Alchemy

Alchemy bukanlah sebuah subjek pelajaran yang diajarkan kepada seluruh murid-murid di Hogwarts, meskipun level mereka udah sangat tinggi. Alchemy erat kaitannya dengan trasnfigurasi atau perubahan dan juga ilmu ramuan. Ilmu sihir ini mempelajari tentang elemen dasar dan juga transmutasi dari sebuah benda. Sangat rumit dan sangat ilmiah.

Karena sangat luar biasa, penyihir yang menguasai ilmu sihir ini bisa dibilang merupakan salah satu penyihir terhebat. Mereka bisa mengendalikan apapun, termasuk kematian. Contohnya seorang penyihir bisa membuat ramuan Elixir of Life, juga merubah besi bisa menjadi sebongkah emas murni. Meskipun kurang begitu berguna dalam sebuah pertarungan, tapi kemampuan ini sangat berguna di sisi lainnya.

Legilimency/Occlumency

Kedua ilmu sihir ini memiliki kesamaan, yaitu telepati. Legilimency adalah kemampuan sihir untuk membaca [pikiran, menggali isi pikiran orang lain demi mengungkap apa sebenarnya motivasi dan juga maksud dari orang tersebut. Di sisi lain, Occlumency adalah sebuah kemampuan sihir untuk menutup pikiran, sebagai penangkal dari kemampuan Legilimency.

Ada beberapa cara untuk bisa melakukan kedua hal tersebut, dan ketika orang yang udah menguasai kemampuan ini mempraktekannya kepada orang lain, maka targetnya gak bakalan sadar kalau dia sudah “diinterogasi.” Buat sebagian orang, melakukan hal ini atau Legilimency bisa sangat menyakitkan. Tapi, tentunya kalau dipakai dalam pertarungan hal ini gak bakalan berguna karena gak bisa merubah pikiran dari korbannya.

Sihir Tanpa Tongkat

Hampir semua penyihir yang ada dalam cerita Harry Potter pastinya butuh sebuah tongkat sihir untuk membantu mereka melakukan berbagai ilmu sihir. Tapi, sebagian penyihir lainnya mampu mempraktekan ilmu sihir tertentu tanpa menggunakan tongkat sihir, dan kemampuan ini sangatlah langka. Kalau seseorang bisa melakukan sebuah ilmu sihir tanpa bantuan tongkat sihir, artinya dia adalah seorang penyihir yang sangat kuat. Dia gak perlu khawatir tongkatnya hilang atau rusak, dan mereka bisa mempraktekan berbagai macam ilmu sihir dengan cepat.

Time Turners (Time Travel)

Berbicara tentang perjalanan waktu tentunya udah bukan hal yang aneh, karena hal semacam ini juga banyak diperlihatkan di berbagai film. Tapi, dalam seri Harry Potter perjalanan waktu adalah sebuah kemampuan sihir yang sangat kuat. Bahkan, kementrian sihir pun sangat ketat untuk mengawasi ilmu sihir ini. Mengendalikan waktu adalah salah satu ilmu sihir paling kuat yang pernah ada.

Meskipun ada sebagian kecil orang yang menggunakan perjalanan waktu untuk sesuatu hal yang detail dan kecil, misalnya Hermione yang melakukannya untuk belajar, tapi sebagian besar tentunya sangat tergoda untuk mengubah sebuah kejadian besar yang terjadi di masa lalu. Mereka yang udah pernah melakukan perjalanan waktu adalah seseorang yang sangat berbahaya bagi penyihir, karena bertahan di masa lalu selama beberapa jam bisa memiliki efek yang menghancurkan.

Dark Magic

Dark Magic atau ilmu sihir hitam biasanya sangat dihindari oleh para penyihir yang gak punya niat jahat, atau memiliki rencana untuk menaklukan dunia. Meskipun begitu, ilmu sihir hitam ada dimana-mana dan karena itulah Professor Severus Snape sengaja mengajarkan hal ini kepada murid-murid Hogwarts agar mereka bisa mengenali dan melawannya.

Biasanya, ilmu sihir ini digunakan untuk menyiksa, menyakiti, atau bahkan membunuh. Avada Kedavra adalah salah satu mantra sihir yang sangat mematikan, dan contoh dari ilmu hitam. Orang-orang yang menguasai ilmu sihir ini biasanya gak perduli terhadap keselamatan orang lain. Mereka hanya memikirkan dan mementingkan dirinya sendiri.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.