Secret Avengers

Tim Avengers melakukan sebuah misi rahasia? Terdengar cukup menarik tentunya. Dan hal tersebut terjadi dalam cerita Secret Avengers, dimana dalam cerita ini Avengers berisikan karakter-karakter yang tidak kalah menarik dari roster Avengers yang biasa kita kenal. Salah satu contohnya adalah Moon Knight yang sangat jarang tampil dalam komik modern. Selain dari segi roster tim Avengersnya, banyak juga elemen-elemen yang menarik dalam cerita ini.

New Avengers

Hanya sedikit cerita yang bisa menandingi popularitas dari cerita Avengers yang orisinal, dan salah satu yang bisa menandinginya adalah New Avengers yang ditulis oleh Michael Bendis.  Setelah apa yang terjadi dalam cerita Avengers: Disassambled, tim tersebut kemudian sekali lagi berkumpul untuk menghadapi sebuah ancaman yang sangat berbahaya.

Iron Man, Captain America, Spider-Man, Spider-Woman, Sentry, dan Ronin menjadi lineup terbaru dari tim Avengers kary Michael Bendis ini. Sayangnya, kemungkinan lineup ini untuk diperlihatkan di MCU sepertinya sangat kecil, tapi bukan berarti hal itu mustahil. Menarik tentunya jika Marvel memperkenalkan salah satu karakter paling kuat, Sentry.

2nd New Avengers

Setelah komik pertamanya selesai, Brian Michael Bendis kemudian mencoba untuk sekali lagi merilis seri New Avengers, namun kali ini dengan roster tim Avengers yang berbeda.  Luke Cage menjadi pemimpin dari Avengers versi terbaru ini bersama dengan Spider-Man, Wolverine, Ms. Marvel, dan The Thing. Ceritanya sendiri memang lebih banyak berfokus kepada Luke Cage, dan pengembangan karakternya, namun hal itu tidak menghalangi karakter-karakter lainnya untuk bersinar. Hal ini membuktikan jika Marvel memberikan kesempatan kepada karakter yang kurang populer untuk tampil.

West Coast Avengers

Ketika Vision memberikan sarang untuk mengembangkan pengaruh Avengers ke sisi lain dunia ini, Hawkeye kemudian “mengabulkan” keinginan tersebut dengan membuat tim West Coast Avengers. Selain Wonder Man, tim ini juga menghjadirkan Mockingbird, Tigra, dan Iron Man. West Coast Avengers dianggap sebagai roster Avengers yang paling populer selain versi yangasli.

Selama hampir satu dekadem tim ini terus memberikan pengaruh besar terhadap komik-komik Marvel. meskipun tim ini sempat hancur dan dilupakan, satu hal yang pasti bahwa West Coast Avengers masih menjadi salah satu tim Avengers yang paling menarik.

Force Works

Di tahun 2020 ini, Force Works akan kembali di-reboot oleh Marvel Comics dengan nuansa modern. Force Works sendiri merupakan salah satu usaha dari Tony Stark membangun sebuah tim, yang bisa langsung bergerak ketika bahaya muncul tanpa perlu ada rapat atau hal-hal resmi lainnya. Seperti yang kita ketahui jika Tony orangnya keras kepala dan sangat menggebu-gebu.

Meskipun secara resmi Force Works bukanlah Avengers, namun mereka merupakan cabang dari Avengers. Selain Iron Man, tim ini juga berisikan Scarlet Witch, U.S. Agent, dan Spider-Woman. Namun, sayangnya tim ini sempat dibubarkan karena ternyata diketahui jika Tony yang membentuk tim ini bukanlah sosok Tony Stark yang asli.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.