Phase 4 dari Marvel Cinematic Universe harus kembali dirombak jadwal penayangannya akibat menyebarnya pandemi COVID-19, yang sudah menyebar ke seluruh dunia dan udah memakan banyak korban jiwa. Hal itu membuat banyak kegiatan harus dibatalkan, karena gak boleh ada keramaian di sebuah tempat. Jadwal penyangan film juga harus terpengaruh akan adanya virus ini.

Di tahun 2020 ini, dua film yang harusnya dirilis di waktu yang udah ditentukan terpaksa dibatalkan dan diganti jadwal baru. Contohnya adalah Black Widow yang seharusnya dirilis pada bulan depan, akhirnya mendapatkan jadwal baru. Jadwal penayangan ini juga menimbulkan efek domino terhadap berbagai film Marvel lainnya. Berikut adalah jadwal lengkap perubahan Phase 4 MCU.

Black Widow

Black Widow merupakan film pembuka untuk Phase 4 MCU. Film ini akan mengangkat kisah tentang Natasha Romanoff ketika dia kembali ke Rusia, saat dia menjadi buronan akibat terlibat perang bersama Iron Man. Film ini akan mengungkap masa lalu dari Natasha, setelah selama ini baru sebagian kecil saja yang ditampilkan di tiga Phase sebelumnya. Awalnya film ini rencananya akan tayang pada Mei mendatang, namun akibat adanya vrus COVID-19 akhirnya Disney memutuskan untuk mengubah jadwal penayangan menjadi 6 November 2020.

The Eternals

The Eternals merupakan film yang sangat berbeda dengan film-film Marvel lainnya, dan juga film ini akan menjadi prekuel bagi seluruh Marvel Cinematic Universe. Filmnya sendiri berkisah tentang para Eternals, makhluk ciptaan Celestials, yang membaur dengan manusia di bumi pada jutaan tahun yang lalu. Film ini akan memperkenalkan banyak karakter baru ke jagat MCU.

Sederet artis beken juga bakalan tampil di film ini seperti Gemma Chan, Kit Harrington, dan masih banyak lainnya. Eternals sendiri rencananya bakalan dirilis di akhir tahun ini, tepatnya pada 6 November 2020. Namun, dengan digesernya film Black Widow berpengaruh juga terhadap jadwal film ini yang akhirnya diundur ke 12 Februari 2021 mendatang.

Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings

Sama seperti Eternals, Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings akan menjadi sebuah film baru yang diperkenalkan di franchise MCU. Dan melalui film ini, karakter Shang-Chi akan diperkenalkan untuk ambil bagian di Phase 4. Dengan Simu Liu yang akan menjadi pemeran Shang-Chi, film ini merupakan sebuah pencapaian baru dimana MCU akan memperkenalkan sebuah film buatan Marvel yang pemeran utamanya berasal dari Asia.

Selain menjadi film MCU pertama yang memiliki pemeran utama orang Asia, film ini juga menjadi film pertama yang akan memperkenalkan organisasi teroris the Ten Rings yang dipimpin oleh Mandarin, yang sebelumnya sempat juga muncul (sebagai tiruan dari aslinya) dalam film Iron man 3. Karena Eternals mengisi jadwal penayangan film Shang-Chi, akhirnya filmnya diundur empat bulan menjadi 7 Mei 2021.

Spider-Man 3

Sejak pertama kali diperkenalkan di MCU, Spider-Man versi Tom Holland menjadi salah satu idola baru di MCU. Spidey bahkan punya dua film solo di franchise ini, sejak pertama kali muncul di film Captain America: Civil War. Sempat terjadi masalah antara Sony Pictures dan Disney yang membuat Spidey harus keluar dari MCU.

Namun, kesepakatan baru kembali dibuat diantara kedua rumah produksi tersebut dan mereka sepakat untuk membuat film Spider-Man 3. Film tersebut bakalan jadi kelanjutan dari akhir yang menggantung di film Spider-Man: Far From Home. Film ini gak terpengaruh oleh film lainnya dengan tetap akan tayang pada 16 Juli 2021.

Doctor Strange in the Multiverse of Madness

Terlepas dari peran pentingnya di film Avengers: Infinity War dan Endgame, film sekuel dari Doctor Strange memiliki jarang yang cukup jauh yaitu lima tahun dari film pertamanya. Doctor Strange in the Multiverse of Madnaess akan menjadi salah satu proyek yang paling ambisius bagi Marvel, karena bakalan menjadi film horror pertama dari Marvel.

Meskipun masih belum diketahui kebenarannya, yang pasti film ini bakalan mengajak kita berpetualang ke arah yang baru, dan Doctor Strange 2 bakalan memiliki koneksi penting  bagi TV series WandaVision. Film Doctor Strange 2 awalnya direncanakan muncul pada 7 Mei 2021, namun kemudian diundur tujuh bulan menjadi 5 November 2021.

Thor: Love and Thunder

Thor: Love and Thunder menjadi salah satu film yang sangat dinantikan di Phase 4 MCU. Setelah kesuksesan film sebelumnya, Thor: Ragnarok, Taika Waititi kembali duduk di kursi sutradara. Natalie Portman, yang berperan sebagai Jane Foster, juga akan kembali ke film Thor beserta beberapa bintang baru seperti Christian Bale.

Belum banyak yang diketahui dari film ini, selain akan memperkenalkan Jane Foster sebagai Mighty Thor. Dia akan menggantikan Thor Odinson sebagai penjaga Asgard dan seluruh bumi. Selain itu, kabar terbaru juga menyebutkan kalau beberapa anggota GOTG akan muncul di filmnya. Film ini rencananaya tayang pada 5 November 2021, namun diundur menjadi 18 Februari 2022.

Black Panther

Black Panther berhasil mendapatkan pujian dari berbagai pihak dan juga berhasil dari segi pemasukan, dengan berhasil mengantongi lebih dari 1 milliar USD. Sempat hanya menjadi rumor belaka, akhirnya Kevin Feige mengumumkan secara resmi kalau Black Panther 2 bakalan jadi bagian dari Phase 4 MCU, dengan beberapa elemen dari film sebelumnya kembali muncul.

Masih belum banyak informasi yang bisa diketahui, baik siapa saja cast yang akan bermain di filmnya (kecuali Chadwick Boseman dan beberapa karakter lainnya) maupun jalan ceritanya. Black Panther 2 rencananya bakalan dirilis pada 8 Mei 2022, dan gak terpengaruh oleh perubahan jadwal tersebut.

BACA JUGA: Berbagai Film Disney Yang Ditunda Karena Corona

Captain Marvel 2

Sukes di tahun 2019 dengan pendapatan kotor sebesar lebih dari 1 milliar USD dari seluruh dunia, Marvel Studios kemudian memberikan Carol Danvers film keduanya di MCU. Belum dietahui apa saja yang bakalan ditampilkan di film kedua ini, namun kemungkinan kita akan mendapatkan berbagai perubahan contohnya sosok Monica Rambeau yang sudah dewasa.

Sejauh ini, Captain Marvel 2 menjadi film yang paling “ujung” di Phase 4 ini dengan rencananya bakalan dirilis pada 8 Juli 2022 mendatang.  Adanya perubahan jadwal akibat pandemi memang sangat disayangkan, tapi perlu kita pahami kalau perubahan ini demi mencegah penularan penyakitnya semakin meluas. Yang paling penting Marvel tetap berencana untuk merilis berbagai film-film ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.