Grant Thef Auto atau disingkat GTA, merupakan salah satu franchise video game paling sukses sepanjang masa. Franchise ini memang berfokus kepada game berkonsep open-world yang bahkan secara konsisten telah mereka gunakan sejak game pertamanya. Kesuksesan dari franchise ini juga tak terlepas dari tangan dingin dari para pendiri Rockstar Games selaku developer game GTA, dan para pendiri Rockstar Games tersebut adalah Dan Houser dan Sam Houser.

Selain sebagai pendiri, mereka berdua juga aktif merangkap sebagai produser eksekutif dan penulis di sebagian besar video game buatan Rockstar, dan hampir seluruh game hasil garapan Rockstar berhasil mendulang kesuksesan yang luar biasa. Namun ditengah kesuksesannya yang tetap konsisten, pada bulan Februari lalu, Rockstar mengumumkan bahwa Dan Houser akan mengundurkan diri sebagai Vice President dan meninggalkan perusahaan tersebut. Tentu saja sejak berita itu muncul, banyak pertanyaan di benak para penggemar tentang nasib dari GTA.

Jelas sebuah game sebesar GTA memiliki banyak orang yang bekerja dibaliknya yang telah berkontribusi hingga gamenya selesai dikerjakan. Ada yang menyebutkan bahwa cerita dan tone yang dihadirkan dalam setiap game GTA tak sepenuhnya dibuat oleh Dan Houser, tetapi Dan Houser memang telah menjadi bagian yang besar dari franchise ini sejak awal. Dan Houser pun selalu dikreditkan sebagai salah satu penulis utama di setiap game GTA, sedangnya Sam Houser yang merupakan saudaranya, lebih aktif sebagai produser eksekutif di setiap game GTA, dan bukan sebagai penulis.

Rockstar sempat mengungkapkan bahwa mereka memiliki beberapa game besar yang tengah mereka kembangkan, dan mengingat game GTA 5 menjadi sebuah game tersukses sepanjang masa, maka hampir dipastikan bahwa salah satu game penerusnya yaitu GTA 6 saat ini tengah dikembangkan. Rockstar sendiri sebenarnya memiliki dua penulis lain yang pernah bekerja sama dengan Dan Houser untuk menulis game GTA 4 dan GTA 5. Dua penulis ini adalah Rupert Humphries dan Michael Unsworth.

Mengingat kedua penulis ini sekarang masih bekerja sama dengan Rockstar, mereka kemungkinan akan kembali untuk menggarap GTA 6. Tetapi mungkin kita akan melihat perubahan dalam cerita dan gaya permainan setelah kepergian Dan Houser. Atau mungkin saja Rockstar akan menghadirkan penulis baru untuk membantu menyelesaikan game GTA 6.

Kemungkinan lainnya bahwa naskah dari game GTA 6 sebenarnya sudah selesai dikerjakan jauh sebelum Dan Houser keluar dari Rockstar. Melihat jauh ke belakang, game terakhir GTA dirilis pada tahun 2013, sehingga ada cukup waktu bagi Dan Houser untuk menyelesaikan cerita dari GTA 6 sebelum akhirnya ia memutuskan keluar tahun ini. Yang jelas GTA 6 pasti akan tetap akan dibuat, dan bisa saja game ini akan lebih ambisius daripada sebelumnya. Namun kepergian Houser dapat memengaruhi proses pengerjaan dari game ini

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/