Seperti yang kita tahu, Joy Boy adalah salah satu karakter yang paling penting dalam sejarah One Piece. Tapi, sayangnya Joy Boy sejauh ini masih belum muncul secara fisik baru sekedar referensi aja. Menurut apa yang kita ketahui tentang Joy Boy, dia adalah sosok yang penting dalam era abad yang hilang, 800 tahun sebelum cerita di masa sekarang.

Meskipun sebagian besar informasi tentang Joy Boy masih belum diketahui, ada beberapa hal yang udah diungkapin oleh Eiichiro Oda. Berikut adalah beberapa diantaranya.

Pertama Kali Muncul

Joy Boy, meskipun menjadi salah satu karakter penting dalam cerita, belum muncul dan diperkenalkan sampai time-skip dua tahun terjadi. Nama Joy Boy pertama kali disebutin di pulau manusia ikan, dimana saar itu Robin berhasil membaca pesannya di hutan laut. Kalau secara spesifiknya, Joy Boy diperkenalkan di chapter 628 dalam versi manga dan episode 548 di animenya, yang mana lebih awal dari manganya.

Koneksi Dengan Manusia Ikan

Joy Boy diketahui punya hubungan dengan para penduduk di pulau manusia ikan pada zaman dulu, sebelum abad yang hilang muncul. Berdasarkan kisahnya, Joy Boy sempat berjanji buat membawa para manusia ikan ke daratan, tinggal bersama dengan para manusia. Tapi, entah karena apa, Joy Boy gagal buat memenuhi janjinya. Dia pun gagal buat memenuhi janjinya, dan meminta maaf kepada para manusia ikan. Permintaan maaf tersebut dia tulis di Poneglyph, yang sekarang ada di hutan laut.

Harta Karunnya

Karena masih belum ada informasi tentang Joy Boy, banyak yang bilang dan beranggapan kalau dia dulunya adalah seorang raja bajak laut sebelum Roger. Dia punya banyak banget harta karun, salah satunya adalah One Piece yang sekarang ada di pulau Laugh Tale. Roger sendiri pernah bilang kalau One Piece adalah sesuatu yang biasa, yang bahkan dia sendiri gak tahu harus diapakan.

Banyak fans yang juga beranggapan kalau One Piece adalah bagian terakhir dari Road Poneglyph. Disana juga ada banyak banget Poneglyph, yang bercerita tentang rahasia dunia. Seperti yang pernah hampir diungkapin oleh Rayleigh. Tapi, siapa sebenarnya orang yang menyimpan atau sengaja menaruh harta tersebut disana masih belum diketahui.

Pulau Terakhir

Seperti yang disebutkan di atas, banyak yang beranggapan kalau Joy Boy dulunya adalah sosok yang pernah pergi ke Laugh Tale. Selama ini, Roger diyakini merupakan satu-satunya orang, bajak laut, yang berhasil menginjakan kakinya di pulau terakhir yaitu Laiugh Tale. Tapi di chapter 967, hal ini terbukti salah. Roger secara khusus menyebutkan tentang Joy Boy yang pernah ada di pulau itu di sebuah era tertentu. Artinya, Roger dan Joy Boy hanyalah beberapa sosok lainnya yang pernah menginjakan kaki di pulau terakhir.

BACA JUGA: Mengenal Sulong Form, Kekuatan Sebenarnya dari Suku Mink!

Kembalinya Joy Boy

Meskipun Joy Boy hiduo di era 800-900 tahun yang lalu sebelum era sekarang dalam cerita One Piece, apa yang diperlihatkan di dalam cerita bikin banyak fans yakin kalau sosok Joy Boy akan kembali muncul. Bahkan, Kozuki Oden pernah bilang (dan Roger juga) kalau sosok Joy Boy ini bakalan muncul pada 20 tahun kedepan. Meskipun kita belum tahu, siapa sosok Joy Boy ini dan bagaimana bentuknya tapi para fans udah banyak menduga kalau sosok itu adalah Monkey D. Luffy.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.