The Bat-Subway Rocket

Dalam cerita komik ada sebuah masa dimana Bruce Wayne memutuskan buat merenovasi sebuah sistem jalur kereta bawah tanah tua yang sudah tidak terpakai, yang ada di bawah kota Gotham untuk keperluannya. Bukan kereta bawah tanah, melainkan sebuah Bat-Subway Rocket yang digunakan di jalur ini seperti yang diperlihatkan dalam cerita Knightfall pada 1990an.

Alasan dibalik dibangunnya Batmobile bawah tanah ini adalah agar Batman bisa berjalan atau berkendara lebih cepat kemanapun di wilayah Gotham. Meskipun ini adalah ide yang menarik dan bagus, tapi juga sekaligus ide yang cukup aneh. Melihat Batmobile berjalan di atas jalur kereta api dibandingkan di jalan raya tentu rasanya sangat aneh. Tapi, mengingat ini adalah jalur bawah tanah tentunya sangat masuk akal jika Batmobilenya disesuaikan.

Bat-Monster Truck

Mobil truk rasasa digabungkan dengan desain Batmobile. Rasanya gak terbayang, bukan? tapi ini benar terjadi dalam komik Batman: The Cult. Mungkin bisa dibilang desain ini menjadi salah satu desain Batmobile yang paling aneh sepanjang masa. Meskipun truk ini bisa mendukung berbagai kebutuhan Batman dalam membasmi kejahatan, tapi tetap saja rasanya sulit untuk diterima.

Dengan bagian body yang sangat tinggi banyak pertanyaan kemudian muncul, apakah Batman bisa melihat semuanya dari atas sana? Apakah Batman punya kaca di bawah lantai mobilnya? Apakah dia tidak pernah menabrak atau menggilas mobil lainnya? dan masih banyak lainnya. Dengan desain seperti ini, rasanya wajar kalau desain Batmobil ini hilang dalam sejarah.

Bat Hatchback

Pernah membayangkan bagaimana jadinya jika Batmobile punya bagian bagasi di bagian belakang? Inilah yang ditampilkan oleh Batmobile dalam komik The Legends of the Dark knight volume 134. Rasanya luar biasa model Batmobile seperti ini bisa muncul dalam cerita Batman, meskipun hanya sekilas. Batmobile ini hanya muncul sekali saja dalam komik Batman. Bagian belakang Batmobile ini memperlihatkan tentang awal karir Bruce Wayne sebagai Batman. Mobil ini rasanya kurang pantas jika ada di Batcave.

H.R. Griger Batmobile

H.R. Griger adalah seniman ikonik yang menciptakan desain dari Xenomorphs dalam franchise Alien. Artwork dari seorang Griger dikenal memiliki ciri khas campuran antara bentuk yang organik dengan berbagai material teknologi. Desain yang dia hasilkan selau menghasilkan kesan mengerikan, sekaligus mengagumkan. Contohnya adalah desain Batmobile yang dia buat. Kesan mengerikan. Sekaligus luar biasa muncul ketika melihat Batmobile ini. Dan rasanya gak ada yang terlalu bisa dibahas dari desain ini selain bentuknya yang sangat alien.

The 1992 Batmobile

Batmobile ini jelas terinspirasi dari desain Batmobile versi Tim Burton  yang hadir di layar lebar pada 1989. Tapi, bedanya desain Batmobile ini jauh dari kesan keren. Dari segi estetika, sepertinya desain Batmobile ini sangat-sangat jauh dari nilai sempurna. Dan bentuknya pun rasanya sangat aneh. Dengan desain tiga roda, Batmobile ini rasanya gak bakalan bisa berjalan mulus dan bermanuver dengan baik di Gotham. Stiker di mobil dan elemen lainnya, membuat mobil ini mirip seperti mainan.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.