Dunia sihir dari Harry Potter berhasil meraih perhatian dari para pecinta film sejak dua puluh tahun yang lalu. Meskipun Harry Potter menjadi karakter utama atau yang paling menjadi sorotan dalam ceritanya, karya dari J.K. Rowling ini juga banyak mengeksplor banyak hal dalam dunia sihir. Contohnya adalah penggunaan sapu terbang atau tongkat sihir. Tapi, bukan hanya itu saja yang ada di cerita Harry Potter. Berikut adalah berbagai ilmu sihir yang ada di film Harry Potter.

Sihir Medis

Dalam praktiknya ilmu sihir tentang medis ini mencakup berbagai macam bentuk dari ilmu sihir misalnya adalah ramuan. Ilmu sihir medis ini biasanya mempelajari tentang bagaimana caranya untuk menyembuhkan berbagai luka-luka akibat sihir yang ada di fisik seseorang, dan bukan di bagian dalam tubuhnya.

Ilmu sihir ini bila dipakai oleh para muggle tentunya akan sangat berguna, misalnya bagaimana menyembuhkan patah tulang atau demam dengan cepat. Tapi, gak jarang juga ilmu sihir medis ini memiliki efek samping yang mengerikan. Intinya, mempelajari tentang ilmu sihir medis ini bisa sangat berguna bila suatu saat seorang penyihir terluka akibat sebuah pertarungan atau terluka akibat Death Eater.

Ramuan

Ramuan atau ilmu dalam meraick ramuan adalah sebuah kemampuan yang universal. Hampir semua penyihir menggunakan ramuan untuk mengaplikasikan sihir yang mereka buat. Misalnya ramuan polyjuice, yang bisa membuat orang berubah menjadi sosok tertentu. Ramuan atau potions ini juga sering digunakan oleh berbagai ilmu sihir medis.

Tapi, yang paling penting dari ilmu tentang ramuan ini adalah siapapun – gak peduli apakah dia penyihir jahat atau baik dan juga gak peduli bagaimana levelnya – ketika seseorang meminum sebuah ramuan aka sihir dalam ramuan itu akan berjalan dengan maksimal. Oleh karena itu, gak banyak orang yang bisa menguasai salah satu ilmu sihir ini.

Perubahan

Transfigurasi atau perubahan rasanya umum dalam dunia sihir. Tapi, meskipun begitu mempelajari ilmu sihir ini tidaklah mudah. Ilmu sihir ini sangatlah kompleks. Di level terendahnya, seorang penyihir mungkin bisa merubah makhluk hidup menjadi sesuatu. Tapi, untuk seseorang yang sudah menguasai level tertinggi ilmu sihir ini dia bisa mengubah apapun menjadi apa yang dia mau.

Satu hal yang gak bisa dilakukan adalah mengembalikan mereka yang sudah mati. Transfigurasi juga serupa dengan Animagus – kemampuan penyihir untuk berubah menjadi bentuk binatangnya, namun tetap mempertahankan pikiran manusianya. Dengan ancaman yang sangat besar, kementrian sihir sangat berhati-hati dan juga sangat memperhatikan ilmu sihir ini.

Jimat

Charms atau jimat merupakan salah satu cabang ilmu sihir yang juga umum digunakan. Biasanya untuk menggunakan ilmu sihir ini, penyihir harus membaca sebuah mantra. Dalam ilmu sihir ini, seorang penyihir bisa merubah benda apapun menjadi objek makhluk hidup. Contohnya adalah memiliki kemampuan untuk terbang, memiliki perasaan, dilindungi, dan sebagainya.

Sihir ini juga bisa dilakukan untuk berbagai aktivitas sehari-hari, misalnya ketika Molly Weasley menyihir piring-piring kotor untuk mencuci sendiri. Tapi, kemampuan ini jangan dianggap remeh karena memiliki potensi yang juga sama berbahayanya. Contohnya adalah Fidelus Charm atau Memory Charm.

Arithmancy

Mungkin sebagian besar Geeks belum begitu paham apa itu Arithmacy. Pada dasarnya, Arithmacy adalah sebuah ilmu sihir yang mempelajari tentang angka, mirip seperti kalkulus. Hanya saja hal ini dilakukan untuk sihir. Arithmancy adalah sebuah numerologi atau ilmu tentang angka dan pembagian, yang sering kali digunakan buat memprediksi masa depan.

Tapi, kekuatan sebenarnya dari Arithmancy adalah adanya hubungan dengan sebuah mantra sihir yang baru. Spellcrafting atau ilmu membuat mantra sihir baru bukanlah sesuatu yang banyak dibahas di serinya, tapi Arithmancy punya peran besar. Oleh karena itu, mereka yang menguasai ilmu sihir ini akan memiliki kemampuan kuat untuk menciptakan sebuah sihir baru.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.