Setelah sekian lama menjadi misteri, akhirnya Jinbe kembali muncul dalam cerita. Masih belum diketahui bagaimana Jinbe bisa lolos dari serangan dan amukan Big Mom, yang pasti Jinbe selamat dan berhasil menuju Wano untuk memenuhi janjinya kepada Luffy. Sekarang dia bukan lagi bagian dari Fisher Tiger ataupun Shichibukai. Dia adalah bagian dari kru topi jerami.

Namun, jika dipantau dari forum-forum fanpage One Piece, ternyata banyak fans yang mempertanyakan apa fungsi Jinbe di kru tersebut. Pasalnya kru yang ada saat ini dianggap sudah cukup. Tapi jika merunut pada beberapa data, Jinbe sebenarnya punya kelebihan yang mungkin akan berguna bagi gerombolan Topi Jerami. Seperti yang ditunjukan dalam infografis dibawah ini:

 

Dua hal utama yang mungkin sangat berguna adalah kemampuannya dalam bernegosiasi dan juga merancang taktik/strategi. Seperti kita tahu, mayoritas kru Topi Jerami berdarah panas. Mereka lebih banyak action terlebih dahulu baru berpikir. Namun dengan kemampuan Jinbe, kemungkinan akan ada beberapa masalah yang dilalui dengan langkah politis yang lebih damai. Bahkan, Jinbe juga mungkin mampu menenangkan emosi Luffy yang meluap-luap.

Selain itu, tentu saja Jinbe juga bisa berguna dari sisi kekuatan tempur. Ia adalah salah satu karakter yang menguasai 2 jenis Haki. Belum lagi dengan kemampuan Karater Gyojinnya, Jinbe tentu bisa jadi sosok yang diandalkan kala bertarung. Disamping itu, ada beberapa fakta menarik lain juga mengenai sosok Jinbe. Apa saja? Simak selengkapnya dibawah ini:

Ahli Mengemudikan Kapal

Mengapa Luffy butuh seorang pengemudi kapal? Bukankah sudah ada Nami atau Usopp? Perlu diingat kalau Nami adalah seorang navigator, alias pengarah jalan. Dia tahu kemana arah tujuan, cuaca yang akan dihadapi, dan berbagai detail lainnya. Tapi, untuk urusan mengemudikan, Sunny Nami rasanya kurang mahir untuk hal itu.

Karena itulah dia butuh orang lainnya untuk mengendalikan kapal dengan baik, dan orang itu adalah Jinbe. Diibaratkan seorang pengendara profesional, Jinbe bisa mengendalikan Sunny dengan baik. Contohnya adalah ketika Jinbe berhasil membawa Sunny kabur dari serangan Big Mom yang dahsyat melalui celah ombak yang muncul.

Tidak Segan Untuk Berkorban

Jinbe pernah melanggar peraturan demi menyelamatkan nyawa Luffy. Hal ini terjadi ketika Luffy selesai bertarung melawan salah satu kru bajak laut manusia ikan. Luffy dan kru topi jerami memang berhasil memenangkan pertarungan tersebut, tapi sayangnya Luffy harus mengalami luka yang sangat parah yang membuatnya harus melakukan transfusi darah.

Hal ini tentunya gak bisa dianggap remeh. Di pulau manusia ikan, melakukan transfusi darah antara jenis atau ras – khususnya kepada manusia – adalah sebuah hal yang sangat tabu untuk dilakukan. Hal ini merupakan hasil dari apa yang terjadi puluhan tahun lalu, dimana manusia menolak untuk melakukan transfusi darah kepada Fisher Tiger. Apa yang dilakukan Jinbe menjadi langkah awal untuk menjembatani atau memperbaiki hubungan antara manusia ikan dan manusia di darat.

Pengenalan Karakter Yang Lama

Tahukah Geeks, Jinbei sebenarnya merupakan salah satu karakter yang “muncul” di awal seri One Piece? Meskipun gak ditampilin secara fisik, sosok Jinbei pernah direferensikan atau di awal chapter tepatnya di chapter 69 yang tayang pada Desember 1998. Tapi, Jinbei baru benar-benar ditampilkan secara fisik oleh Eiichiro Oda di chapter 528 yang dirilis pada Januari 2008.

Itu artinya Oda Sensei butuh waktu sekitar 10 tahun dan 458 chapter buat memperkenalkan seorang karakter. Hal ini menjadikan Jinbei karakter yang paling lama diperkenalkan dalam cerita One Piece. Padahal biasanya, seorang karakter baru akan diperkenalkan dalam beberapa chapter aja.

Pernah Bersekutu Dengan Banyak Bajak Laut

Jinbe merupakan salah satu karakter yang dikenal oleh banyak orang. Hal ini wajar karena dia merupakan bagian dari salah satu Shichibukai, yang memang terkenal seantero lautan selain Yonko. Tapi, bukan hanya itu yang membuat Jinbe banyak dikenal orang. Mungkin Geeks belum banyak yang tahu, kalau Jinbe pernah bergabung dengan banyak kru bajak laut/kelompok.

Setidaknya ada enam kru bajak laut/kelompok yang pernah Jinbe ikuti atau pernah bekerja sama. Pertama adalah kru bajak laut matahari, kru bajak laut Big Mom, kru bajak laut Whitebeard, kru bajak laut topi jerami (yang paling baru), menjadi salah satu Shichibukai mewakili pulau manusia ikan, dan yang terakhir adalah bekerja sama dengan kerajaan Ryugu yang dipimpin oleh Neptunus. Apakah topi jerami menjadi kru bajak laut terakhir yang bakalan diikuti oleh Jinbei? Well, masih harus kita tunggu cerita berikutnya ya Geeks!

BACA JUGA: Oda Sensei Konfirmasi Tentang Keluarga Shimotsuki!

Memiliki Kemampuan Unik

Selama Oda Sensei memperkenalkan Jinbei dalam cerita One Piece, dia hanya ditampilkan dalam bentuk fisik saja. Oda sensei belum pernah memperlihatkan bagaimana kemampuan dari Jinbei, dan mengapa dia disebut sebagai salah satu manusia ikan terkuat. Tapi, pertanyaan tersebut akhirnya terjawab saat perang besar yang terjadi di Marineford.

Jinbe bergabung dengan Luffy dan beberapa tahanan lainnya untuk bertarung bersama Whitebeard, sekaligus ikut menyelamatkan Ace. Disinilah kita pertama kali diperlihatkan, bagaimana kemampuan karate manusia ikan. Kita juga melihat bagaimana kemampuan Jinbe di air, menciptakan serangan-serangan yang bisa membantu Luffy untuk membebaskan Ace. Contoh lainnya adalah ketika Jinbe bertarung dengan para Admiral dan juga membantu Luffy melompat dari laut ke daratan.

Satu hal yang membuat Jinbe menarik adalah kemampuannya untuk berkomunikasi dengan ikan, terutama hiu paus. Hal ini sesuai dengan arti dari Jinbe sendiri yang dalam bahasa Jepang berarti paus. Kemampuan memanggil ikan memang dimiliki oleh para manusia ikan, tapi buat mengendalikan dan memanggil paus hanya Jinbe yang bisa melakukannya. Dengan memanggil para paus ini, Jinbe ikut membantu Luffy dalam pertempuran itu.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2