Setelah sukses menjadi film yang meraih banyak nominasi Oscar, film Black Panther kabarnya bakalan dapet film sekuel dari Marvel Studios. Kabar tentang Black Panther 2 sebenarnya udah lama banget dirumorin. Mulai dari Kevin Feige yang masih tertarik untuk merekrut Ryan Coogler buat jadi sutradaranya, juga Chadwick Boseman yang juga bilang masih siap untuk berperan jadi T’Challa.

Semua rumor itu akhirnya terbukti, waktu Kevin Feige bilang mereka lagi nyiapin proyek film Black Panther 2 yang bakalan diproduksi antara 2020 atau 2021. Meskipun masih cukup lama, banyak fans yang udah berspekulasi tentang siapa yang bakalan jadi villain di film selanjutnya, mengingat Killmonger udah mati di film pertamanya. Dan M’Baku bisa jadi solusi yang tepat.

Rumor Namor dan Doctor Doom

Para fans Marvel sebelumnya banyak berspekulasi, kalau karakter ikonik seperti Namor dan Doctor Doom bakalan muncul di film selanjutnya. Buat Namor sendiri, mereka beralasan kalau “gempa bawah laut” yang sempat ditampilin dalam kalimat Okoye di film Avengers: Endgame ada kaitanya dengan Namor. Dua penulis Endgame, Christopher Markus dan Stephen McFeely, sendiri pernah dengan bercanda kalau itu mungkin adalah Namor meskipun mereka juga ngejelasin kalau dialog itu gak disengaja.

Untuk Doctor Doom, karakter itu udah lama banget jadi salah satu karakter yang ingin dimunculin di MCU oleh para fans. Tapi, karena Doom bagian dari Fantastic Four dan hak cipta Fantastic Four dipegang 20th Century Fox pihak Marvel gak bisa berbuat banyak. Situasi itu sekarang udah berubah, dengan Fox yang diakusisi oleh Marvel. Hal itu bikin para fans akhirnya kembali memunculkan spekulasi kalau Doctor Doom bisa jadi musuh utama di Black Panther 2, apalagi mereka merujuk seri komik Doomwar yang bersetting di Wakanda.

M’Baku Sebagai Villain Utama

Meskipun Doctor Doom dan Namor pastinya bakalan bikin film itu meledak, tapi sebenarnya ada karakter yang dirasa bisa lebih pas buat dijadiin villain di film Black Panther 2 yaitu M’Baku, karakter yang diperanin oleh Winston Duke. Seperti yang kita tahu, M’Baku pada awalnya adalah musuh atau rival dari T’Challa ketika mereka berdua memperebutkan kekuasaan Wakanda.

Tapi, dalam duel di air terju M’Baku harus mengaku kalah dari T’Challa. Akhirnya dia pun jadi sekutu bagi T’Challa, dan membantunya mengalahkan Killmonger. Dia juga bahkan ikut serta dalam peperangan besar di film Infinity War. Kalau diperhatikan, M’Baku rasanya terpaksa setuju dengan semua hal itu meskipun dia tidak senang dengan apa yang dilakuin oleh T’Challa terhadap Wakanda.

Dengan membuat M’Baku jadi villain utama di film kedua, perselisihan antara suku atau faksi di Wakanda, yang mana suku asal dari M’Baku tidak setuju dengan T’Challa, bisa tetap dimunculkan. Suku Jabari percaya kalau Wakanda sekarang udah terlalu bergantung kepada teknologi, dan karena alasan itu mereka memisahkan diri dari suku-suku yang lain dan selalu menentang rencana T’Challa.

Apalagi, Wakanda kini jadi terbuka untuk semua bangsa, sesuatu yang menurut aturan budaya mereka seharusnya tidak boleh terjadi. Hal itu bisa memunculkan skenario dimana keduanya kembali berduel, untuk menentukan apakah T’Challa masih pantas untuk menjadi seorang raja Wakanda. dengan skenario ini, Black Panther 2 masih tetap bisa menghadirkan konflik politik internal tapi dengan skema dan skala yang jauh lebih besar.

M’Baku Adalah Karakter Yang Potensial

Dengan M’Baku jadi villain di film Black Panther 2, Marvel Studios juga memberikan kesempatan buat karakter ini untuk berkembang dengan sangat baik. M’Baku adalah satu karakter baru yang diperkenalkan di film Black Panther, tapi sayangnya dia tidak memiliki kesempatan yang baik untuk mengembangkan karakternya. Dan menjadikannya villain di film kedua, bisa menjadi jalan yang tepat.

Dalam cerita komiknya sendiri, M’Baku adalah salah satu musuh dan rival bebuyutan dari Black Panther. Tapi, MCU tidak menempatkan M’Baku sesuai dengan apa yang diperlihatkan di komiknya yang mana dia hanya muncul sebagai karakter tambahan aja. Dengan menjadikannya villain utama di film kedua, hal itu bisa memperlihatkan rivalitas yang sebenarnya dari mereka berdua. Bukan hanya adegan duel yang terjadi selama beberapa menit aja.

Rivalitas ini juga bisa ngebantu Marvel buat bikin karakter M’Baku jadi salah satu villain yang muncul di film MCU yang akan datang selain Black Panther 2. Meskipun mungkin, pada akhirnya M’Baku gak akan jadi pemimpin Wakanda tapi setidaknya persaingan mereka semakin memperkuat warna dan juga cerita dari Black Panther. Para penonton juga akan dibuat mengerti, kenapa pada akhirnya dia tetap mendukung T’Challa.

Bisa Tetap Menghadirkan Namor dan Doctor Doom

Namor dan Doctor Doom bisa saja tetap muncul di film Black Panther 2, tapi peran mereka gak akan terlalu penting seperti jadi villain utama di filmnya. Bisa aja mereka muncul di akhir film atau di post-credit scene, yang akan jadi jembatan buat film selanjutnya. Tanpa mengetahui apa rencana jangka panjang Marvel Studios, rasanya susah buat menebak kapan dan dimana Namor dan Doom bakalan melaksanakan debutnya.

Ada beberapa pilihan yang bisa diambil. Untuk Namor, Marvel bisa memperkenalkannya di film Eternals karena settingnya sekitar jutaan tahun yang lalu dan filmnya bisa mengeksplor tentang kerajaan Atlantis. Namor juga bisa aja muncul di film Fantastic Four, karena sejarah perselesihan mereka di buku komik.

Sedangkan Doctor Doom, bisa muncul pertama kali di film Doctor Strange 2 atau bisa aja muncul di film solonya. Terlepas dari itu semua, pada intinya Namor dan Doctor Doom masih bisa tetap muncul di film-film MCU lainnya selain di film Black Panther 2.