Menjadi Hokage adalah sebuah tugas yang sangat berat. Dia menjadi pemimpin buat desa Konoha, dan harus mengatur seluruh masyarakatnya dan juga seluruh pasukan ninja yang ada di desa itu. Gak jarang juga Hokage harus turun tangan langsung buat menghadapi ancaman yang datang ke desa Konoha. Udah gak keitung berapa banyak ancaman yang nyaris menghancurkan Konoha.

Menjadi sosok Hokage tentunya gak sembarang. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mengambil jabatan ini. Mereka harus menjadi shinobi yang paling kuat, cerdas, dan bisa diandalkan. Saat ini jabatan Hokage Konoha dipegang oleh Uzumaki Naruto. Tapi, tentunya Naruto gak bakalan mungkin selamanya menjadi Hokage. Jadi, ini adalah beberapa kandidat yang dirasa pas buat jadi pengganti Naruto.

Nara Shikamaru

Shikamaru adalah penasihat langsung bagi Uzumaki Naruto, dan dia sebelumnya pernah menjabat menjadi penasihat buat Hokage keenam, yaitu Kakashi. Dengan kecerdasan yang tinggi, gak banyak orang yang selalu memperhitungkan semuanya dan juga memiliki karakter setenang Shikamaru. Menurut KaKashi, Shikamaru bahkan bisa aja menjadi Hokage tapi dia gak punya kekuatan seperti Naruto atau Sasuke.

Udah banyak banget bukti kecerdasan dari Shikamaru, mulai dari seri Naruto sampai seri Boruto. Shikamaru selalu diandalkan dalam membuat sebuah keputusan. Oleh karena itulah, Shikamaru punya peluang menjadi Hokage buat menggantikan Naruto.

Konohamaru Sarutobi

Konohamaru adalah murid dari Uzumaki Naruto, dan juga cucu dari Hokage ketiga, Hiruzen Sarutobi. Dia juga memiliki mimpi buat menjadi Hokage, dan dia juga sangat mengidolakan Naruto. Selama perkembangan cerita Naruto dan Boruto, Konohamaru udah berubah dari seorang genin cilik menjadi salah satu Jonin terkuat Konoha.

Kemampuan Jutsu Konohamaru yang sangat kaya juga kemampuan Konohamaru dalam memutuskan sesuatu, menjadi modal yang cukup untuk menjadi seorang Hokage hebat. Meskipun dia bukan kandidat utama, tapi dia punya peluang yang sama buat menjadi Hokage selanjutnya di Konoha.

Sasuke Uchiha

Sasuke dikenal sebagai “Hokage yang lain” karena dia selalu menjadi tangan kanan dari Uzumaki Naruto. Kalau untuk masalah kekuatan dan kemampuan, rasanya kita udah gak perlu lagi meragukan hal tersebut. Kecerdasan, ketenangan, dan kemampuannya membuat Sasuke menjadi salah satu kandidat kuat dari Hokage Konoha selanjutnya.

Sasuke, sama seperti Naruto, udah mengalami banyak hal dalam hidupnya. Termasuk peperangan yang melibatkan Konoha. Menjaga perdamaian dari lima negara adalah sebuah tugas yang sulit, tapi dengan pengalaman yang dia miliki dia bisa melakukan hal itu meskipun mungkin di satu sisi dia gak setuju dengan adanya perdamaian ini.

Haruno Sakura

Sakura dulunya merupakan anggota dari Team 7, bersama dengan Naruto, Sasuke, dan Kakashi.  Selain itu, dia juga merupakan seorang ninja medis yang luar biasa. Semuanya berkat didikan dari Hokage kelima yaitu Tsunade Senju. Sakura tentunya bukan seorang Kunoichi yang bisa dipandang sebelah mata. Meskipun mungkin dia tidak banyak melakukan misi belakangan, tapi dia tetap salah satu shinobi yang kuat.

Salah satu bukti kekuatannya adalah dia mampu melampaui Tsunade sebagai seorang ninja, dan jika Tsunade bisa memimpin desa Konoha sebagai seorang Jonin, maka Sakura juga bisa. Di bawah kepemimpinan Sakura, Konoha bisa hidup dengan baik.

BACA JUGA: 10 Fakta Mengenai Joy Boy di One Piece

Boruto Uzumaki

Boruto adalah anak dari Hokage ketujuh desa Konoha yaitu Naruto, dan juga protagonis utama dalam cerita Boruto: Naruto Next Generation. Dia sering digambarkan sebagai seorang anak muda yang punya talenta hebat sebagai seorang ninja. Bahkan, sebelum dia lulus akademi ninja, Boruto udah bisa mempraktekan berbagai kemampuan yang dimiliki oleh para Chuunin.

Dengan kemampuan Jougan dan Karma yang dia miliki, dia ada di jalan yang benar untuk menjadi seorang ninja yang paling diandalkan dan ninja paling kuat. Meskipun dia gak pernah bercita-cita buat menjadi seorang Hokage, ada banyak banget kesempatan dan peluang bagi Boruto buat mengisi posisi itu. Mungkin, dengan perkembangan yang dialaminya, dia bakalan menjadi Hokage selanjutnya. Tidak ada salahnya juga menjadi Hokage di usia muda.

Sarada Uchiha

Sarada adalah putri dari Sakura dan Sasuke, juga sama seperti Boruto, dia adalah seorang shinobi yang penuh dengan potensi. Dengan memiliki kekuatan gabungan dari ayah dan ibunya, Sarada tentunya memiliki kesempatan yang besar buat menjadi pemimpin desa Konoha tersebut. Lagipula, Sarada adalah orang yang selalu bermimpi untuk menjadi seorang Hokage di desanya. Bahkan, Boruto sendiri udah siap buat menjadi orang kepercayaan Sarada kalau dia menjadi Hokage.