruh tim Justice League mempertahankan semua yang mereka miliki dan yakini dari serangan pasukan Lex Luthor di Hall of Justice. Dalam cerita aslinya, para anggota utama dari Justice League dipaksa untuk pergi dan melarikan diri. Peristiwa ini kemudian menjadi jembatan bagi cerita Dark Nights: Death Metal.

Hal berbeda diperlihatkan dalam cerita Batman: Last Knight, dimana dalam cerita tersebut Batman diperlihatkan menyerah dengan keadaan karena menyadari tidak ada gunanya untuk melawan. Hal itu menciptakan sebuah dunia yang diperlihatkan dalam komik Last Knight. Semua pahlawan terpecah dan sebagian sudah tewas, bencana alam pun tidak berhenti untuk muncul (sebagian akibat efek tewasnya para superhero). Batman kemudian menggunakan identitas lain, Omega, dan berencana untuk mengakhiri kekacauan tersebut dengan mengendalikan pikiran semua orang.

 

 

 

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.