Banyak para pahlawan dalam cerita komik yang memiliki peralatan dan kendaraan yang sering mereka pakai, tapi rasanya hanya Batman satu-satunya yang mengendari kendaraan seikonik Batmobile. Meskipun konsep dari Batmobile sendiri sudah unik, tapi seiring berjalannya waktu dan perkembangan karakter serta cerita, Batmobile juga mengalami banyak perubahan.

Batmobile jadi salah satu kendaraan yang sering digunakan oleh Batman, dalam situasi apapun. Batmobile bisa mengantarkan Batman dari satu tempat ke tempat yang lain, tentunya hal ini dikarenakan Batman gak punya kecepatan super atau pun kemampuan untuk terbang. Berikut adalah berbagai desain Batmobile yang kuat dan menarik.

Batmobile Versi Norm Breyfolge

Meskipun sebagian fans mengatakan bahwa Batmobile versi ini adalah salah satu desain Batmobile paling keren, tapi di satu sisi mobil ini juga terlihat aneh. Diciptakan oleh seniman Norm Breyfolge pada dekade 80an, Batmobile ini merupakan salah satu desain awal Batmobile yang legal untuk dipakai di jalanan. Mobil ini juga memiliki aksen dan gak sekedar di cat berwarna hitam.

Meskipun memang desainnya sangat kreatif, tapi beberapa elemen terlihat sangat aneh. Pertama, desain body yang menutupi ban seolah membuat mobil ini gak bisa bermanuver dengan lincah selain itu juga sepertinya menghalangi aerodinamis dari mobil ini. Desain logo Batman yang berwarna kuning menempel di mobil ini terlihat begitu mencolok. Sama halnya dengan desain bagian belakang mobilnya.

Top Down Batcar

Desain Batmobile ini berasal dari komik Legends of the Dark Knight volume 192. Sekilas mobil ini mungkin terlihat seperti Batmobil pada umumnya. Tapi, kalau diperhatikan lebih lanjut desain Batmobil ini terlihat sangat aneh. Pertama adalah empat pipa pembuangan di bagian belakang yang begitu jelas terlihat. Hal ini tentunya sangat menganggu buat pengendara lain di jalanan Gotham.

Kedua, bagian atas yang tidak tertutup. Mungkin memang enak merasakan angin saat kita berkendara, tapi bagi seorang vigilanter terkenal dan sangat kuat mengendari sebuah mobil tanpa atap rasanya kurang pas. Hal ini tentunya mengurangi keamanan dari Batman sendiri. Deadshot bisa aja menembak kepala dari Batman tanpa kesulitan berarti. Sepasang sayap di belakang dan topeng di depan semakin memperkuat kesan aneh mobil ini.

Grant Morrison Batmobile

Saat umumnya Batmobile berwarna abu metalik atau hitam pekat, Batmobile versi Grant Morrison ini sangat nyeleneh dengan warnanya yang sangat emncolok. Dengan seluruh kacanya berwarna merah menyala, bagian body yang berwarna krom, ditambah lagi Batmobile ini tidak berada di daratan alias terbang, tentunya membuat Batmobile ini banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat Gotham.

Desain Batmobile ini sendiri berasal dari komik Batman & Robin karya Grant Morrison. Seri komik ini memperlihatkan Batman versi Dick Grayson yang berkolaborasi dengan Robin versi Damian Wayne. Ini tentunya Batmobile yang gak biasa untuk duo Batman dan Robin yang juga gak biasa. Meskipun desainnya aneh, mobil ini berasal dari seri modern komik Batman.

The Swiss Army Batmobile

Frank Miller sukses menjadikan Batman sebagai salah satu karakter komik ikonik dan legendaris berkat visinya dalam cerita komik Batman. Tapi, meskipun dari segi cerita Frank Miller bisa dikatakan sangat luar biasa, untuk berbagai hal lainnya sepertinya Miller memiliki selera yang cukup unik. Contohnya adalah desain Batmobile dalam cerita All-Star Batman And Robin.

Secara proporsi, Batmobile versi Frank Miller ini sangatlah besar. Meskipun Batmobile ini bisa beradaptasi di segala medan, namun transformasi atau perubahan yang pada Batmobile inilah yang dianggap sebagian fans sangat aneh. Dengan berbagai ujung runcing di bagian belakang, membuat para fans kebingungan apakah ini cerita tentang Batman atau Transformers?

BACA JUGA: Artefak Terkuat Kembali Muncul di Marvel Universe!

Bat-Tank

Selain The Swiss Army Batmobile, desain Batmobile aneh dari Frank Miller juga muncul dalam cerita The Dark Knight Returns. Mungkin untuk satu ini agak sulit bila disebut sebagai mobil, karena besarnya ukuran dan adanya meriam di atas Batmobile. Mungkin yang satu ini gak cocok disebut Batmobile melainkan Bat-Tank, karena bentuknya yang mirip sebuah tank dibanding mobil.

Desain Batmobile ini benar-benar sangat keluar dari konteksnya, tapi, memang sangat sesuai dengan sosok Batman yang sudah tua yang diperlihatkan dalam cerita ini. Juga dengan Batman yang memimpin pasukan bawah tanah di akhir ceritanya, memang rasanya cocok bagi Batman untuk mengendarai tank dibandingkan dengan mobil.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

FOLLOW US