Selama ini, cerita mengenai keluarga selalu menjadi salah satu misteri besar dalam cerita One Piece. Sampai saat ini, kita masih belum tahu siapa keluarga lengkap Luffy atau sanji, meskipun kitas udah diperkenalkan dengan kerajaan Germa 66 atau sosok Dragon dan Garp. Kita juga sampai saat ini belum tahu, tentang keluarga dari Roronoa Zoro.

Sejak arc Wanokuni dimulai, banyak para fans yang mulai berspekulasi kalau Zoro memang memiliki koneksi dengan Wano dan para samurai disana. Para fans juga memunculkan teori kalau Koushiro adalah Denjiro yang menyamar. Semua hal itu wajar karena ada beberapa petunjuk yang mendukung, seperti lambang pada pakaian Koushiro yang mirip dengan lambang salah satu keluarga elit di Wano, Shimotsuki.

Petunjuk lainnya adalah ketika Zoro mengajari Momonosuke berpedang, Zoro juga sempat mengajari momo menggunakan kata “Sunacchi” yang bagi penduduk Wano adalah kata yang “tabu.” Hanya orang-orang dulu yang menggunakan kata tersebut. Hal itu semakin memperkuat para fans kalau Zoro memang memiliki koneksi dengan Wano. Tapi, benarkah begitu?

Eiichiro Oda akhirnya mengkonfirmasi mengenai teori dan spekulasi tersebut dalam pojok SBS terbaru volume 96. Seperti yang dikutip dari Library of Ohara, dalam SBS tersebut seorang fans bertanya apakah para karakter “shimotsuki” ada kaitannya dengan desa tempat lahir Zoro. Hal ini diperkuat dengan Zoro yang mengajari Momo kata Sunachhi, yang membuat semuanya akhirnya terasa masuk akal.

Oda Sensei pun memberikan jawaban tentang hal itu. Menurut Oda, Shimotsuki Kouzaburo adalah anggota pertama dari klan Shimotsuki. Setelah dia membuat pedang Enma dan memberikannya kepada Kozuki Oden, dia pun kemudian kabur dari wilayah Wano sekitar 55 tahun yang lalu. Dia gak sendirian. Para samurai Wano lainnya pun keluar dari Wano dan berpetualang.

Mereka pun tiba di wilayah East Blue dan akhirnya mereka menyebar ke wilayah tersebut. Mereka kemudian membantu warga sekitar untuk mengalahkan para bandit gunung yang sering menyerang. Para penduduk kemudian diajari untuk menggunakan pedang, sampai akhirnya mereka menjadi mahir.

BACA JUGA: 10 Tendangan Mematikan di One Piece

Shimotsuki Kouzaburo pun akhirnya memutuskan untuk menetap disana, menikah dengan penduduk disana dan akhirnya terbentuklah desa Shimotsuki. Beberapa tahun kemudian Koushiro pun lahir dan kemudian Kuina lahir. Intinya, Koushiro merupakan anak dari Shimotsu Kouzaburo dan Kuina merupakan cucunya.

Jadi, “kakek tua” yang sempat disebutkan oleh Zoro saat itu di chapter 922 merupakan Shimotsuki Kouzaburo. Apakah artinya Zoro memang merupakan keturunan dari keluarga Shimotsuki? Sayangnya Oda Sensei gak memberi tahu lebih lanjut tentang hal ini. Tapi, akhirnya kita tahu bahwa memang desa Shimotsuki dibangun oleh seorang penduduk Wano, salah satu klan keluarga terpandang di Wano.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.