Dalam cerita One-Punch Man, ada banyak banget kekuatan yang bisa dimiliki oleh para pahlawan dan juga para villainnya. Tapi, kebanyakan memang bergantung pada kekuatan otot dan kecepatan. Contohnya adalah Flashy Flash, Speed O’Sonic, Garou, Bang, Bomb, dan masih banyak lainnya. Mereka mengandalkan jurus, kemampuan bela diri, dan gaya bertarung.

Tapi, dari sekian banyak karakter yang punya kekuatan dan kecepatan, ada juga mereka-mereka yang dianggap punya kekuatan “khusus”. Dalam hal ini mereka adalah para Esper, orang-orang yang punya kemampuan telekinesis. Gak banyak orang yang punya kemampuan ini, dua karakter yang populer adalah Psykos dan tentu aja Tatsumaki.

Kekuatan Tatsumaki emang sangat luar biasa. Dia bisa menghancurkan musuh atau monster tanpa menyentuh, dan dia ngelakuin itu dari jarak jauh. Dengan kekuatan yang dahsyat, wajar kalau Tatsumaki ada di posisi kedua pahlawan paling kuat dari kelas S, dibawah Blast. Psykos juga sama. Dia adalah rival terberat dari Tatsumaki, dimana level kekuatannya hampir sama.

Tapi, siapa yang lebih kuat diantara keduanya? Psykos memang memiliki kekuatan Esper yang sangat kuat. Dia mampu mengendalikan seluruh asoisasi monster, bahkan dialah yang “menciptakan” Orochi, raja dari para monster. Selama ini dia bersembunyi dibalik sosok Gyoro Gyoro, tapi meskipun Psykos memiliki kekuatan Esper yang sangat dahsyat dia gak lebih baik dari Tatsumaki.

Kekuatan Tatsumaki emang gak main-main. Dalam versi webcomic, dia bahkan pernah ngelakuin sesuatu yang gak pernah dilakuin oleh Psykos, misalnya mengangkat seluruh markas asosiasi monster dari bawah tanah. Bahkan, level kekuatannya itu hampir sama dengan jurus serious Table Flip yang dilakuin oleh Saitama waktu dia ngelawan Awakened Garou yang hasilnya markas asosiasi monster kembali terangkat.

Dan dari segi daya tahan pun, Tatsumaki jauh lebih unggul dibandingin Psykos. Bahkan, 300x serangan  gravitasi yang dilakui Psykos gak begitu terasa but Tatsumaki. Tapi, bukan berarti Tatsumaki gak bisa dilukai atau gak bisa terluka sama sekali. Dalam chapter terbaru manga One-Punch Man, kita diperlihatkan gimana Tatsumaki yang gak berkutik ngelawan serangan gravitasi yang menggabungkan kekuatan Orochi dan Psykos.

Gelembung penahan Tatsumaki gak bisa bertahan ngelawan serangan itu, yang hasilnya Tatsumaki harus mengeluarkan darah dan terluka. Tapi, dia masih bisa bertahan dari serangan itu dan dia juga bilang akan serius ketika ada laporan dari King kalau anak yang hilang sudah ditemukan. Kalau ngomong soal kekuatan Tatsumaki, Yusuke Murata juga setuju kalau Tatsumaki adalah Esper paling kuat.

Menurut Murata, Tatsumaki bisa mengangkat seluruh kota Z tanpa perlu usaha ekstra. Satu-satunya kelemahan Tatsumaki – dan seluruh pengguna psikokinesis atau para Esper – adalah kerusakan otak. Jika kepala atau bagian otaknya terganggu atau terluka, dia gak akan bisa ngendaliin kekuatannya. Kekuatan telekinesis dan psikokinesis Tatsumaki juga bisa digunain buat melacak keberadaan adiknya, yaitu Fubuki. Kalau dia dalam bahaya, dia merasakan hal itu dan segera menolongnya.

Intinya, dalam pertarungan Psykos dan Tatsumaki udah bisa dipastiin kalau Tatsumaki punya peluang menang yang lebih besar dibanding Psykos. Kira-kira siapa menurut kalian Geeks, siapa karakter yang bisa ngalahin Tatsumaki selain Saitama?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.