Salah satu hal yang mungkin muncul di benak para fans pasca apa yang terjadi di Egghead adalah mengapa Luffy tidak mengenal sosok Nika. Dalam cerita One Piece, Nika merupakan sosok legendaris yang sangat dinantikan kemunculannya oleh banyak orang. Bahkan, banyak orang yang sangat memuja sosok Nika. Luffy sendiri diyakini merupakan reinkarnasi dari sosok Nika. Namun, mengapa kemudian tidak kenal Nika?

4Nika Dalam Cerita One Piece

Pertama kali disebutkan di chapter 1018, Nika merupakan sosok legendaris yang dianggap sebagai sosok dewa. Dia hidup berabad-abad lalu di dunia One Piece, yang mana menurut penuturan dari Who’s Who, Nika sempat dipuja sebagai dewa pada masa lalu. Sosok Nika terkenal memiliki peran penting terutama bagi para budak atau tawanan. Dia selalu membawa kebahagiaan dan tawa bagi mereka.

Namun, legenda tentang sosok Nika sepertinya lebih dari sekedar tawa dan kebahagiaan bagi orang-orang. Banyak orang-orang di masa lalu, khususnya budak dan tawanan, yang yakin bahwa Nika akan membebaskan mereka. Nika juga akan membebaskan semua budak dan tawanan, serta melindung mereka semua. Inilah yang kemudian membuat banyak orang menganggap Nika adalah sosok dewa.

Kepercayaan tersebut ternyata masih berlaku sampai sekarang. Sebelumnya, Who’s Who sendiri sempat berdoa atau meyakini jika Nika akan muncul dan membebaskannya setelah dia harus mendapat hukuman penjara karena menghilangkan buah iblis Nika. Kemudian, dalam kilas balik Kuma kita melihat bagaimana bangsa Buccaneer selalu percaya terhadap sosok Nika. Mereka bahkan mewariskan kepercayaan tersebut kepada keturunan mereka.

Who’s Who sendiri mendengar cerita tentang sosok Nika dari penjaga yang ada di penjara. Dan yang menarik adalah pasca penjaga tersebut menceritakan tentang sosok Nika, dia kemudian menghilang. Hal tersebut seolah menggambarkan bahwa semua cerita tentang Nika menjadi subyek percakapan yang tidak boleh dibicarakan sama sekali. Meskipun sudah berharap Nika akan membebaskannya, namun faktanya Who’s Who tidak pernah merasakan hal tersebut.

Yang terjadi justru dia kabur dari penjara dengan caranya sendiri, tanpa pernah berhasil bertemu Nika. Selama 800 tahun, banyak orang menantikan kemunculan kembali sosok Nika. Bahkan, Kuma dan Bonney berusaha untuk mencari keberadaan Nika. Bonney berharap jika Nika bisa membantu menemukan ayahnya dan membebaskannya dari penderitaan yang dia alami.

Luffy Tidak Kenal Nika – Ke Halaman 2

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.