Shinjutsu merupakan sebuah teknik ninja baru yang diperkenalkan dalam series Boruto dan ada beberapa karakter pengguna teknik ini yang dianggap paling kuat. Series Naruto sebelumnya memperkenalkan tiga jenis utama dari Jutsu, yaitu Taijutsu, Genjutsu, dan juga Ninjutsu. Namun, series Boruto kemudian memperkenalkan sebuah jenis Jutsu baru lainnya yang jauh lebih dahsyat yaitu Shinjutsu. Sejauh ini, terdapat beberapa karakter pengguna Shinjutsu paling kuat di series Boruto. Siapa saja?

8Code

Pengguna Shinjutsu paling kuat yang pertama adalah Code. Sosok Code merupakan bagian dari kelompok Kara di mana dia merupakan bagian dari Inner Kara. Code sangat memuja klan Otsutsuki dan menganggap mereka sebagai tuhan. Dia pun rela tubuhnya menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Namun, nyatanya tubuh Code tidak cocok untuk menjadi wadah Isshiki.

Meskipun begitu, dia tetap memiliki kekuatan dan tekad Isshiki dalam Karma putih. Karena mewarisi kekuatan Isshiki, Code mampu menggunakan Shinjutsu. Dia memiliki sebuah kekuatan unik bernama Claw Marks. Code akan mengeluarkan semacam sabuk di mana sabuk tersebut menjadi jalur Code untuk melakukan teleportasi. Teknik ini sering dikaitkan dengan teknik Flying Thunder God milik Minato.

Dan kekuatan epik dari Claw Marks sendiri diperlihatkan di chapter sebelumnya di mana dia bisa membuat pasukan dari monster Jyuubi. Yang juga luar biasa adalah dalam cerita Boruto: Two Blue Vortex diperlihatkan bagaimana kekuatan dari pasukan Claw Grimes yang dia ciptakan justru berubah menjadi sebuah kloning Pohon Suci yang mengerikan. Ini artinya level Shinjutsu milik Code tidak main-main setelah limiternya dilepas, meskipun dia tidak lebih kuat dari Eida dan Daemon.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.